Skip to main content

Kenapa Lucid Dream "BERBAHAYA"?

Kenapa Lucid Dream "BERBAHAYA"?




Salam kenal pembaca gue Hyde, ya panggil aja begitu, kalo nggatau cara bacanya begini cara bacanya 'haid' (bukan haid itu ya) atau 'haide' juga boleh, hehe.

Oke, ini postingan pertama gw sekaligus gw juga  mau ngenalin blog gw ini. disini rencananya gw mau ngebahas tentang apapun mungkin sampai percintaan, tergantung support setelah gw ngepost ini, haha.

Back to the laptop, tentang Lucid Dream kita singkat aja jadi LD ya temen-temen. mungkin kalian bertanya-tanya Apa sih itu LD? gimana sih cara supaya bisa LD? banyak ngga sih yang bisa LD? apa LD suatu kemampuan khusus? Oke-oke ngga perlu banyak pertanyaan karena gw ngga bakal bahas LD disini secara keseluruhan karena yang mau gw bahas ada di judul, sorry.


Langsung aja kita kenalan sama si Lucid dream, mungkin kalian pernah denger istilah ini ditempat lain atau orang-orang disekitar kalian, nah apa sih LD itu? seperti yang kalian baca sebelumnya gw ngga bakal bahas secara rinci jadi ini ketikan murni gw, jadi LD itu dimana kita bisa masuk kedalam mimpi kita dan kita bisa sesuka hati mengubah keadaan di dalam mimpi itu, keren ngga? kalo menurut gw sih keren gila.

Bagi kalian yang mau ngerasain LD gw bakal ngasih beberapa tips untuk ngelatih kalian supaya bisa ngerasain sensasi ini. Dari beberapa artikel yang pernah gw baca dan yang masih gw inget untuk bisa melakukan LD adalah dengan tidur, hehehe. oke serius, kalian harus punya konsentrasi tinggi, pernafasan yang teratur, ketenangan dan tentunya kemampuan imajinatif kalian. well, mimpi itu datang karena beban pikiran yang kita simpan seharian, tapi dengan LD ini kita bakal nyiptain dunia mimpi kita sendiri. Nah, untuk melatih konsentrasi gw bakal kasih contoh yang sederhana seperti membaca buku di tempat keramaian (bukan ditempat keributan yang membahayakan nyawa). Dan untuk melatih pernafasan kalian, gw biasanya berlatih dengan metode ini
7 detik tarik nafas
7 detik tahan
7 detik buang
7 detik tahan
begitu seterusnya, biasanya gw 5-10x. jangan lupa gunakan pakaian longgar supaya lebih rileks, bisa dilakukan kapanpun di tempat yang tenang atau sambil dengerin musik instrumen, gw lupa nama lagunya yang cocok buat 'meditasi' ini. Oh iya, kalo kalian belum sanggup sampai 7 detik kalian bisa latih dari 3 detik, kalian bisa naikin perlahan kalo kalian rutin ngelakuin ini, ngga perlu buru-buru.



Nah kita udah tau bahwa LD ini bukan kemampuan khusus, karena kita bisa belajar, dan ngga cuma gw aja yang bisa LD ternyata udah banyak orang yang bisa bahkan samapi orang luar negeri. sekarang gw mau kasih tau beberapa 'bahayanya' LD ini dari apa yang gw pernah alamin sendiri

1. Lelah
Dari apa yang pernah gw denger dari orang-oraang yang bisa LD mereka ngerasa 'capek' setelah mereka mimpi dan gw juga ngalamin itu, itu karena kita masih ngegunain otak kita untuk beraktifitas yang seharusnya kita istirahatkan. jadi, cuma tubuh kita yang istirahat tapi pikiran kita masih terus jalan selama mimpi itu, untuk nyiptain dimensi-dimensi yang mau kita ciptain sendiri. 

2. Sulit Membedakan Mimpi dan Kenyataan

Gw juga ngerasa jadi kebingungan mungkin bisa dibilang begitu, kenapa? karena di LD itu kita juga ngejalanin 'kehidupan' karena semuanya terasa nyata. jadi memori atau ingatan yang kesimpen di otak gw itu bercampur, kadang gw ngerasa masih mimpi padahal gw lagi ada di dunia nyata, pernah gw pengen nabrakin diri gw sendiri buat mastiin kalo gw ini mimpi atau ngga, yah untungnya sih gw masih sadar. Dan kadang gw ngerasa udah bangun tidur dan ngejalanin aktifitas sehari-hari dan tiba-tiba ada kejadian aneh (anehnya gw masih ngerasa itu beneran) setelah kejadian itu biasanya gw langsung bangun  dari tidur

3. Sleep Paralysis
Dan ini pengalaman terparah dan terburuk yang pernah gw alamin yaitu sleep paralysis, dimana kita ngerasa kaku disekujur tubuh bahkan kita ngga bisa nafas tapi kita sadar. dari artikel yang pernah gw baca sleep paralysis ini terjadi kegagalan proses LD. kenapa sleep paralysis gw sebut yang terburuk? karena gw bisa ngerasain yang namanya hampir mati dan gw yakin kalian yang pernah ngalamin ini ngerasain hal yang sama pertama kali, sekarang gw trauma sama tempat gelap kalo mau tidur.

      
Itu aja yang mau gw bahas ke kalian, ini bukan untuk nakut-nakutin atau semacamnya tentang LD karena sampai sekarang pun gw masih LD-an walaupun udah jarang mungkin seminggu sekali atau dua kali. mungkin ada beberapa bagian yang ngga gw ketik disini, jadi ya bagi kalian yang mau mencoba silahkan dan kalau ada pertanyaan jangan sungkan untuk berkomen, saran dan kritik kalian juga gw terima.

THANK YOU FOR READING ATTENTIVELY 

 

Comments

  1. Thanks bgt artikelnya hyde. Gue gapernah tahu ama yg namanya lucid dream, tapi gue sering mengalami sleep paralys. Sampai sampai kadang gue takut kalo mau tidur. Menurut loe gue kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga perlu takut gan. Kalo takut bakal terus ngaganggu pikiran. Ada solusi buat terlepas dari sleep paralysis, banyak yang bilang ngegoyangin jempol kaki paling ampuh. Tapi gue rasa yang paling ampuh itu cara lu sendiri saat ngelepas sleep paralysis pertama kali. Jangan coba-coba nekat kayak gue, pas kena sleep paralysis kedua, gue nekat ngebuka mata dan gue ngerasa nyesel dan takut setakut-takutnya, pokoknya jangan sampe. Usahain buat rileks dan santai kalo misalnya kena lagi. itu aja sih

      Delete
    2. Pas buka mata kenapa Hyde????

      Delete
    3. gue ngeliat ruangan di kamar gue berubah jadi merah gelap

      Delete
    4. Sama w juga, dah 2 kali w buka mata dlu pas kena sleep paralysis, tapi klo kena sleep paralysis usahakan tetap rileks dan lanjutin apa langsung bangun aja?

      Delete
    5. gue saranin sih rileks dulu karena kalo dipaksa langsung bangun takutnya sleep paralysisnya makin kuat. Rileks di sini maksudnya usahain buat gerakin bagian-bagian tubuh yang paling mudah digerakkin yaitu jari-jari biasanya.

      gue udah jelasin lebih jauh di artikel gue yaitu kaitan astral projection dengan lucid dream. moga bisa membantu lebih jauh

      Delete
    6. Klo ga bisa nutup mata gmn gan?

      Delete
    7. pas sp kalo kebetulan udah buka mata pas ditutup lagi agak susah dan butuh perjuangan

      Delete
  2. Kalo cara gua gerakin paksa 2 jari tangan kanan

    ReplyDelete
  3. gimana kita tau kalo didunia nyata udah pagi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, kalo lagi lucid dream gue sendiri juga susah nentuin waktu yang pasti. gue aja beberapa waktu lalu ngerasa kalo udah tidur seharian, ternyata cuma 3 jam. mungkin itu yang dimaksud, maaf kalo salah tangkap

      Delete
  4. Wah bagus banget artikelnya, ini nih yg gw cari2, pengalaman dari para Lucid Dreamer. Btw dr dlu gw nyoba tpi blm pernah dapet LD ;( itu knp ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya bisa kasih tau ga knp agan nyesel pas buka mata (saat sleep paralyze ? Kalau bisa Japri aja ya hehe, nih wa gw 08886221725

      Delete
    2. Untuk pertama kali coba aja buat rileks jangan ada paksaan. Pertama kali gue nyoba waktu itu sebelum tidur gue berusaha untuk tenang, ilangin semua beban pikiran, gue bilang di pikiran gue "tenang, fokus, konsentrasi" sampe gue tidur perlahan-lahan. Dan pas gue tidur gue bilang ke diri gue "ini cuma mimpi" dan setelah itu gue nyoba buat "nyiptain" sesuatu dan gue berhasil ngeluarin pedang yang gue mau. Ngga perlu buru-buru sih kalo mau nyoba, gue aja berminggu-minggu kok baru bisa begitu :)

      Delete
    3. Kalo masalah itu bisa diliat di artikel gue tentang sleep paralysis biar lebih jelas. Gue ngeliat sesuatu yang bukan di dunia kita. Meskipun itu ngga berwujud tapi tetep aja buat gue takut, mungkin bisa dibilang terkejut karena itu baru pertama kalinya.

      Delete
    4. judul artikelnya kaitan astral projection dengan lucid dream

      Delete
    5. Anjir.. Ngeluarin pedang, seperti siapa tuh? Noctis di FFXV kah? Wkwk.

      Btw makasih bro, udah jawab2-in pertanyaan2 yg orang lain tanyakan.

      Delete
  5. Gw mau sering aja sih bang, kejadian yg kata lo badan gabisa gerak dan susah nafas, kalo di gaerah gw namanya erep erep, tapi cara gw bisa masuk LD dari situ bang, kalo yg ngerasain erep erep coba jangan dilawan, tapi buat badan kita tenang senyaman mungkin, darisitu badan bakal terasa ditarik kedalam kasur (kalo berbaring di kasur) dan jangan kaget, kalo kaget bisa langsung sadar, dan darisitu gw bisa masuk LD bang, sedikit cerita aja sih, kalo erep erep jangan dilawan atau coba gerakin badan kita, karena semakin kita lawan badan kita semakin nolak untuk bangun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep, saran yang bagus. gue sendiri emang kaget waktu pertama kali ngerasain erep erep, makanya jadi agak takut, kerena ngeliat dan denger hal-hal aneh. Tapi sekarang udah agak mendingan. Terima kasih sudah berkunjung

      Delete
    2. Sama bang hyde, gue sleep paralysis malah liat kayak sosok astral gitu trus jg pernah sampe denger suara teriakan gitu. Itu asli ketindihan setan atau emang normal yaa? Jd takut kalo ga dilawan gue ntar malah ga bangun2 lagi, pernah sampe gue merasa dicekik dileher bg sama sosok astral itu dan rasanya bener2 nyataa 😭😭

      Delete
    3. kalo dilihat dari sisi ilmiah itu normal. ngelawannya ya dengan tetep tenang.

      gue malah pernah ngelawan sosok astral di LD, sama dicekek juga, sampe kerasa seharian cekekannya :D

      Delete
    4. bro gua minta saran agar kagak kejebak di alam bawah sadar gitu,soalnya gua perna baca artikel yang menjelaskan klo kebejebak di alam bawah sadar bkalan meninggoyyy njer :v

      Delete
  6. Makasih artikelnya hyde. Pernah gak bang ente pas LD gak sengaja kayak tiba2 kepikiran sesuatu yg serem misal hantu lalu ente nyiptai n hantu tsb di LD? Mirim sleep paralysis sih tapi beda ini masih LD. Gue hampir ngalamin kyk gitu dan langsung maksa bangun terus pusing capek gak karuan 😂, padahal di LD sebelumnya enak2 aja nyiptain sesuatu yg gue mau. Apa masih perlu dilatih kali ya. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, jujur sih ngga pernah. Tapi pernah makhluk serem tiba-tiba muncul, dan ngejar-ngejar, gue sadar kalu itu LD dan gue biasanya berhenti lari dan berusaha buat bercengkrama tapi malah langsung kebangun. Udah jarang LD sekarang, ngga bisa tidur lebih nyenyak dari sebelumnya, jadi udah agak kurang fokus LD dan ya gue juga langsung pusing kalo lagi LD tiba-tiba bangun capek sih ngga. kebanyakan nonton horror kali? haha

      Delete
    2. oh lupa, makasih udah berkunjung

      Delete
  7. Hai saya fredfy.saya sebenernya tau lucid dream dari tahun 2017.nah pada itu saya coba",dan saya berhasil dong.namun anehnya dalm lucid dream saya ini,saya tidk mengalami yg namanyavketindihan.namun sayangnya lucid dream saya hanya bertahan 2 sampai 3 detik doang.sangat singkat sekali.
    Dan pada suatu waktu saya lagi membaca artikel ttg LD saya menemukan yg namanya astral projuction (AP).yg katnya bisa terjadi saat LD.yg blum tau AP cari tau sendiri ya.
    Pada saat itu juga gua nggk mau nyoba LD lagi😓😓

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, itu saya bahas di artikel saya yaitu kaitan astral projection dengan lucid dream. Semoga bisa membantu menambah pemahaman tentang ini

      Delete
  8. Bagus banget bang blog abang, gua mau nyoba tapi takut kwkwkw gua sih sebener nya mau LD itu grgr gua mau gua ada di dalam mimpi cewe yg gua suka. Itu bisa gak ya bang? Gua mau LD tapi takut wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih

      Sebenarnay bisa, ngga cuma cewe yang lu suka, semua cewe pun bisa. Gue sendiri belom pernah buat "memaksa" cewe yang gue suka itu buat ada di mimpi gue, tapi gue pernah ketemu cewe yang gue suka di dalam mimpi dan gue lanjut dengan sensasi lucid dream ini.

      Gue juga awalnya takut dan ragu. Tapi apa salahnya untuk mencoba? dan di artikel ini gue udah ngasih warning konsekuensinya, good luck

      Delete
  9. Sedikit cerita,,first gue ngerasain LD itu gue mimpiin hantu tapi saat mimpi gue udh sadar klu itu mimpi sampe gue berani buat meluk tu setan buat mastiin klu makhluk ghaib katanya dipegang tembus eh pas gw pegang malah kaya kayu gt gw kaget ampe bangun trus kaku sekitar 5 menit dan ngerasa cape. Pertamanya sih gw ngerasa wow gt gw bisa ngendaliin mimpi tapi lama kelamaan hampir tiap hari gw ngerasain LD dan sumpah itu bikin kita mager di dunia nyata dan sering males malesan mungkin karena udh bisa seenaknya dimimpi ngebuat kita males didunia kaliya? Tapi buat gw pribadi cara ngadepin LD buat bangun itu kadang gt bisa nekat jatuh kejurang gt biar gw ngerasa kaget trs bangun karena gw sadar di dunia nyata gw gatau ini udh siang apa blm gt,,menurut lu bang gw salah gasih bangun dari LD pake cara yg extrem? Abis gw klu udh muasin diri jalan jalan dimimpi kadang suka susah bangun gt hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hampir sama dengan apa yang gue rasain, tapi ga sampe mager juga. Seperti yang gue tulis di atas, gue juga ngejalanin kehidupan di dalam LD tapi kepribadian gue berbeda.

      Kalo lu nyaman dengan cara bangun yang kayak begitu ga masalah, cuma gue takutnya kalo lo keseringan, lu makin menikmati dan lupa diri di kehidupan nyata. ngerti kan maksud gue? Untungnya, gue bangun dengan cara ketika gue udah kelelahan di dunia LD, entah karena tertidur atau ada hal yang ga terduga jadi gue males buat lanjut.

      Delete
    2. gua mau sharing soal yang gua alami. gua sering lucid dream awalnya gua suka gua bisa kontrol mimpi gua, gua sadar itu smua cuma mimpi gua bisa milih mau mimpiin apa, tp lama kelamaan gua takut ama ld, hari ini juga gua ld lagi dan gua ketemu sm mbah gitu gua minta tolong gua gamau ld mulu, itu berasa nyata bgt.dan gw jg pernah ngerasain yg namanya tangan gabisa digerakin dimimpi. jangan cobacoba dah sm lucid dream. gaenak.

      Delete
  10. Thanks Hyde,
    btw kalo boleh curhat nih yaa ... :v
    gue itu sering banget ngalamin Lucid Dream, tapi untungnya ngga pernah tuh kena yang namanya Sleep Paralysis dan semoga aja ngga//hehe. Tapi yang bikin heran itu gue keseringan ngalamin LD. kiranya itu kenapa ya? kadang gue heran sendiri, apa cuma karena beban hidup gue yang berasa berat banget, gitu?? wkwkwk
    Thanks a lot.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, gapapa curhat aja. Di sini santai aja, saling berbagi.

      Kalo gue sendiri setelah ngalamin sleep paralysis jadi agak kurang LD-nya, mungkin bisa dicoba juga :)
      Hehe, bercanda. Gue sih ga bisa mastiin ya kenapa bisa LD terus. Itu dari diri lo sendiri, tapi emang mimpi itu dateng dari beban pikiran yang kita simpen seharian. Nah, gunanya LD ini lo bisa twist mimpi lo jadi apa yang lo mau.
      Kalo emang ngerasa terbebani sama LD, mungkin bisa dicoba diubah pola tidurnya. Kalo emang masih gue cuma bisa nyaranin untuk pergi ke psikiatris untuk ngurangin beban pikiran. Kalo bisa ngurangin sendiri sih bagus, kayak gue

      Delete
  11. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf banget komenmu terhapus dengan tidak sengaja. Tapi, gue inget kok komenmu. Dan maaf banget kalau telat ngebalesnya.

      Ini udah banyak yang nanya juga, cara berhenti dari Lucid dream itu dari kamu sendiri. Gue sendiri ga bisa mastiin itu bakal berhenti total atau ngga. Sekali lagi gue cuma bisa ngasih saran dan ini merupakan tambahan dari jawaban gue ke yang lainnya. Ketika sedang berada di Lucid dream, kalo kamu bisa tenangin pikiran di dalam sana. Setelah itu kamu ubah latar atau suasana atau apapun ke keadaan yang lebih ceria dan berwarna, ilangin semua pikiran yang ada di dunia dan ubah dengan pikiran yang baru, sekali lagi itu kalau kamu bisa. Tapi gue yakin semua bisa, termasuk gue sendiri udah bisa.

      Dan yang perlu gue sampein. Sleep paralysis ngga semenyeramkan itu. Memang seperti yang gue tulis, sampe sekarang gue trauma sama tempat gelap kalo sendirian. Tapi karena gue udah tahu apa itu sleep paralysis itu jadi hal yang biasa aja. Semua yang dirasain waktu sleep paralysis itu emang benar dan ya gue akui pasti seram apalagi baru pertama kali. Ngga perlu takut, semua itu ada di pikiran kamu, kalo bisa kamu tenangin pikiran kamu, relax dan bangun pelan-pelan. Mudah-mudahan itu bisa ngebantu

      Delete
  12. Wildan AlRizka YusufJune 3, 2019 at 10:39 PM

    Saya mimpi 4 jam, tapi saya ngerasa kalo saya sudah hidup dan menjalani aktivitas selama 1 Minggu, dan saya kaget pas bangun, kejadian ini pas ane tidur lagi habis sahur Azam subuh, sejak kejadian itu, saya tiba ² kepikiran, apakah saya masuk ke dunia parallel

    ReplyDelete
  13. Gw baru tau yg namanya LD dri instagram, dan nyoba2 cari info di google ama langkah2 biar bisa LD, trus 2 jam kemudian nyoba tidur siang pke langkah yg tadi, ehhhh ternyata jadi, gw ngerasain sleep paralysis ga bisa gerak susah nafas, tpi di bawa santai aja, ga berselang lama masuk LD trus gw sadar bahwa cuma mimpi, gw prrgi kemana trus jalan2 sesuka gue bahkan karna ini tidur siang gw bisa denger suara kaka dan ortu gw lagi ngomong wkkwkw dan akhirnya bangun, tpi anehnya pas bangun gw rasa capek

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang kalau mau maksimal lucid dream sebisa mungkin di tempat yang tenang. Makanya itu ada latihan untuk melatih fokus supaya bisa tetap berada di dalam mimpi meski banyak suara yang ngeganggu.

      Terima kasih sudah berkunjung :)

      Delete
  14. Gw nyoba lucid dream jadinya sleep paralysis
    Heran dah 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar ya wkwkwk.
      coba latih terus (kalo masih penasaran), kalo kapok kena sleep paralysis mending cukup dulu, dan dicobal lagi kalo udah tenang.

      Terima kasih sudah berkunjung :)

      Delete
  15. Bang kalau udh LD kita bisa bebas buat apa aja yg kita suka?
    Trs kalau cara tau udh paginya gmn? Takutnya kebablasan LDnya :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener

      Pertanyaan menarik. Kalo dari pengalaman gue sendiri seharusnya sama durasinya dengan tidur biasa, jadi bakal otomatis bangun di jam itu atau lebih awal dan ga akan lebih. Kalo biasa bangun pagi ya bakal bangun pagi-pagi, kalo ngga ya seperti yang udah gue bilang. Meskipun lagi ada di dunia LD, ga akan kerasa kok waktunya. Gue aja mimpi LD seharian pas bangun ternyata cuma sekitar 3-4 jam tidur, ga perlu khawatir

      Delete
  16. Gue nemu artikel ini pas lagi searching cara stop LD & sleep paralysis.. baru banget gue alamin (sleep paralysis) dan ini udah kesekian kalinya ngalamin yang bener2 bikin kayak sesek dan deg2an takut gt. Ada rekomendasi gimana cara ngeberention sleep paralysis?
    Karena gue udh sadar gue mimpi, dan ketika bangun gue ternyata msh di dalam mimpi.. kayak looping dream gt. Thanks Hyde.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue ga bisa atau ga tau gimana caranya buat bisa berhentiin sleep paralysis atau lucid dream sendiri, itu ada di dalam diri sendiri, seperti semacam niat untuk berhenti, dan gue sendiri pun udah lama berhenti karena niat itu, dan udah agak males-malesan buat lucid dream.

      Tapi gue udah bikin artikel lain judulnya kaitan astral projection dengan lucid dream, yang mungkin bisa ngebantu sedikit tentang sleep paralysis.

      Terima kasih sudah berkunjung

      Delete
    2. saya bisa lucid dream otodidak dr umur sekitar 10 tahunan, awalnya ngira klo smua orng mmng kaya gtu..sktar 7 tahun lalu bru saya ngeh sma yg namany lucid dream...
      nah utk sleep paralysis ampe skrng pun msh takut lewatin prosesnya, tp saran saya jgn d lawan, d bawa santai sma berdoa aja dlm hati..klo sdh terlewat kamu bs bangun koq..

      Delete
  17. Bang bedanya mimpi biasa ama lucid dream apaan yak.
    Soalnya dari kemarin udh coba mau lucid dream tapi pas di dalam mimpinya ane ga bisa ngendaliin apa2 tapi ciri2nya sama bang, kayak ane pas terlalu seneng dpt pacar cantik gitu :v langsung kebangun dan setiap bangun ane ngerasain cape yg luar biasa.
    Yg terakhir bang btw itu lucid dream bisa kita lanjutin ga? Dari mimpi sebelumnya yg udh kita buat.

    ReplyDelete
  18. bedanya ya kita bisa berbuat sesuka hati di dalam mimpi itu.
    Mungkin ente kurang latihan fokus dan konsentrasi makannya gampang keluar dari mimpi.
    Kalo udah sering dan terbiasa iya bisa dilanjutin, ane sendiri sering kok, kalo tiba-tiba kebangun, pas ngelanjutin tidur karena penasaran ya ngelanjutin mimpi yang sebelumnya. Tapi, ini di waktu yang berdekatan ya. kalo beda waktu misalnya mimpinya malem terus dilanjut siang kemungkinan kecil bisa ngelanjutin. Selain itu orang yang bisa lucid dream bisa nginget mimpinya lebih lama dan lebih detail makanya bisa ngelanjut.

    makasih sudah berkunjung

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kalau udh ahli..saya biasany ngelanjutin tp merubah konsepnya harus pelan2..

      Delete
  19. Kalau kita lagi di lucid dream trus ada yang ngebangunin,kita bakalan bangun gak bang? Atau bakalan terasa gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bakalan terasa kok kalo ada yang manggil keras atau ngegoyangin badan, justru lebih gampang buat ngebangunin

      Delete
  20. Klo akbagun karena denger suara berisik padahal waktu itu k lg d RS lagi bagi tugas sama dokter. Ak pamitan sama dokternya trus ak bangun.

    ReplyDelete
  21. Hyde mau nanya nih,apa benar klo LD itu nyata bgt kaya didunia nyata rasanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar. salah satu contoh, kebanyakan mimpi biasanya berwarna hitam putih dan agak samar, di dalam lucid dream bisa menjadi lebih jelas

      Delete
  22. Disini gw cmn jelasin kalo sleep paralysis itu gk berbaya sama skli,dn knpa kt ngalamin sleep paralysis saat lucid dream itu krna mengalami sleep paralysis adalah salah satu teknik untuk melakukan LD teknik itu dinamakan dngn WILD(Wake Initiated Lucid Dreaming) adalah keadaan LD yg disengaja dngn kata lain keinginan kt untuk sengaja msk ke dlm dunia LD dngn menjaga kesadaran kt sejak akan memulai tdr,intinya kt akan gk tdr smpe melewati fase REM,tpi tubuh kt ttp akn tertidur.Tata caranya sma kaya yg Hyde lakuin yaitu relaks dn konsentrasi,jaga pikiran agar tetap tersadar dn visuallisasikan hal yg gk buat pikiran tegang sprti gradasi warna atau mnghitung domba,klo pikiran tegang tbuh gk akn mau tidur,slnjutnya kt akn msk ke fase sprti mndengar suara² keras,sulit brnapas,snsasi jatuh dn berputar²,fase ini yg dinmakn dngn Sleep Paralysis.Disini kt gk boleh takut dn panik,pokonya ttp relaks aja,setelah kt melewati Sleep Paralysis kt akn msk ke fase dimna kt akn merasakan sensasi seperti brada di ruangan atau trowongan yg gelap gulita,dn skrng lo brhasil msk ke dlm dunia LD.Jdi mengalami Sleep Paralysis bkn brrti kt gagal melakukan LD tpi Sleep Paralysis itu adalah gerbang menuju ke dunia LD.Intinya ttp relaks dn usahakan supaya gk trtidur.Maaf ya Hyde komennya kepanjngn tpi gw cmn mau jlsin aja biar Lucid Dreamer pemula gk salah paham aja:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berkunjung dan mau membantu untuk menjelaskan. Hahaha gapapa kepanjangan, namanya juga saling berbagi informasi.

      Delete
    2. ya bner, awal lucid dream adalah sleep paralysis, dilanjut masuk ke ruangan gelap trus biasanya ada ruangan wrna warni yg bkin puyeng..klo udh lwatin itu smua lu udh ada d lucid dream, cara ceknya liat jam, dimimpi cm ad jarum detik yg berdetak..

      Delete
  23. Saya pribadi blm prnah ngalamin lucid dream,tpi pngen nyoba²,tpi saya mau nanya gmna sih sensasi lucid dream?sama apa bnr didalam dunia LD kt bnr² kaya ngejalanin kehidupan dn smua yg kt rasakan bnr² sgt nyata kaya didunia nyata ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sensasinya seperti mimpi biasa, cuma kita bisa benar-benar merasakan ada di dalam sana dan mengontrol mimpinya. Iya benar, tapi itu tergantung dari mimpi kamu sendiri, kamu mau ikuti alur dari mimpi itu atau kamu mau ngendaliin mimpi itu. Kalau mengikuti alur mimpi semua kejadian di dalam mimpi bisa kamu ubah melalui pilihan itu artinya kamu bisa menjalani kehidupan sendiri di sini. Kalau kamu lebih memilih untuk ngendaliin, semua latar, kejadian, apapun itu semua bisa kamu ubah, ini bisa untuk berelaksasi sekaligus berpetualang ke tempat-tempat yang kamu tahu tetapi belum pernah kamu injak sebelumnya

      Delete
    2. sebenernya lucid dream mnurut saya agak menakutkan sih ya awal prosesnya tp saat mimpi terjadi kesannya biasa aja sih..dan klo terlalu konsen utk merubah konsep mimpi malah jdi cape pas bangunnya...

      Delete
  24. Kak aku pengen banget buat mencoba jadi lucid dream,tapi aku takut kalau nanti kenapa napa

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga perlu takut, lucid dream itu sebenernya juga sama kayak mimpi biasa. Yang saya bahas di sini karena sudah terlalu sering lucid dream. kalau untuk sekali/2x ngga akan mempengaruhi apa-apa

      Delete
  25. Hay kak,untuk pertama kalinya aku ngalamin LD,dan itu juga pertama tau cara nya dr blog ini langsung dipraktekin langsung bisa,apa karna imajinasiku yg tinggi ya kak,cuma gini kak,pengin ketemu cowo ini tp yg dateng cwo itu,itu gmn kak bisa sampe kaya gitu,hehe makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama, selamat kamu bisa ngegunain LD dari artikel ini, dan terima kasih sudah berkunjung.
      Kedua, kejadian di dalam mimpi itu masih bisa bersifat random/acak. Meskipun kamu bisa ngendaliin mimpinya tapi tetap akan ada kejadian-kejadian yang akan secara tiba-tiba muncul. Jadi, yah bisa jadi yang muncul itu karena sesuatu, misal kamu sebenernya masih mikirin dia atau orang itu mau ketemu sama kamu. Karena, biasanya orang yang muncul di mimpi kamu pertanda kalau dia mau bertemu (dari apa yang pernah saya baca), begitu

      Delete
  26. Halo guys, bagi kalian yang mau mencoba LD itu sangat gampang, point point penting buat LD yaitu bisa tenangin hati pas tidur, jadi saat tidur lepasin semua beban yang dipikiran lalu atur pernafasan secara bertahan, mungkin bagi kalian ada sebagian yang mengalami sleep paralysis itu agak sedikit wajar untuk yang baru, tapi kalau kita relax kita bisa menghadapinya, jujur saya pun sebenernya sudah sering LD hampir setiap hari tapi saya tidak pernah mengalami sleep paralysis, jadi bisa mengikuti alur dan saya selalu aman dalam mimpi itu, karena sebetulnya LD ini sendiri juga ada sebuah pesan yang tersirat tentang hidup di dunia nyata. Dan saya pun juga ada pernah ngeliat kejadian langsung tentang pembunuhan teroris secara langsung dan ada anak kecil yang ketakutan setelah si ortu di bunuh, kemudian saya melihat setelah teroris atau si pembunuh itu pergi, saya mencoba masuk ke dalam ruangan seperti ruangan tamu lalu saya mendekati anak kecil itu dan anak kecil ini memberikan sebuah pesan dalam bahasa mandarin lalu setelah itu berpelukan dan dia panik mungkin karena sudah gak kuat lalu dia pergi dan menghembuskan nafas terakhir di pundak saya. Setelah itu langsung terbangun. Jadi begitulah sebuah cerita di LD yang saya alami, sekian dan terima kasih 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pesan yang sangat membantu. Terima kasih saudara David Ananda sudah berkunjung dan juga berbagi cerita yang menarik tentang LD-mu

      Delete
  27. gua kebangun dari mimpi dimimpi sampe 3x sob mimpi pertama kedua ortu gua lagi nyantai di pinggir sungai tiba tiba banjir dong sampe stunami dateng sblm ombak stunami itu ngantem gua, gua ngeluarin emosi untuk bangun dari mimpi itu sob dan gua bangun di tempat tidur gua mirip banget dikamar gua sob bener bener kaya udah bangun dari mimpi sob, dan gua cerita tentang mimpi itu ke kedua ortu gua bla bla bla dan tbtb ada uang koin jatoh di tengah cerita mimpi itu dan akhirnya gua kebangun lagi sob di kamar gua... yaaa aneh sih soalnya gua blom pernah ngalamin. dan seketika nyokap gua dateng ke kamar gua dia nangis ke gua dan kabur dari rumah sambil nangis dan gua kejar nyokap gua sambil debat apa gua juga gatau lupa wkwk, tiba tiba gua langsung mikir 'oh iya sebelumnya gua mimpi terus bisa ngendaliin ini gua punya mimpi' dan gua coba untuk bangun dari mimpi tersebut.. pas bangun yg gua pikirin ini pasti masih mimpi gataunya apa sob gua gbs bangun sob kaya di rep rep gitu sob buat gerakin tubuh itu susah kaya mati rasa yg gua bisa gerakin cuma ngeliat pake mata. akhirnya gua coba untuk nenangin pikiran sm emosi gua coba untuk tidur lagi agar bisa mimpi lagi dan disitu gua sempet mikir ' ah mimpi mulu bosen udah gitu mimpinya buruk mulu lagi' seketika langsung gua keluarin semua tenaga untuk bangun dan gerak, dan akhirnya gua bangun dari tidur terus bengong sambil mikir 'kok mimpinya beda ya setan' itu sob yg gua alamin skrng ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren mimpi lo. Gue ga bisa berkata-kata XD

      Terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  28. Gue ngerasain sleep paralysis cuma kayak getaran doang gak ngerasa kenapa napa

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya setelah gue ngerasain sleep paralysis yang gue ceritain ini, gue jadi sering kayak gini, tapi rasa takut gue tetep aja ada.


      btw, makasih sudah berkunjung

      Delete
  29. Bang Hyde, saya sedang tahap belajar LD nih, tapi ko sering malah ketiduran ya wkwk. Adakah tips nya supaya cepet bisa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru buat ngelakuin LD awal-awal itu harus terjaga. Maksudnya kamu mau ngelakuin LD dan tidur meskipun kamu lagi ngga ngantuk atau ngga terlalu ngantuk, supaya kamu masih bisa buat ngendaliin pikiran kamu.

      tips supaya cepet bisa, jangan terlalu dipaksa, lakuin kalo kamu lagi mau ngelakuin itu dan niat.

      Delete
  30. Bertanya bang Hyde, biasanya jarak dari kita rileks pejamkan mata atur napas hingga ke terlelap dan mulai masuk ke tahap2 berikutnya itu... Berapa lama yaa jaraknya kira2 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin sekitar 5-10 menit, sampe bener-bener tenang. Tapi sebenernya sih ngga ada jarak tertentu, karena sampe kita bener-bener udah siap buat LD (bukan buat tidur ya), dan tiap orang pasti beda-beda. Dan ngga keganggu dengan apapun saat prosesnya (suara, getaran, suhu)

      Delete
  31. wahhh bg hyde ny emg semangat buat web...bertahun tahun di reply mulu komennya wkwk salut bat gw...btw gw blum pernah alamin LD.jadi,gw pengen nanya nanya pengalaman sama lu bg..soalnya gw agak tkut dengan kegelapan jga sih.klo utk niat lakuin LD ada sih...tpi pengen lebih deket ama Lucide dreamer...jdi ad sosmed nya ga?biar gw bisa lebih deket/akrab lgi sama lu...jdi bisa lebih cepet nanya ini itu nya😁.so klo mau wa gw ini 082387290013 bg...tpi klo mau gw sv wa nya di bwah aj gpp...klo ga ad wa kita bisa komunikasi pewat fb,ig atau sebagai nya lah😅😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, iya emang tujuan awalnya emang pengen berbagi, dan seneng aja itu buat dengerin cerita dari orang lain.

      kalo ig ada @hydarnus cuma jarang upload hehe sama twitter @agakmateng
      no wa 089619958430

      Delete
  32. Bang , apa LD itu bisa bikin pusing banget ya bang dan rasanya lemes banget seharian gitu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin tergantung gimana cara lu bangun, apakah saat mimpi langsung bangun/dipaksa bangun, atau bangun dengan perlahan.

      Kalo dari pengalaman gue sendiri iya bisa bikin lemes, tapi beberapa artikel mengatakan ini sama sekali ga ada pengruhnya, dan bisa jadi karena kurang tidur. Tapi, karena gue tidurnya seperti biasa tetep aja ngerasa lemes, ya walaupun ga lemes-lemes banget dan ga seharian.

      Delete
    2. Kalo yang dimaksud pusing karena mikirin bedanya di dalam mimpi dan di dunia nyata, misal lu mimpi tentang besok hari dan besoknya lu mikir ini kayak pernah kejadian dan lu jadi bingung ini hari apa, ya itu emang bikin pusing

      Delete
  33. bang, apa bener kalo lgi ngalamin lucid dream tubuh kita ga bernafas? artikel sebelah blgnya gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin maksudnya susah bergerak? Atau mungkin yang dimaksud sleep paralysis? karena salah satu proses untuk mencapai lucid dream itu melewati sleep paralysis dan saat itu seluruh tubuh akan lumpuh smentara dan ini menyebabkan sulit bernafas juga.

      Delete
    2. Hey aku mau tanya, setelah ngerasain sleep paralysis harus gimana lagi ya? Berapa lama sih dari sleep paralysis sampai masuk ke mimpinya? Tadi aku coba dan sampai ke sleep paralysis tapi setelah itu bingung mau gimana lagi. Dijawab ya😊

      Delete
    3. kalo gue pernah baca sekitar 1 menit. karena kalo udah sampe sleep paralysis nanti kamu bakal merasa seperti ditarik ke dalam ruang hampa, dari situ kamu udah bisa merasakan Ld dan mencoba untuk menciptakan sesuatu dari imajinasi kamu

      karena gue ga lewat tahap sleep paralysis jadi agak sulit buat jelasin

      Delete
  34. Cara bangun dari LD ke dunia nyata gimana kak?

    ReplyDelete
  35. Tadi gua ngalamin sleep parlysis
    Prasaan gua tuh kek jatuh dri gedung tinggi tp gelap

    Yaahhh krena gua tkut yak
    Panik juga
    Badan dan hati jg udah nge-fly bnget

    Akhirny gua teriak
    *Teriak tpi mulutny ketutup*

    Jdiny gua d bangunin ama kakak gua :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha. kakaknya gimana tuh, apa ngeliat lu?

      Delete
  36. Kak aku pernah mimpi lagi jalan² di harvard nah dimimpi itu aku sadar kalo lagi mimpi dan ingat beberapa ttg kenyataan didunia nyata waktu dimimpi, yang aku bingung itu LD apa sleep parlysis ? Kira² menurut kakak itu apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo menurut gue itu LD, karena udah berada di dalam mimpi

      Delete
  37. Gw nyoba Lucid dream itu ga perlu waktu lama cuman sekali tapi langsung bisa dan gw nyeselnya sebelum tidur jendela kamar gw ga gw tutup karna habis ngerokok nah karna jendela ga ketutup jadi banyak nyamuk masuk dan buat Lucid dream gw selesai dan sensasi yang gw rasain itu biasa aja pas sampe di sleep paralysis setelah berapa menit gw berhasil masuk Lucid dream dan gw bisa ngelakuin semua yang gw mau,tapi karna nyamuk gw jadi bangun,gw tidur cuman 30 menit tapi berasa tidur 1 harian,tapi yang gaenak itu otak gw,rasanya capek banget ini otak.
    Pengalaman gw sih itu aja

    ReplyDelete
  38. Kak saya pernah mencoba LD itu juga pertama kalinya, nah saat itu aku mikirin hal yang aku pengen lakuin di LD lalu saya mengalami sleep paralysis dan
    anehnya saya bisa menggerakkan seluruh kaki saya dan saat itu juga saya membuka mata saya dan saya merasakan itu sangat sangat nyata, aku pun takut nah saat aku mengalami sleep paralysis di sampingku ada kakak ku lalu aku menendang kakakku tapi dia nggk bangun2, tiba tiba saya bangun dari tidur.

    Itu saya harus gimana ya kak waktu itu saya sangat takut karna kata orangtuaku slep paralysis kalau dijawa menyebutnya ketindihan, ketindihan sosok astral. Tolong kasih saran ya kak soalnya saya masih pengen melakukan LD tapi saya masih takut dengan sleep paralysis itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa kakakmu bener-bener tidur di samping kamu?

      sleep paralysis itu salah satu cara dan tahap menuju lucid dream. Kalo mau coba lagi dan mengalami sleep paralysis coba buat tenang, emang menakutkan tapi sebenernya itu juga cuma khayalan kamu. Setelah melewati sleep paralysis nanti kamu mungkin akan ngerasa ketarik ke ruang gelap, dari situ kamu udah mulai masuk ke lucid dreamnya dan mulai bisa berimajinasi semau kamu

      Delete
  39. Kak aku mau minta no kakak boleh ngak agar aku bisa tanya lebih dalam soal lucid dream

    ReplyDelete
  40. Gw baru pertama kali ngalamin LD. Kemarin kejadiannya, 3/5/2020. Tingkat 2, mungkin. Gw mimpi lagi pegang karung isi mayat yg udh dikafani. Gw ga suka dgn mimpi itu n gw 'bangun'. Pas gw 'bangun', ternyata gw masih berada di dalam mimpi, bukan alam nyata. Di mimpi tingkat 1 itu gw bener² sadar penuh. Gw bisa liat tangan gw sendiri lg pegang seprei guling, n gw bilang "oh ternyata gw lagi mimpi tadi". Selang ±2 detik kemudian gw baru bener² bangun, berada di alam nyata. Tapi bukan bangun secara fisik. Lebih ke bangun kesadaran/pikiran. Krn fisik gw masih tidur, tapi gw merasa kek bisa 'liat' fisik gw yg lagi tidur ngorok. Sulit dijelasin pokoknya, gw masih bingung makanya nyari tau n ketemu artikel ini. N jujur aja di artikel ini penjelasan agannya masih kurang ngebantu gw utk memahami lebih jauh lg. Btw waktu kecil sekitar umur 5-7 tahun gw sering bgt alamin SP. N gw baru inget dgn pengalaman masa kecil gw kek melayang di atas tubuh gw, n gw liat fisik gw yg sedang tidur pulas. Gw ngerasa takjub, n kek gerakan berenang gw deketin fisik gw itu. Habis itu gw ga inget apa² lg. Krn ya itu, gw masih kecil. Ga paham apa pun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah berbagi pengalamannya

      Delete
    2. Wahhh Mending bro w ketika sadar Lagi mimpi langsung kebangun Langsung Bisa Liat Mahluk Aneh didepan gw Tapi Pas Di blolototin ilang

      Delete
  41. Bang saya mau belajar ld tapi saya dulu pernah ngalaminsadar dalam mimpi waktu itu di karnaval mimpinya trus melekin mata susah apakah itu ld bang mohon di jawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya melekin itu melek bangun apa pas lagi mimpi? tergantung apa di mimpi itu kamu melakukan sesuatu sesuai keinginan atau bukan, kalau iya berarti itu ld

      Delete
  42. Kak,mo nanya nih ,ak gak berniat ld tp ak mnglami pd d mimpi saya,saya bner2 sadar saat mimpi ,bahkan saya bisa bertanya pada diri saya sendiriinikan saya lagi mimpi dan saya cubit lengan sendiri dan tidak sakit sama skli,waktu itu saya ingin terbang ,saat badan ini mulai terangkat tiba2 terbangun dengan keadaan tangan saya teranhkat dan terjatuh di kasur,padahal saya masih ingin menikmati ld kala itu,dan saya ingin mengulanginya lagi,prtanyaan saya,knapa saya mngalami ld bgitu singkat bang? Mohon d balas ya malasih ☺🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu Kenapa LD butuh pelatihan pernapasan Dan konsentrasi. Pas lagi LD pasti cenderung akan ada excitement atau rasa gembira yang berlebihan, ini bikin pernapasan pada saat kita tidur jadi ngga teratur Dan itu berpengaruh ke detak jantung. Kalo konsentrasi kita tinggi kita bisa Fokus berada di dalam mimpi Dan ngga terjadi excitement yang berlebihan

      Delete
    2. kalopun ngga ada excitement yang tinggi Dan terjadi Ld tiba-tiba ada kemungkinan masih ada sedikit denial atau penolakan dari alam bawah sadar

      Delete
  43. Aku sering sleep paralysis tiba-tiba. Karena sering ngeliat yg ghaib sampe sampe aku diruqyah berkali-kali karena takut. Terus tetap terulang akhirnya tiap sleep paralysis lagi aku gk bilang keortu lagi. Nah sekarang aku mimpi tapi dimimpi itu aku sadar aku bermimpi, aku bangun capek kali karena kubangun paksa. Kata adekku itu lucid dream. Jadi aku search Google emang gitu faktanya. Padahal aku gk pernah mencoba beginian tapi entah kenapa aku sleep paralysis terus. Itu terjadi saat 8 tahun lalu saat aku masih SD.

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang belom banyak yang tau kalo sleep paralysis berkaitan sama lucid dream. Apalagi orang tua yang lebih percaya ke hal mistis

      Delete
  44. Aku sering kak,berasa lama tpi cma 3 jam,seruu bgt aku suka,tp suka cape gtu pas bngun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, terima kasih sudah berkunjung.

      Haha, iya kan seru? yah, kalo bisa sih dikontrol kalo udah cape

      Delete
  45. Admin
    Ikut mau crita 🙏🏻
    Aku udh hatam banget ngerasain LD dan sleep paralysis
    Klo boleh jujur sleep paralysis emg nakutin banget karena suka ngeliat yang aneh2 klo kita mikir negatif
    Yang aku mau ceritain gak semua LD itu indah
    Aku pernah LD dan seneng banget bisa jalan2 di alam mimpi dan ngeliat apa yang aku mau tapi karena aku sadar itu LD aku pengen banget bangun karena tiba-tiba ada rasa takut kejebak gitu min
    Berasa lama banget di dlm LD untuk nyari cara untuk bangun
    Sampe nabok diri sendiri, gigit lidah dan lompat juga pernah
    Gimna yaa caranya bangun dari LD? Klo sleep paralysis kan caranya coba gerakin 2 jari tangan atau kaki untuk bangun
    Masalah nya klo LD kita bner2 masuk dlm alam mimpi 😭 susah buat bangun klo emg blom waktunya bangun

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmmm, nggatau sih ini bakal bekerja atau ngga, gue sering bangun dari LD karena degdegan, jadi mungkin bisa dicoba dengan berlari-lari di dalam mimpi atau apapun yang memicu detak jantung lebih cepet

      Delete
  46. Bang gw permah ketindihan, gw langsung buka mata emang ada sosol gede banget nindihin gw.. gw dorong sosok itu, dia ilang, tapi yang jadi ngeri, gw berbentuk arwah bang gw bisa liat diri gw yang asli lagi tidur. Gw pandangin setiap sudut banyak sosok gaa jelas, disitu gw nangis, terus bersyukur gw bisa bangun. Itu LD atau apaan bang ko pada serem sih?? Gw seminggu bisa 3x ketindihan bang, makanya gamau buka mata atau rilex.. pasti gw lawan dari pada harus kaya dulu lagi, gw juga pernah coba rilex gabuka mata tapi malah gelap gulita terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu bisa disebut astral projection. Kalo ga dilawan dan gelap gulita itu emang lagi proses menuju lucid dream, atau sebenernya udah di lucid dream

      Delete
  47. Gw termasuk sering ngalamin lucid dream dan mimpi dalam mimpi. Alhamdulillah nya gw gk pernah sleep paralysis. Dalam lucid dream juga, gw buat percobaan... Apakah orang yang ditampar dalam mimpi benar gk sakit? Ternyata tetep sakit. Tapi udah beberapa bulan ini gw ngalamin kek yg lu alamin. Gw ragu apakah dunia yg gw jalanin ini bukan mimpi... Ini bahaya gak sih? Atau wajar karena kita sering ngalamin lucid dream? Cara hilangin rasa ragu ini gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dari segi mental mungkin bakal bahaya, tapi tergantung juga apa bisa ngendaliin itu atau ngga? Karena bisa jadi kayak gue yang nyoba buat itu.

      Delete
  48. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  49. Hi kak hyde, aku mau tanya kadang aku suka tidur tapi pikiran aku masih setengah terjaga jadi dintara tidur dan ga tidur terkadang aku masih bisa denger suara orang orang tapi aku ga mimpi, itu termasuk LD bkn y? Oh ya aku punya insomnia kronis karna anxiety kira kira itu di saran kan boleh coba LD atau tdk ya kak? XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi juga, gue juga sering kok gitu, cuma itu bukan LD, mungkin bisa dibilang power nap.

      banyak kok yang gunain LD buat ngilangin trauma dsb. Tapi, takutnya saat masuk tahap sleep paralysis makin parah. Ya, semoga sih bisa tanpa lewat tahap sleep paralysis, tapi kalo bisa ngelawan sleep paralysisnya, lebih bagus. mau coba?

      Delete
  50. Halo ka haide 👋
    lala cerita sedikit ya sama kk
    jadi gini ni waktu lala Ld
    pertama kali, nah udah pasti
    lala kena sama yg namanya
    sleep paralysis
    •tapi sebelum
    kejadian sleep paralysis
    Lala ngedenger ada suara
    om" lagi ngobrol sama
    anak remaja seumuran lala
    :15 thn
    (Keadaan kamar gelap)
    mereka ngomong pake
    bahasa asing kayaknya Inggris
    ada kata yang Lala pahamin
    soalnya, gini kata om om nya
    "Istirahat kan dirimu sejenak anak kecil"
    padahal pas itu posisi Lala
    lagi bengong sambil dengerin
    percakapan mereka berdua
    galama Lala tidur terjadilah
    sleep paralysis•
    /kejadian nya sama kayak kk
    habis itu pas paginya Lala tidur
    dengan nyenyak terjadilah Ld

    jadi kesimpulannya
    kejadian Lala itu emang umum
    atau engga ?
    masih kepikiran soalnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi lala, makasih ya udah berkunjung Dan berbagi cerita pengalamannya

      maksud lala, rumah lagi sepi? kalo iya, ngedenger suara-suara gitu emang ada, Hyde juga ngalamin kok, tapi Hyde ga tau persis itu apa, jadi mungkin ada yang lebih paham soal itu

      Delete
  51. terimakasih infonya, bakalan aku coba tuh tipsnya supaya LD hehe
    https://bit.ly/3jmKRWK

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Final Fantasy XII cara mendapatkan Item Weapon, Armor, Aksesoris Terkuat (termasuk versi Zodiac Age/IZJS)

Banyak variasi item weapon, armor dan aksesoris di dalam Final Fantasy dan yang menjadi pembahasan di sini adalah Final Fantasy XII. Tentu untuk mendapatkan beberapa item membutuhkan waktu dan mungkin hanya bisa didapatkan di penghujung permainan. Item-item ini biasanya memiliki stats dan efek yang sangat luar biasa, sepadan dengan jalannya permainan. Tpi, tentunya tidak akan mudah untuk mendapatkannya. Berikut beberapa item terkuat di Final Fantasy XII, termasuk versi Zodiac Age atau International Zodiac Job System. -WEAPON 1. Sword (1H)      Dalam Final Fantasy XII sword terkuat yaitu Deathbringer, Stoneblade dan Durandal dalam versi Zodiac Age yang terkuat yaitu Great Trango atau dalam versi IZJS disebut Trango Tower. Deathbringer merupakan pedang atau sword (1H) yang memiliki efek death.  Cara mendapatkan Deathbringer: - Mencuri atau steal dari monster rare bernama Ithuno di Barheim Passage.  - Dijual di Balfonheim Port seharga 16.000G.      Cara Mendapatkan Stoneblad

FINAL FANTASY XII - Rahasia dan Bagaimana Cara Mendapatkannya

Kali ini gue bakal bahas tentang game favorit gue yap, mario bros. hehe, ngga lah  gue bukan clickbaiters seperti yang disajikan pada judul topik di atas, Final Fantasy XII atau 12 (dua belas), baik di seri biasa maupun seri zodiac age/Internationa Zodiac Job System (di jepang). So, apa yang menarik dari game ini? Jujur aja sih, ini game open world pertama gue dan konsep yang beda dari seri Final Fantasy sebelumnya yang kalo ketemu musuh ada transisi ke mode battle, di sini mode battle itu dihilangkan dan player langsung bisa berhadapan dengan musuh. Ngga cuma itu yang menarik, ternyata ada banyak rahasia di dalam game ini, berikut beberapa di antaranya, check it out guys. 1. Zodiac Spear Senjata tipe Spear ini adalah yang terkuat dalam game ini. Di dalam versi original (OG), cara untuk mendapatkan senjata ini adalah dengan menghindari beberapa hal, yaitu JANGAN membuka peti-peti berikut: 1) Peti di Lowtown, dekat Dalan's palace 2) Peti sebelum mendapatkan

Monster Rancher 2 Gameshark Codes Cheat Training Stats 100% Working PS1/PSX

 This is my monster rancher 2 gameshark I often use. #golden peach on item slot 19 (must have max lvl house) 80099284 001A #training stats Boost (+99) note (1) 800DA098 0063 800DA09A 24A5 #Mint leaf on item slot 20 (must have max lvl house) 80099288 0012 #Worse Nature (for unlocking certain technique) 30097A59 00A4 # Max lif 80097A20 03E7 # Max Pow 80097A22 03E7 # Max Int 80097A24 03E7 # Max Spd 80097A28 03E7 # Max Def 80097A2A 03E7 #GUTS (R2) D00938AE 0002 801FFCFC 00FF # Never tired 30097A37 0000 #Max skill 80097A26 03E7 #Max Funds 80098FBC E0FF 80098FBE 05F5 #All Monster Cards 5000CC02 0000 8009908C 0101 #Full Zooming In View Mode D001C3CC 2821 8001C3D0 0000 D001C3CC 2821 8001C3D2 0000 #Max Monster Health (In-Battle) 801FFCDC 03E7 #100% Loyalty & 'Even' Status 80097A3C 00F3 #Wild Monster Life Drain (Press L2) D00938AE 0001 801FFC74 0000 #Unlock All CD's 50002601 0000 30099386 0001   #Activation Code For All Techniq