Skip to main content

Kenapa Lucid Dream "BERBAHAYA"?

Istilah-istilah dalam Ilmu Akuntansi

Akuntansi tidak hanya sekedar menghitung uang, akuntansi adalah seni yang sangat unik di dalamnya terdapat banyak manfaat yang akan kita dapatkan baik untuk kehidupan sehari-hari maupun untuk menjalankan sebuah bisnis. Didalam akuntansi banyak terdapat istilah yang dipakai dan akan terpakai di kehidupan.
Berikut ini adalah istilah-istilah yang ada dalam dunia akuntansi:
  1. Akuntansi : Adalah suatu disiplin yang menyediakan informasi penting sehingga memungkinkan adanya pelaksanaan dan penilaian jalannya proses mengidentifikasi, megukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.
  2. Akuntan : Adalah gelar bagi mereka yang telah lulus ujian-ujian akuntansi seperti yang ditetapkan dalam undang-undang No. 34 tahun 1954. Tenaga-tenaga akuntansi secara umum dapat diidentifikasikan sebahgai mereka yang mempunyai pengetahuan di bidang akuntansi.
  3. Akuntansi keuangan : Adalah bidang akuntansi yang berhubungan dengan penyusunan laporan keuangan secara berkala untuk suatu unit ekonomi secara keseluruhan kepada pihak-pihak di luar perusahaan.
  4. Akuntansi Biaya : Adalah bidang akuntansi yang berhubungan dengan pengumpulan, analisa dan pengontrolan atas biaya.
  5. Akuntansi manajemen : Adalah bidang akuntansi yang berhubungan dengan pemecahan masalah-masalah khusus yang dihadapi oleh manajemen perusahaan.
  6. Akuntansi pemeriksaan (auditing) : Adalah bidang akuntansi yang berhubungan dengan pemeriksaan secara bebas atas akuntansi keuangan.
  7. Akuntansi Pemerintahan : Adalah bidang akuntansi yang berhubungan dengan pencatatan dan pelaporan transaksi yang terjadi dalam badan-badan pemerintah.
  8. Akuntansi perpajakan : Adalah bidang akuntansi yang berhubungan dengan penyusunan surat pemberitahuan tahunan (SPT) dan segala sesuatu mengenai perpajakan.
  9. Akuntan Publik : kadang-kadang istilah untuk ini adalah akuntan ekstern (external accountant) atau auditor: akuntan yang akan yang memberikan jasa-jasanya untuk suatu pembayaran tertentu. Ia merupakan akuntan profesional yang diberi izin oleh negara untuk berpraktek sebagai akuntan swasta.
  10. Akuntan intern : Adalah akuntan yang bekerja untuk suatu perusahaan atau organisasi tertentu.
  11. Jasa konsultasi manajemen : Adalah jasa yang diberikan oleh akuntan publik dalam bidang pemberian nasehat tentang kebijakan dan administrasi kepada manjemen perusahaan.
  12. Laporan akuntansi : Adalah semua laporan yang dihasilkan oleh isitem akuntansi diantaranya adalah laporan keuangan.
  13. Pembuakan (book-keeping) : pencatatan data perusahaan dengan cara tertentu
  14. Pemeriksa intern (auditor internal) : Adalah akuntan yang bekerja di dalam perusahaan atau organisasi yang bertugas melakukan pemeriksaan untuk menentukan dipatuhinya kebijakan-kebijakan perusahaan yang telah ditetapkan.
  15. Peranggaran (budgeting) : Adalah bidang akuntansi yang berhubungan dengan penyusunan rencana keuangan mengenai kegiatan perusahaan untuk jangka waktu tertentu di masa datang serta analisa dan pengontrolannya.
  16. Sistem Informasi : Adalah bidang akuntansi yang berhubungan dengan perancangan dan pelaksaan prosedur pengumpulan dan pelaporan data keuangan maupun non keuangan.
  17. Ujian Negara Akuntansi (UNA) : Adalah ujian yang diselenggarakan oleh Konsorsium Ilmu Ekonomi untuk memperoleh gelar akuntan bagi para lulusan/mahasiswa jurusan akuntansi fakultas ekonomi/akademi swasta atau negeri tertentu
  18. Laporan Keuangan (financial statement) : Adalah laporan yang dirancang untuk para pembuat keputusan, terutama pihak di luar perusahaan, mengenai posisi keuangan dan hasil usaha perusahaan. Laporan keuangan terdiri dari neraca, perhitungan laba rugi dan laporan perubahan posisi keuangan.
  19. Manajemen (manegement) : Adalah sekelompok orang yang diberi tanggung jawab untuk mnegelola kegiatan perusahaan.
  20. Modal (Capital) : Adalah sumber pembelanjaan perusahaan yang berasal dari pemilik.
  21. Neraca : Adalah laporan keuangan yang dapat memberi informasi tentang sumber-sumber daya yang dimiliki perusahaan dan sumber pembelanjaan untuk memperolehnya. Laporan ini menyajikan posisi keuangan perusahaan.
  22. Pembukuan : Adalah pencatatan data perusahaan dengan cara tertentu.
  23. Persekutuan : Adalah perusahaan yang dimiliki oleh dua orang atau lebih menurut suatu perjanjian yang dilakukan oleh mereka.
  24. Perseroan terbatas : Adalah perusahaan yang merupakan badan hukum terpisah yang dibentuk berdasarkan hukum di mana pemilikannya dibagi dalam saham-saham.
  25. Perusahaan perseorangan : Adalah perusahaan yang dimiliki seluruhnya oleh perseorangan.
  26. Perusahaan dagang : Adalah perusahaan yang kegiatannya membeli barang jadi dan menjualnya kembali tanpa melakukan pengolahan lagi.
  27. Perusahaan pabrik (manufacturing firm) : Adalah perusahaan yang kegiatannya mengolah bahan baku menjadi barang jadi kemudian menjual barang jadi tersebut.
  28. Perusahaan jasa : Adalah perushaan yang kegiatannya menjual jasa-jasa.
  29. Aktiva (Assets) : Adalah keakayaan yang dimiliki perusahaan (lihat harta). kativa merupakan sumber daya (resources) bagi perusahaan untuk melakukan usaha.
  30. Bentuk skontro bentuk perkiraan/account form) : Adalah penyajian neraca di mana aktiva diletakkan di sebelah kiri sedangkan kewajiban dan modal diletakkan di sebelah kanan sehingga menyerupai bentuk perkiaraan. (laporan perhitungan laba rugi juga dapat disusun dengan bentuk ini).
  31. Bentuk Stafel (bentuk laporan/report form) : Adalah penyajian neraca di mana kewajiban dan modal diletakkan di bawah aktiva. (bentuk stafel biasanya digunakan untuk laporan perhitungan rugi laba).
  32. Biaya (expenses) : kadang-kadang disebut dengan beban; penurunan dalam modal pemilik biasanya melalui peneluaran uang atau penggunaan aktiva, yang terjadi sehubungan dengan usaha untuk memperoleh pendapatan.
  33. Harta (Asset) : Adalah kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan (lihat aktiva).
  34. Hutang (liability(ies)) : kadang-kadang disebut juga dengan kewajiban; sumber pembelenjaan perusahaan yang berasal dari kreditur.
  35. Hutang dagang : kadang-kadang disebut dengan hutang usaha; hutang jangka pendek yang berasal dari pembelian barang-barang atau jasa untuk keperluan usaha.
  36. kas (cash) : Adalah uang dalam bentuk tunai maupun rekening bank yang dipunyai perusahaan.
  37. Laba bersih (net income) : Adalah selisih lebih pendapatan atas biaya-biaya yang dibebankan dan yang merupakan kenaikan bersih atas modal yang berasal dari kegiatan usaha.
  38. Laporan perubahan modal : Adalah ikhtisar tentang perubahan modal suatu perusahaan yang terjadi selama jangka waktu tertentu.
  39. Pendapatan (revenue) : Adalah jumlah yang dibebankan kepada langganan untuk barang dan jasa yang dijual. Pendapatan dapat juga diidentifikasikan sebagai kenaikan bruto dalam modal (biasanya melalui diterimanya suatu aktiva dari langganan) yang berasal dari barang dan jasa yang dijual.
  40. Peralatan : Adalah salah satu bentuk aktiva dalam perusahaan yang biasanya bernilai cukup besar dan digunakan untuk menjalankan kegiatan perusahaan.
  41. Perhitungan rugi laba : Adalah ikhtisar pendapatan dan biaya suatu perusahaan untuk suatu jangka waktu tertentu. Perhitungan rugi laba menunjukkan hasil usaha suatu perusahaan dalam jangka waktu tertentu.
  42. Perlengkapan (suplply(ies)) : Adalah salah satu bentuk aktiva dalam perusahaan terdiri dari bahan pembantu.
  43. Persamaan akuntansi : Adalah hubungan antara aktiva, kewajiban dan modal yang dinyatakan dalam suatu persamaan di mana: Aktiva=kewajiban + modal
  44. Rugi bersih (net loss) : kebalikan dari laba bersih.
  45. Transaksi : Adalah kejadian atau situasi yang mempengaruhi posisi keuangan perusahaan dan oleh karena itu harus dicatat.
  46. Bagan perkiraan : Adalah daftar perkiraan yang ada dalam perusahaan lengkap dengan nama dan nomor kode perkiraannya.
  47. Buku besar : Adalah kumpulan dari perkiraan-perkiraan yang saling berhubungan dan yang merupakan suatu kesatuan tersendiri.
  48. Debit (debet) : Adalah sisi sebelah kiri perkiraan, didebit berarti pada sisi sebelah kiri perkiraan yang bersangkutan dicatat suatu jumlah tertentu.
  49. Kredit : Adalah sisi sebelah kanan perkiraan. Dikredit berarti pada sisi sebelah kanan perkiraan yang bersangkutan dicatat suatu jumlah tertentu.
  50. Perkiraan : Adalah formulir/media yang digunakan untuk mengelompokkan transaksi-transaksi yang sejenis ke dalam satu nama kelompok tarnsaksi dan tempat untuk mencatat penambahan serta pengurangan yang terjadi dalam kelompok tersebut.
Istilah-istilah lainnya akan dilanjutkan di artikel berikutnya.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Final Fantasy XII cara mendapatkan Item Weapon, Armor, Aksesoris Terkuat (termasuk versi Zodiac Age/IZJS)

Banyak variasi item weapon, armor dan aksesoris di dalam Final Fantasy dan yang menjadi pembahasan di sini adalah Final Fantasy XII. Tentu untuk mendapatkan beberapa item membutuhkan waktu dan mungkin hanya bisa didapatkan di penghujung permainan. Item-item ini biasanya memiliki stats dan efek yang sangat luar biasa, sepadan dengan jalannya permainan. Tpi, tentunya tidak akan mudah untuk mendapatkannya. Berikut beberapa item terkuat di Final Fantasy XII, termasuk versi Zodiac Age atau International Zodiac Job System. -WEAPON 1. Sword (1H)      Dalam Final Fantasy XII sword terkuat yaitu Deathbringer, Stoneblade dan Durandal dalam versi Zodiac Age yang terkuat yaitu Great Trango atau dalam versi IZJS disebut Trango Tower. Deathbringer merupakan pedang atau sword (1H) yang memiliki efek death.  Cara mendapatkan Deathbringer: - Mencuri atau steal dari monster rare bernama Ithuno di Barheim Passage.  - Dijual di Balfonheim Port seharga 16.000G.      Cara Mendapatkan Stoneblad

FINAL FANTASY XII - Rahasia dan Bagaimana Cara Mendapatkannya

Kali ini gue bakal bahas tentang game favorit gue yap, mario bros. hehe, ngga lah  gue bukan clickbaiters seperti yang disajikan pada judul topik di atas, Final Fantasy XII atau 12 (dua belas), baik di seri biasa maupun seri zodiac age/Internationa Zodiac Job System (di jepang). So, apa yang menarik dari game ini? Jujur aja sih, ini game open world pertama gue dan konsep yang beda dari seri Final Fantasy sebelumnya yang kalo ketemu musuh ada transisi ke mode battle, di sini mode battle itu dihilangkan dan player langsung bisa berhadapan dengan musuh. Ngga cuma itu yang menarik, ternyata ada banyak rahasia di dalam game ini, berikut beberapa di antaranya, check it out guys. 1. Zodiac Spear Senjata tipe Spear ini adalah yang terkuat dalam game ini. Di dalam versi original (OG), cara untuk mendapatkan senjata ini adalah dengan menghindari beberapa hal, yaitu JANGAN membuka peti-peti berikut: 1) Peti di Lowtown, dekat Dalan's palace 2) Peti sebelum mendapatkan

Monster Rancher 2 Gameshark Codes Cheat Training Stats 100% Working PS1/PSX

 This is my monster rancher 2 gameshark I often use. #golden peach on item slot 19 (must have max lvl house) 80099284 001A #training stats Boost (+99) note (1) 800DA098 0063 800DA09A 24A5 #Mint leaf on item slot 20 (must have max lvl house) 80099288 0012 #Worse Nature (for unlocking certain technique) 30097A59 00A4 # Max lif 80097A20 03E7 # Max Pow 80097A22 03E7 # Max Int 80097A24 03E7 # Max Spd 80097A28 03E7 # Max Def 80097A2A 03E7 #GUTS (R2) D00938AE 0002 801FFCFC 00FF # Never tired 30097A37 0000 #Max skill 80097A26 03E7 #Max Funds 80098FBC E0FF 80098FBE 05F5 #All Monster Cards 5000CC02 0000 8009908C 0101 #Full Zooming In View Mode D001C3CC 2821 8001C3D0 0000 D001C3CC 2821 8001C3D2 0000 #Max Monster Health (In-Battle) 801FFCDC 03E7 #100% Loyalty & 'Even' Status 80097A3C 00F3 #Wild Monster Life Drain (Press L2) D00938AE 0001 801FFC74 0000 #Unlock All CD's 50002601 0000 30099386 0001   #Activation Code For All Techniq