Skip to main content

Kenapa Lucid Dream "BERBAHAYA"?

FINAL FANTASY XII - Rahasia dan Bagaimana Cara Mendapatkannya


Kali ini gue bakal bahas tentang game favorit gue yap, mario bros. hehe, ngga lah  gue bukan clickbaiters seperti yang disajikan pada judul topik di atas, Final Fantasy XII atau 12 (dua belas), baik di seri biasa maupun seri zodiac age/Internationa Zodiac Job System (di jepang). So, apa yang menarik dari game ini? Jujur aja sih, ini game open world pertama gue dan konsep yang beda dari seri Final Fantasy sebelumnya yang kalo ketemu musuh ada transisi ke mode battle, di sini mode battle itu dihilangkan dan player langsung bisa berhadapan dengan musuh. Ngga cuma itu yang menarik, ternyata ada banyak rahasia di dalam game ini, berikut beberapa di antaranya, check it out guys.



1. Zodiac Spear
Senjata tipe Spear ini adalah yang terkuat dalam game ini. Di dalam versi original (OG), cara untuk mendapatkan senjata ini adalah dengan menghindari beberapa hal, yaitu JANGAN membuka peti-peti berikut:

1) Peti di Lowtown, dekat Dalan's palace
2) Peti sebelum mendapatkan goddess tear, atau saat Vaan menyusup ke kerajaan. Jangan buka peti yang ada di arah tenggara.
3) Semua peti di Confiscatory atau setelah kita dapat item-item kita kembali.
4) Jangan buka semua peti yang ada di Phon Coast.

Itulah, syarat-syarat yang harus dipenuhi sebelum kita bisa mendapatkan Zodiac Spear. Kalian bisa mendapatkan Zodiac Spear ini berada di Necrohol of Nabudis. Berikut peta yang bisa kalian lihat untuk memastikan dimana lokasi tepatnya klik disini. Peti Zodiac Spear berada pada posisi kedua dari kiri pada baris pertama saat kita melihat peti itu. Syarat lainnya, jangan gunakan Diamond Armlet (setahu saya) karena Zodiac Spear bisa berubah menjadi Dark Matter.

Berbeda dengan versi OG pada versi International Zodiac Job System dan Zodiac Age (PS4), Zodiac Spear tidak tersedia di dalam peti ini. Jadi ada beberapa cara lain untuk mendapatkannya yaitu dengan menukarkan Trophy di Hunt Club. Untuk mengakses Hunt Club kita harus menyelesaikan event di Archades, (setahu saya) bisa juga setelah mengalahkan Mandragoras. Setelah itu kita berbicara pada Master Hunt Club di Phon Coast dimana Teleport Crystal berada, akan ada sebuah hut kecil dengan 4 Bangaa dan 2 orang. Bangaa yang berada di depan hut adalah masternya. Untuk mengakses Zodiac Spear dengan cara ini kita butuh menyelesaikan Hunt utama dan 30 Thropies. Kita tidak bisa mengakses sebelum kita bisa menggunakan Strahl dengan bebas (dekat ending main story, setelah event di Pharos).

Master Hunt akan memberikan tugas pertama yaitu memburu Thalassinon yang berada di Vaddu Strand (satu zona dari Hunt Club). Untuk spawn Thalassinon ini membutuhkan trik yaitu kalian naik ke atas bukit yang ada di sana. Setelah itu tunggu beberapa menit (tidak sampai 5 menit), maka Thalassinon akan muncul. Thalassinon adalah monster berbentuk kura-kura raksasa. Setelah berburu Thalassinon, kembali ke master Hunt, kita akan diberi trophy pertama dan selanjutnya kita harus berburu monster-monster lainnya. Untuk membuka Zodiac Spear, setelah mendapatkan 30 thropy berikan masing-masing Bangaa 10 trophy. Setelah itu berbicara pada orang di dekat mereka.

Cara lain untuk mendapatkan Zodiac Spear adalah dengan membuka peti di Henne Mines. Untuk membuka cara ini, kita butuh mengalahkan 10 esper terlebih dahulu. Setelah itu pergi ke Jahara dan bicara pada Geomancer Yugelu untuk membuka akses menuju peti sekaligus juga untuk menuju Zodiark. Peti ini terletak di 2nd Phase dig Area untuk lebih jelasnya bisa lihat disini untuk cara ini kita butuh Diamond Armlet, meskipun begitu kesempatan untuk mendapatkan Zodiac Spear hanya sebesar 1%. Ada beberapa trick untuk mendapatkannya yang diberi nama cure method. kalian bisa cari infonya di tempat lain.

Dalam versi Zodiac Age kita bisa mendapatkan Zodiac Spear melalui mode Trial pada stage 62. Stelah menyelesaikan stage ini kita akan diberi reward Zodiac Spear.

2. Leveling dengan Cepat di Awal Game
Mungkin belum banyak yang tahu soal metode ini, yap kita bisa mendapatkan level tinggi di awal hanya bermodalkan sebuah phoenix down. Bagaimana caranya? setelah berburu rogue tomato kita bisa mengakses Dalmasca Westersand. Yang perlu dipersiapkan pertama kali adalah tentu saja phoenix down. Untuk mendapatkan phoenix down kita bisa membelinya di ujung Westersand dekat zona menuju Ogir Yensa atau kalian bisa mendapatkan gratis dari Penelo di event Sunstone Giza Plains, tapi untuk melakukan leveling kita tidak butuh Penelo jadi sebisa mungkin lakukan ini setelah Penelo sudah selesai mengikuti kita.
Yang harus dilakukan selanjutnnya adalah menuju zona sebelum zona Earth Tyrant. Tapi sebelum itu kita harus menyiapkan beberapa hal, yang pertama tentu phoenix down lalu yang perlu disiapkan adalah darah kita harus kurang dari 10%, jadi kita harus sangat hati-hati dalam menggunakan metode ini. JANGAN lupa untuk menyetting speed battle ke mode Slowest dan Wait, karena kalau menggunakan mode Active apalagi kalau baru mencoba akan sangat berisiko.

Berikut adalah step-stepnya. Masuk ke zona itu maka akan muncul monster bernama Dustia, Dustia akan menggunakan spell setiap kali dia muncul dan jarang menggunakan attack. Nah, karena dalam FFXII ini menggunakan item tidak memerlukan waktu untuk casting, disinilah kalian gunakan phoenix down tersebut. Meski dalam mode Slowest tidak akan berpengaruh pada waktu castingnya (instan) dan karena Dustia menggunakan spell hal itu hanya berpengaruh pada spell tersebut. Setelah Dustia muncul sebisa mungkin dengan cepat masuk ke menu battle dan pilih phoenix down, arahkan ke Dustia (pencet R1/L1), BOOM! Dustia akan mati seketika. Jangan berpuas diri dulu, kalau kita menyiapkan banyak phoenix down kita bisa Chain Dustia.

Begini caranya, jangan pergi terlalu jauh dari zona keluar/masuk di zona Dustia. Karena animasi matinya Dustia itu lebih lama dari monster lain metode ini menjadi semakin mudah. Setelah Dustia dipastikan mati dan SEBELUM Dustia menunjukkan jumlah EXP/LP yang di dapat segera keluar dari zona itu, tunggu beberapa detik sampai Dustia muncul kembali, lalu kembali lagi ke zona Dustia berasal. Jangan sampai Dustia tidak muncul di zona lain, meskipun nantinya Dustia akan muncul lagi di zonanya, karena kalau ini terjadi maka chain ini akan gagal. Waktu saya mencobanya, saya bisa mencapai level 40 kurang dari 2 jam. Oh, kita juga bisa mengambil loot Dustia tetapi dengan risiko tulisan EXP/LP akan muncul dan Dustia dipastikan tidak akan muncul lagi, jadi tunggu hingga Chain tinggi untuk mendapatkan loot yang lebih besar sehingga mudah untuk diambil. Metode chain jika kita tidak mengambil loot sampai 32-chain maka kita akan mendapat loot tertinggi (merah).

3. Deathbringer Di Awal Game
Deathbringer adalah salah satu Pedang (1H) terkuat di dalam game ini yang bisa kita beli di akhir game. Kita bisa mendapatkan ini setelah event atau mendapatkan Dawn Shard.

Sebelumnya kita harus menyelesaikan side quest Barheim Key (bisa diliat di sini). Setelah mendapatkan Key ini, pergi ke Barheim Passage melalui Dalmasca Estersand klik di sini setelah memasuki Barheim Passage akan ada 2 jalan baru yang satu menuju ke arah Zalera dan yang satu menuju jalan buntu. untuk lebih jelasnya klik di sini untuk menuju Deathbringer kita ambil jalan nomer 3 dan disinilah Deathbringer bersemayam. Disini akan ada mimic bernama Ithuno yang menyembunyikan Deathbringer dan bisa muncul dimanapun (random) jadi kita harus benar-benar mencarinya dengan teliti. Ithuno akan menyamar menjadi salah satu peti tapi akan lebih mudah dicari karena Ithuno memiliki warna yang berbeda dari peti yang lain. Untuk melakukan ini dipastikan harus memiliki armor level tinggi, karena di dalam sini ada monster level 20-30an dan Ithuno sendiri memiliki HP sebanyak 22000. Kita hanya harus mencuri dari si Ithuno ini dengan teknik (technique) steal. Disarankan untuk menggunakan Thief's Cuffs kaena akan mempermudah mencuri Deathbringer. Kalau belum bertemu si Ithuno ini jangan khawatir, pergi keluar 2 zona (manapun) atau sentuh save crystal untuk mereset peti-peti tersebut tentu saja Ithuno akan muncul juga karena ia muncul berbentuk peti.

4. Mythril Sword dan Mythril Blade
Di awal game kalian sudah mendapatkan salah satu dari kedua pedang tersebut saat mengendalikan Vaan pertama kali. Mengapa ini menjadi rahasia? karena kedua pedang ini tidak dijual dimanapun dan tidak ada di dalam peti manapun. Jadi, kalau kalian memiliki jiwa kolektor di game ini simpan kedua pedang ini sampai akhir meskipun tidak ada achievement apapun. Jika kalian tidak sengaja menjual mythril sword jangan khawatir kalian bisa mendapatkannya kembali dengan melawan Omega Mark XII dan berharap di dalam dropnya selain Omega Badge juga terdapat Mythril Sword, ada yang bilang kesempatannya hanya 0,1 persen. Untuk versi Zodiac Age, salah satu pedang ini bisa di dapat melalui sebuah peti di Henne Mines (Phase 2 Dig) dan Cerobi Steppe (Crossfield) untuk Sword. Untuk Blade bisa di dapat di sebuah peti di Cerobi Steppe (Feddik River) dan Nabreus Deadlands (The Slumbermeads), dan juga bisa di dapat dengan steal flowering cactoid di dalam trial stage 3 dengan presensatase 10%.

5. Membuka Ba'gamnan di Menu Sky Pirates Den
Sky Pirates Den bisa dibilang Achievement yang bisa kalian dapat di dalam game contohnya seperti Old Dalan terbuka setelah kalian menjelajah semua peta di dunia FFXII dan sebagainya. Nah, kenapa Ba'gamnan ada di list rahasia? Karena untuk membukanya bisa dibilang yang tersulit, kenapa? karena untuk membukanya kalian harus membunuh semua monster yang ada di Clan Primer yaitu sebanyak 384 monster. Kalian tidak perlu membunuh mereka berkali-kali cukup hanya satu kali kalian sudah memasukannya ke dalam daftar Clan Primer.

Itulah rahasia di dalam FF XII yang bisa gue bagikan, beberapa diantaranya masih jarang diketahui. Untuk info info yang lainnya terkait game ini silahkan ditanyakan di komentar, nanti gue usahain jawab melalui artikel atau langsung di komen. Terima kasih sudah berkunjung. 

Comments

  1. Masih seneng aja lu bang sama ni game.. Udh lama we gak main.. Dlu main agak asal2an jdi gk begitu tau.. Dann kelewat zodiac spear nya wkwkwkw. .
    Bang mau tanya ni.. Kan di yt banyak tu cara2 untuk spawn item super langka di chest contohnya untuk dpt zodiac spear di henne. . Contohnya yg mukulin dirisendiri terus menerus sampai dpt serangan beruntun 5x.. Itu apa usefull bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan ini game favorit gue. kalo itu butuh kondisi tertentu tapi cuma untuk ps2 misalnya apa versi ps2-nya, karena beda-beda versi akan beda RNG-nya. Kalo untuk PC gue kurang tau. Tapi, itu emang berguna kalo mau dapetin itu senjata karena chance buat dapetnya juga kecil banget, kalo ngelewatin yang pertama yaudah cuma bisa pake cara ini, ini cuma buat versi original ya

      Delete
    2. Caranya gimana bang?

      Delete
    3. Itu pake cure method, agak pusing sih makanya gue ga cantumin. Tapi kalo mau coba ya cari aja FF 12 cure method

      Delete
  2. Seandainya kelewat utk weapon zodiac nya apa bisa di ambil kembali ? Saya udh di ixor baru menang

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama persyaratannya ga dilanggar, bisa

      Delete
    2. Seperti nya sudah di langgar hehe ini lg coba mengulan, skrng penasaran Deathbringer Di Awal Game, ini posisi dmn ya, mksd nya dekat apa gtu?

      Delete
    3. Deathbringer Di Awal Game, itu misal dari teleport crystal arah mana, pncerahan nya gan

      Delete
    4. ini main di versi apa ya?

      Deathbringer ada di bawah jalan menuju ke Zalera. Kan ada jalan yang mirip jari, pilih jalan yang bawah, monsternya baru bisa muncul kalo udah ngomong ke master hunt club

      Delete
  3. PS 2 gan, berarti utk deathbringer tu bisa kapapun ya didapatkan tnp ada syarat seperti zodiac ? Utk master hunt club nya dmn ya? Soal nya saya dulu main bener2 ngaco kmn2 aja gtu, 1 bln lalu efek WFH saya main lg hehe dan ngikutin panduan nya by Yutub, cm udh jauh sih udh smp barheim, cm lg kalah sm dinosaurus di ridorana cm saya skip.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ga perlu syarat apapun. Kalo udah sampe pharos tinggal selesaiin aja misinya nanti bisa dibeli di Balfonheim.

      Tapi kalo emang mau ambil dari monster ya ngomong ke master hunt club di phon coast. Dia itu bangaa yang ada di gubuk pinggir pantai. Nanti selesaiin misi dari dia abis itu ngomong lagi supaya kebuka monster-monster yang lain

      Delete
    2. Jd bisa beli jg ya sebernya itu pedang nya

      Delete
    3. Master hun bangaa itu yg kaya kelinci ya melayang gtu

      Delete
    4. bangaa itu yang mirip kadal

      Delete
  4. Zalera tu berati bagian bawah ya, yg kelelawar nya pada di up semua ya,kl pintu atas nya kan Ozmone plain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zalera ada di barheim passage... bisa di liat di peta itu ada kok pas tulisan "di sini" tinggal klik aja

      Delete
    2. Udh ktm sih gan, cm di steal gk mau2, item jg udh sesuai petunjuk di ats

      Delete
  5. Gk kebuka gak klik disini nya

    ReplyDelete
  6. Saran lg gan, itu yg zodiac bener2 gk ada cara lain ya ? Lalu utk dinosaurus yg di ridorana gmn ya gan cara ngalahin nya buat buka item genji, kl utk summon udh kebuka bnyk saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada cuma makan waktu, nukerin trophy atau di henne mines.

      ini dinosaurus hunt atau boss? kalo yang hunt min lvl 65-70 punya bubble, arise, curaja, dll.
      Fokus 1 hitter yang lain support, kasih hitter berserk

      Delete
  7. sorry yang trophy cuma versi zodiac age

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lvl saya udh 82 gan, msh kirang pinter main nya hehe, lanjut gan, ini stlh lawan dino nya, item genji kok blm kebuka ya, apa hrs beli dmn gtu?

      Delete
    2. genji didapet dari hunt Gilgamesh, steal di fase ke-3 dan 4 tiap battle. battle pertama di jembatan yang kedua di goa

      Delete
    3. biar ga kelewat atau buat jaga-jaga steal aja di tiap fase. sekitar 25% darahnya abis ganti fase

      Delete
    4. Betul gan, lg lg kelewat wkwk, panduan dri yutub dah gtu tiba2 yg di yutun udh snjata baru aja, skrng cloud staff itu beli atau dpt dmn ya?

      Delete
    5. Makin susah ini zodirak gk kalah2 ampun deh, pdhl udh lvl max 99, saran lg min

      Delete
    6. Selalu siap dispel, kalo perlu gunain black robe atau black mask, kalo ada yang pake sword & shield pakein aegis shield atau zodiac escutcheon. Kalo ga punya tournesol pake masamune. Kalo misalkan dia kebal damage serang terus aja kayak biasa tapi tetep fokus healing. Gunain bubble belt ke 3 karakter, biar ga terlalu repot buff double.

      kalo mau pake metode reverse dan lure, tapi harus hati-hati. Jangan terlalu lama pas bertarung soalnya dia bisa ngilangin karakter, walaupun random dan jarang gue pernah ngalamin sampe sisa satu doang. Sisanya bergantung RNG, darkjanya juga bisa insta kill dan ga 100% ke absorb.

      Delete
    7. Zodirak itu misi rerakhr ya? Liat di yutub semua sumon bisa ikut hunting misal vaan sm 2 summon jd pendamping, itu gmn cara nya ya

      Delete
    8. ha? ngga terakhir. minimal punya 10 esper bisa kebuka jalan ke zodiark

      Delete
  8. bamg mau nanya, ane kan maen versi zodiage ps2 yaa, emang gak bisa double license bang ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, Tapi nanti kebuka setelah lawan belias. kalo ga salah. di ps4 begitu

      Delete
    2. udh sampe dr.cid tetep gak bisa bamg padahal udh pumya esper 4, apa emang versi ps2 gak bisa kali ya

      Delete
    3. Yang PS2 IZJS emang cuman bisa 1 job/license, Kalo yang TZA di PS4/PC bisa 2 job/license. CMIIW

      Delete
    4. hello, terima kasih sudah mau membantu menjawab :)

      Delete
  9. ribbon bisa didapet dari drop rare game Vishno, treasure chest di cerobbi steppe, sama di henne mines pake diamond armlet buat versi original.

    kalo versi zodiac bisa didapet dari trial steal hashmal, level 99 red chocobo sama omega mark XII, ada juga di stage 100 trial treasure chest pake diamond armlet buat dapet ribbon

    ReplyDelete
  10. versi ori di cerobbi steppe lokasi journey's end, spawn chest 50%, 30% item lain. ribbon 10%, jadi chance buat dapet ribbon sekitar 1,5%

    kalo versi zodiac di special charter dig shaft 15% spawn, tapi 100% ribbon (tanpa diamond armlet juga mungkin)

    ReplyDelete
  11. syarat buat cerrobi steppe jangan pernah Masuk zona crossing field sebelum ke journey's end, bisa lewat terraced bank, nanti save game dulu di journey's end baru Masuk ke zona crossing field, Di situ chest yang isinya ribbon. ini ga ada di versi zodiac ya

    ReplyDelete
  12. Nanya donk... Kalo untuk levelling, apa ada item gitu yg bisa untuk boost exp kita ??? Kalo ada, pas udh dimana ??

    ReplyDelete
  13. Nanya donk... Kalo untuk levelling, apa ada item gitu yg bisa untuk boost exp kita ??? Kalo ada, pas udh dimana ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada namanya embroidered tippet. Kalo di versi original bisa didapat dari steal coeurls di golmore jungle atau tchita uplands.

      Versi zodiac age dari peti di nam yensa sandsea area simoon bluff atau dari poach coeurls

      Delete
    2. Okee... Terimakasih admin...

      Delete
  14. Mau nanya donk,klo kita tidak sengaja membunuh ithuno, apakah masih ada kemungkinan dia muncul lagi??

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Ga bisa muncul lagi, cuma stealnya yang bisa direset

      Delete
  15. Giman cara reset stealnya bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa keluar 3 zona dari tempat ithuno, kalo mau ithuno tetep ada (setau gue) jangan keluar barheim

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Final Fantasy XII cara mendapatkan Item Weapon, Armor, Aksesoris Terkuat (termasuk versi Zodiac Age/IZJS)

Banyak variasi item weapon, armor dan aksesoris di dalam Final Fantasy dan yang menjadi pembahasan di sini adalah Final Fantasy XII. Tentu untuk mendapatkan beberapa item membutuhkan waktu dan mungkin hanya bisa didapatkan di penghujung permainan. Item-item ini biasanya memiliki stats dan efek yang sangat luar biasa, sepadan dengan jalannya permainan. Tpi, tentunya tidak akan mudah untuk mendapatkannya. Berikut beberapa item terkuat di Final Fantasy XII, termasuk versi Zodiac Age atau International Zodiac Job System. -WEAPON 1. Sword (1H)      Dalam Final Fantasy XII sword terkuat yaitu Deathbringer, Stoneblade dan Durandal dalam versi Zodiac Age yang terkuat yaitu Great Trango atau dalam versi IZJS disebut Trango Tower. Deathbringer merupakan pedang atau sword (1H) yang memiliki efek death.  Cara mendapatkan Deathbringer: - Mencuri atau steal dari monster rare bernama Ithuno di Barheim Passage.  - Dijual di Balfonheim Port seharga 16.000G.      Cara Mendapatkan Stoneblad

Monster Rancher 2 Gameshark Codes Cheat Training Stats 100% Working PS1/PSX

 This is my monster rancher 2 gameshark I often use. #golden peach on item slot 19 (must have max lvl house) 80099284 001A #training stats Boost (+99) note (1) 800DA098 0063 800DA09A 24A5 #Mint leaf on item slot 20 (must have max lvl house) 80099288 0012 #Worse Nature (for unlocking certain technique) 30097A59 00A4 # Max lif 80097A20 03E7 # Max Pow 80097A22 03E7 # Max Int 80097A24 03E7 # Max Spd 80097A28 03E7 # Max Def 80097A2A 03E7 #GUTS (R2) D00938AE 0002 801FFCFC 00FF # Never tired 30097A37 0000 #Max skill 80097A26 03E7 #Max Funds 80098FBC E0FF 80098FBE 05F5 #All Monster Cards 5000CC02 0000 8009908C 0101 #Full Zooming In View Mode D001C3CC 2821 8001C3D0 0000 D001C3CC 2821 8001C3D2 0000 #Max Monster Health (In-Battle) 801FFCDC 03E7 #100% Loyalty & 'Even' Status 80097A3C 00F3 #Wild Monster Life Drain (Press L2) D00938AE 0001 801FFC74 0000 #Unlock All CD's 50002601 0000 30099386 0001   #Activation Code For All Techniq