Skip to main content

Kenapa Lucid Dream "BERBAHAYA"?

Final Fantasy XII - Cara Mencari Summon Esper Tersembunyi dan Strategi Pertarungan

Note: jika ada teks yang terpotong, geser teks untuk versi mobile
1. Adrammelech
Adrammelech adalah salah satu esper di dalam game ini dengan elemen petir/thunder. Esper rahasia yang satu ini bisa dibilang yang paling lemah dibanding esper lainnya dan hanya menghabiskan 1 bar mist atau MP. Tapi, esper ini cukup berguna untuk beberapa quest-quest hunt awal rank II-IV. Kita bisa mengakses jalan menuju esper ini setelah kita sudah mengalahkan esper Belias di Zertinan Cavern. Cara cepat untuk menuju tempat esper ini adalah dengan melalui Dalmasca Westersand dan langsung menuju Zertinan Cavern.

Adrammelech berada di tempat di mana minimap akan menjadi kacau atau terlihat seperti error. Sebelum bertarung melawan esper ini ada baiknya mempersiapkan diri terlebih dulu. Disarankan level kita sudah mencapai 30-45 karena Adrammelech sendiri juga memiliki level berkisar 30an, selain itu lebih baik kita sudah bisa summon esper Mateus yang bisa didapatkan dari jalan cerita, mengapa? Karena Adrammelech memiliki vulnerability terhadap elemen es/blizzard dan Mateus punya elemen tersebut.

Disarankan untuk membawa phoenix, remedy dan potion yang cukup banyak, karena Adrammelech tidak sendirian. Di area itu juga ada monster zombie yang memiliki level berkisar 30-40an jadi akan cukup mengganggu jalannya pertarungan. Oh, Adrammelech adalah espser tipe terbang/flying jadi jangan coba-coba untuk melawannya menggunakan senjata melee/senjata jarak dekat karena akan selalu miss. Lalu, jangan lupa untuk membuka license remedy 3 atau 2 supaya dapat menyembuhkan beberapa status negatif seperti bleed dsb atau mungkin esuna. Lebih baik lagi kalau kalian sudah membeli magic raise.

2. Zalera
Selanjutnya ada Zalera. Zalera bersemayam di Barheim Passage, sama seperti Adrammelech esper ini hanya bisa ditemukan setelah mengalahkan Belias. Selain itu Zalera hanya bisa diakses setelah melakukan beberapa event berikut event-event yang harus diselesaikan terlebih dulu:
a.) Flowering Cactoid Hunt, setelah mengalahkan Flower Cactoid kembali ke pemilik quest Dantro untuk berbicara kepadanya setelah itu pergi menuju di mana istri Dantro berada yaitu di South Bank Village. Setelah berbicara kepada istri Dantro bicaralah ke Tachigri yang berada di dekat kapal Ferry untuk menuju ke North Bank Village dan carilah pria yang bernama Ruksel dan bicara kepadanya.

b.) Mencari Semclan Shells. Setelah berbicara dengan Ruksel kembalilah ke South Bank Village dan bicara lagi ke istri Dantro, kemudian cek dibelakang rumahnya akan ada sebuah bunga yang tertimbun di tanah.  Sekarang bicara ke istri Dantro lagi, dia akan meminta kita untuk mencari beberapa Semclan Shells yang tersebar di tepi pantai di lokasi yang sama.  Kalau bingung yang mana Semclan Shells lihatlah setitik cahaya yang ada di tepi pantai. Setelah menemukan beberapa kembali ke istri Dantro untuk memberinya Semclan Shells tersebut, kalau kurang ia akan memberitahu kita dan carilah lagi.

c.) Small Phials. Setelah selesai dengan Semclan Shells, selanjutnya istri Dantro meminta beberapa Small Phials yang berada di lokasi suaminya atau Dantro berada. Bicaralah kepada Dantro dan carilah di tumpukkan tumpukkan kotak, small phials berbentuk seperti botol.

d.) Valeblossom Dew. Setelah mendapatkan Small Phials kembali ke istri Dantro dan berikan kepadanya. Setelah itu ia akan meminta beberapa Valeblossom Dew yang bisa didapatkan di Broken Sands, sebelah utara North Bank Village. Carilah pohon yang mirip pohon sakura di area tersebut, berjalan didekat pohon-pohon itu sampai muncul tanda seru. Carilah samapi sekiranya dapat dua/tiga Valeblossom Dew, setelah itu berikan ke istri Dantro. Istri Dantro kemudian akan meminta Great Serpentskin, kalaupun kita tidak punya tidak menjadi masalah. Keluarlah dari area itu kemudian kembali lagi dan bicara ke istri Dantro setelah itu pergi ke belakang rumahnya dan bicara ke “Traveler” untuk mendapatkan Barheim Passage Key. Traveler ini akan muncul secara random bisa seorang Bangaa, moogle atau manusia.

Setelah mendapatkan Key itu, kita bisa mengakses kembali Barheim passage melalui pintu yang bisa dibuka menggunakan key tersebut. Setelah masuk ke Barhei passage kembalilah ke titik di mana Basch mendapatkan pedang atau save crystal biru pada saat pertama kali masuk ke area ini. Di sana akan ada save crystal baru berwarna orange (teleport crystal), save-lah terlebih dulu sebelum memasuki area menuju Zalera, karena akan ada banyak monster yang akan muncul secara random. Untuk melihat jalan menuju Zalera bisa dilihat di sini Zalera berada di terminus no.7.

Persiapan untuk melawan Zalera hampir sama dengan Adrammelech. Minimal level kalian sudah mencapai 40-an dan sudah bisa menggunakan Raise dan Curaga. Melawan Zalera tidaklah sulit hanya saja akan ada batas waktu selama 5 menit untuk membunuhnya lewat dari batas waktu tersebut kalian akan keluar dari area tersebut. Siapkan phoenix down dan remedy yang cukup banyak karena Zalera memiliki skill tingkatan seperti "Level 2 Sleep", "Level 3 Disable", "Level 4 Break", "Level 5 Reverse", dan "Prime Level Death". Cara kerja skill ini yaitu setiap kelipatan level yang tercantum maka kita akan seratus persen terkena status tersebut misal kalian berada di level 42 maka kalian akan terkena sleep tapi tidak akan terkena atau miss break-nya. Usahakan jangan sampai berada di level berkelipatan 3 karena disable tidak bisa dihilangkan dengan remedy dan akan mengganggu pertarungan. Selain itu jangan gunakan senjata berelemen selain cahaya karena akan selalu IMMUNE. Kalian juga bisa melakukan trik menggunakan sihir cahaya seperti cure, cura dan lainnya ke Zalera, itu tidak akan menambahkan darah ke Zalera tetapi justru mengurangi. Di area pertarungan Zalera akan ada musuh Undead, bunuhlah mereka terlebih dulu karena akan cukup mengganggu pertarungan. Semoga beruntung mengalahkan Zalera!

3. Cuchulainn/Queklain
Esper yang satu ini bersemayam di lowtown kota Rabanastre. Untuk menemukan Queklain kalian harus menyelesaikan Hunt “Wraith” dan “White Mousse”. Kalau kalian sudah menyelesaikan Hunt tersebut kalian pasti mendapatkan Sluice Gate Key. Setelah itu pergilah ke Garamsythe Waterway melalui Lowtown Rabanatre. Pergilah ke area setengah lingkaran (cek di sini) di sana ada benda berbentuk batu yang di atasnya ada bola. Untuk mengotak-atik atau buka-tutup batu ini kalian butuh Sluice gate key karena itulah kalian harus menyelesaikan Hunt tersebut. Berikut langkah-langkah untuk menuju tempat Queklain:
1. Aktifkan nomer 10 dan nomer 3 (Bila bola bercahaya berarti sudah tertutup)
2. Pergi ke area barat daya atau arah jam 7
3. Aktifkan kontrol nomer 1 yang ada di ujung.
4. Kembali dan buka nomer 3 dan 10, tutup nomer 4 dan 11
5. Pergi ke arah tenggara atau arah jam 5
6. Aktifkan kontrol nomer 1 yang ada di ujung.
7. Kembali dan buka nomer 11 dan tutup nomer 3.

Save game kalian terlebih dulu demi keselamatan, lalu pergilah ke Cloaca No.1 dan kalian akan menemukan Queklain.

Rekomendasi Gambits:
Ally: Any - Raise
Ally: Any - Arise
Ally: HP below 50% - Curaga
Ally: Any - Chronos Tear
Ally: Any - Esuna
Foe: Lowest HP - Attack
Foe: Party leader's target - Attack
Foe: Any – Blizzara

Di area ini HP kalian akan terus terkuras, kalian bisa mengatasinya dengan regen (tidak terlalu direkomendasi) atau sihir penyembuhan tingkat tinggi seperti Curaja. Queklain memiliki level mendekati 60 karena itu direkomendasikan kalian minimal berada di level 55 untuk melawannya. Di area ini kalian tidak hanya berhadapan dengan Queklain karena akan ada Slime (lupa namanya) yang memiliki level berkisar 40-an. Queklain bisa menggunakan sihir Disable, Immobilize dan Toxic. Dan serangannya bisa menimbulkan poison. Dibutuhkan HP yang tinggi dan untuk itu kalian butuh sihir “Bubble” untuk sedikit melancarkan pertarungan. Selamat bertempur dengan Queklain.

4. Exodus/Exdeath
Untuk menemukan Exdeath kalian harus menyelesaikan/melewati Salikawood dengan membenahi/memperbaiki gerbang yang dibuat oleh para Moogle. Kalau sudah, pergilah ke Mosphoran Highwaste ke tempat di mana save crystal orange berada. Di sana carilah shrine untuk diaktifkan. Pertama aktifkan Shrine of the south wind, lalu pergi ke area Rays of ashen light dan kendarai chocobo yang ada di sana menggunakan Ghysal Greens, lalu pergilah ke Empyrean way. Carilah jejak kaki chocobo dan menuju ke arah Sky reach ridge. Turun dari chocobo dan jalan ke arah Babling Valley dan aktifkan shrine of the west wind, pukul batu yang menghadang untuk menuju ke save crystal, save game kalian setelah itu aktifkan  shrine of the northwest wind kembali ke sky reach ridge dan keluar ke arah Empyrean Seat di mana Exodus berada.

Dalam pertarungan melawan Exodus kalian tidak bisa menggunakan item dan untungnya Exodus tidak menggunakan status ailments yang dapat mengganggu pertarungan seperti disable dll. Exodus akan menggunakan reflect ke dirinya sendiri, jadi jangan menggunakan magic serangan saat melawannya. Selain itu, semua damage elemen berkurang hingga 50%. Exodus menggunakan magic Flare dan Scathe yang merupakan magic non-elemen tingkat tinggi. Exodus tidak langsung menggunakan magic itu ke arah kita, tetapi ke dirinya sendiri saat menggunakan reflect. Kok bisa? Karena mekanisme dari game Final Fantasy semua sihir yang terkena reflect akan mengalami kelipatan sebanyak 1,2 sampai 1,5 kali lipat, esper yang jenius. Melawan Exodus tidaklah sulit, pada saat dia sekarat dia akan immune terhadap serangan fisikal untuk mengantisipasinya kalian bisa menunggu sampai habis atau menggunakan aksesoris Opal rings untuk menetralisir reflect dan menyerang dengan menggunkan sihir non-elemen seperti bio atau scourge. Levelnya setara Chuculainn.

5. Zeromus
Kita bisa melawan esper ini setelah mengalahkan Judge Bergan di Mt-Bur-Omisace. Carilah seorang ‘Acolyte’ di wilayah sebelum bertarung dengan Judge Bergan. Di sana ada banyak ‘Acolyte’ bicaralah ke setiap ‘Acolyte’. Sampai ada ‘Acolyte’ yang memberitahu namanya adalah ‘Nu-Mou’. Bicaralah dan ia akan memberikan Stone of the Condemner. Pergilah ke Stilshrine Miriam dan pakai Stone tersebut di waystone untuk menuju ke area rahasia. Kalian akan langsung berhadapan dengan pintu besar dan di sanalah Zeromus berada.

Di sini kalian tidak bisa menggunakan sihir/magic jadi kalian butuh banyak item pemulihan seperti macam-macam potion, remedy dan item pemulih lainnya. Zeromus menggunakan sihir Gravity dan Piercing Gravity yang dapat mengurangi darah kalian, Gravity mengurangi 25% dari max HP dan Piercing mengurangi 50% dari max HP. Selain tiu ia juga bisa menggunakan stop, slowga, hastega dan bio. Kalian tidak sendiri menghadapi Zeromus, beberapa Dark Lords akan muncul secara random untuk mengganggu jalannya pertarungan. Meski kalian tidak bisa menggunkan magic kalian tetap bisa menggunakan quickening dan summon, cukup dirokemendasikan untuk menggunakan quikening di awal pertarungan. Selamat bertempur.

6. Chaos
Merupakan Esper favorit penulis dan merupakan Esper yang paling rumit untuk dicari dan penulis sendiri agak males buat bikin guidenya, hehe. Tapi, demi membantu kalian ya mau bagaimana lagi. Esper ini bisa ditemukan di reruntuhan Necrohol of Nabudis. Tapi sebelum itu kalian harus menyelesaikan Hunt “Wraith”, “White Mousse” dan “Orthros” serta beberapa misi, dan berikut misi yang harus kalian lakukan:

1) Mencari serpihan Fragment
Dull Fragment: Pergilah ke rumah Old Dalan dan di sana ada “sesorang” bernama “Roh Kenmou” bicaralah dan kemudian bicaralah dengan “Deeg” yang meminta hunt “Wraith” dan pergi ke rumahnya dan carilah Dusty letter di atas meja. Sekarang pergi ke waterway control system tempat di mana mengotak-atik untuk menuju queklain. Buka semua kontrol atau matikan kontrol yang menyala. Sekarang kalian harus buka tutup dengan cara berikut:
1. tutup nomer 11 dan 4
2. buka nomer 11
3. tutup nomer 3
4. buka nomer 4

Setelah itu pergi ke area di depan batu nomer tiga (masih di wilayah yang sama) akan ada setitik cahaya dan akan ada trigger “Examine” setelah itu kalian akan mendapatkan Dull Fragment. Kembalilah ke Roh ‘kenmou dan berika Dull Fragment serta Baleckened Fragment yang kalian dapatkan dari salah satu Hunt yang tertera tadi.

Grimy Fragment: Sekarang carilah anak kecil bernama Filo di Lowtown. Ia berkeliaran di area barat daya di South Sprawl. Setelah bicara dengan Filo sekarang pergilah ke air mancur di Southern Plaza, Rabanstre, dan carilah “Curious woman”, bicara padanya. Setelah itu pergilah ke Muthru Bazaar/clan shop dan bicaralah ke setiap merchant yang ada sampai kalian menmenukan petunjuk. Sekarang pergilah ke magick shop. Lihatlah ke sekeliling ruangan untuk menemukan seorang Imperial dan bicara padanya. Setelah itu carilah Kytes di bagian utara Lowtown. Sekarang cari Filo dan bicara padanya. Sekarang kembali ke Imperial tadi dan kalian akan mendapatkan Grimy Fragment. Berikan Grimy Fragment ke Roh ‘kenmou dan dia akan menghilang.

2) Moonsilver Medallion
Kalian akan menemukan Roh ‘kenmou di Magick shop Archades. Bicaralah padanya dan pergilah ke Old Archades dan carilah pria bernama Otto yang berada di salah satu ujung wilayah Alley of Mutated Sighs. Kalian akan mendapatkan Moonsilver Medallion.  Berikan Moonsilver Medallion ke Roh 'kenmou dan pergilah menuju Nabreus Deadlands.


3) Melawan Side Boss
Pergi ke area “The Slumbermead” dan temukan jalan rahasia. Kalau belum tahu lokasi ini kalian bisa 
berjalan di pinggiran area ini dan kalian mungkin akan menemukannya. Pergilah sampai ke ujung area 
dan kalian akan menemukan bangunan kecil. Dekatilah bangunan itu dan kalian akan mendapatkan dua
buah Medallion, The Lusterless Medallion dan The Medallion of Love.
 
Sekarang save game kalian karena kalian akan melawan dua boss terlebih dulu sebelum melawan 
Chaos. Pergilah ke Necrohol of Nabudis dan pergilah ke The Hall of the Ivory Covenant dan temukan 
Door of Loathing untuk melawan Fury. Strategi untuk melawan Fury cukup buat dia berserk dan kalian
bisa menghajar kelinci imut ini sepuas kalian. Tapi saat darahnya sekarat ia akan melakukan kombo 
yang cukup gila selain itu ia juga lincah dan membuat serangan menjadi “miss”.
 
Sekarang pergi ke Cloister of Distant Songs masih di Necrohol dan temukan Door of Horrors dan 
kalian akan melawan Humbaba. Tidak ada yang spesial di sini kalian cukup hajar saja.
 
Setelah kesana kemari dan melalui pertempuran yang tidak berfaedah akhirnya kita bisa melawan 
Chaos setelah mendapatkan Medallion of Might dari pertarungan boss tersebut. Ini digunkan untuk 
membuka gerbang Chaos bersemayam. Pergilah ke Cloister of the Highborn dan buka Door of Despair,
dibalik pintu inilah Chaos sudah menunggu.
 
Melawan Chaos cukup memkan waktu karena kalian tidak bisa menggunkan Command “Attack” atau 
serangan biasa. Untuk mengurangi darahnya kalian harus menggunkan magic atau tekhnik. Magic yang
dirokemendasikan tentunya magic non elemental seperti Shock, Scathe dan Flare untuk tekhnik sangat 
direkomendasikan menggunakan Telekinesis. Chaos akan ditemani dengan “Elemental” dan akan 
menghambat waktu pertarungan. Sangat direkomendasikan kalian sudah mencapai akhir jalan cerita 
karena kaian hanya bisa medapatkan telekinesis saat itu. Karena jika hanya menggunkan magic Chaos 
dapat menggunakan fearga yang akan menurunkan MP kalian hingga 0. Tentu kalian bisa menggunakan
Ether atau elixir untuk memulihkannya. Chaos mempunyai serangan spesial yaitu Aeroja yang 
memiliki elemen angin dan dapat menimbulkan Confuse segeralah sembuhkan karakter yang terkena 
Confuse menggunakan Esuna atau Smelling salts atau Remedy. Selamat berjuang.
 
7. Ultima

(geser teks untuk versi mobile)

Untuk mendapatkan Ultima kalian harus menyelesaikan event jalan cerita di Great Crystal. Untuk menemukan Ultima juga cukup rumit sama seperti Chaos. Kalian harus bolak-balik, jadi harus sedikit berhati-hati supaya nggak tersesat. Ultima merupakan Esper yang cukup sulit untuk dilawan, butuh strategi dan tidak bisa sembarangan “Attack” saja, Level Ultima berkisar 65. Banyak strategi yang dipakai di sini mungkin kalian bisa memakai metode yang akan saya tulis di sini. Saat kalian sudah menyelesaikan event di Great Crystal atau mendekati akhir permainan segeralah cari item-item tingkat tinggi, atau kalian akan cukup kesulitan melawan Esper ini. Nah, jika sudah siap meluncurlah ke Great Crystal dan

ikuti langkah ini, jika kesulitan kalian bisa menggunakan peta yang ada di sini dan untuk

versi zodiac age buka di sini, berikut langkah-langkahnya: 

(geser teks untuk versi mobile)
1. Gunakan waystone IX untuk bertelpotasi ke waystone X
2. Ambil jalan di samping kanan gerbang Sag II atau yang di kiri Sag I
3. Jalan ke zona berikutnya
4. Nyalakan/aktifkan Sag. Alter akan muncul timer
5. Kembali ke area waystone XX di mana ada dua gerbang tadi
6. sentuh gerbang Sag II
7. Jalan sampai menuju waystone XII
8. Gunakan waystone XII untuk berteleportasi ke waystone XIV
9. Belok kanan dan lurus ke jalan itu
10. Aktifkan Leo Alter akan muncul timer
11. Kembali ke waystone XIV (jangan sentuh) dan turun ke jalan yang ada di kanan
12. Jalan terus sampai ada jalan bercabang
13. Ambil jalan yang paling kiri
14. Ambil jalan yang hanya bisa kalian lihat dan sentuh gerbang Leo II
15. Ambil jalan ke kiri atau kanan dan turun hingga ke waystone XV
16. Ambil jalan yang ada di tengah untuk menuju ke Libra Alter
17. Aktifkan Libra Alter akan muncul timer
18. Ambil jalan yang ada di kiri kalian
19. Belok kiri untuk mencapai gerbang Libra II. Sentuh dan jalan lurus
20. Terus lurus sampai ke Capricorn Alter
21. Aktifkan Capricorn Alter akan muncul timer
22. Kembali ke waystone XVI dan ambil jalan di kiri kalian
23. Sentuh gerbang Capricorn I
24. Jalan lurus sampai ke Virgo Alter
25. Aktifkan Virgo Alter akan muncul timer
26. Kembali ke area gerbang Libra II
27. Dari sini berputar 180 derajat akan terlihat gerbang Virgo I
28. Sentuh dan jalan lurus, kemudian ke kiri untuk menuju waystone
29. Gunakan waystone XVII untuk berteleportasi ke waystone XVIII
30. Lurus ke save crystal, save game kalian
31. Dan ambil jalan tengah untuk menuju Ultima.
 
Strategi: Gunakan status efek positif (Bubble, Haste, Regen, Brave, Protect, Shell dll) sebelum menuju 
tempat Ultima. Ultima menyerap elemen cahaya/holy dan lemah terhadap dark serta kebal terhadap 
elemen lainnya. Ia memiliki Blinda, yang bisa memulihkan efek blind, tapi jangan sekali-kali 
menggunakan status efek negatif ke Ultima karena ia akan mengeluakan Reflectga ke karakter kalian, 
kalau itu terjadi cepat-cepatlah gunakan dispel. Dia menggunakan Redemption serangan kuat ke satu 
target dengan elemen cahaya. Ia juga memiliki special attack Holyja, sama seperti Redemption hanya 
saja serangan ini memiliki range dan dapat mengenai semua karakter kalian, serangan ini juga dapat 
menimbulkan Reverse. Ia juga memiliki Great Barrier, yang memberikan efek Protect dan Shell. Yang 
lebih mengganggu adalah ia memiliki efek mengembalikan damage yang dia terima sebesar 5% 
mendekati pertengahan pertarungan. Dia akan menggunakan Curaga atau Renew jika karakter kalian 
terkena Reverse untuk itu segeralah gunakan dispel ke karakter yang terkena Reverse. Ultima 
menggunakan Holyja setiap 12 Attack. Apabila darahnya sudah di bawah 50% ia akan menggunakan 
Holyja setiap 7 Attack.
 
Pertarungan ini dipersulit dengan efek-efek zona yang berganti seiring melemahnya Ultima. Mulai dari 
Sap Zone, Magic Drain Zone, Anti Magic Zone, Anti Technicks Zone, No Item Zone dan Magnetic 
Field Zone, dan akan terus berulang-ulang (urutannya persis yang tertulis di sini).
 
Disarankan untuk menggunakan White Mask, karena armor ini menyerap elemen cahaya yang sering 
digunakan Ultima. Cukup berhati-hati dan terus serang. Semoga beruntung.
 
8. Zodiark
Esper paling kampret yang pernah penulis lawan karena butuh berkali-kali percobaan. Esper ke 13 ini 
berada di Henne Mines. Untuk memulai mencari Esper ini kalian harus memiliki 10 esper terlebih dulu 
dan sudah menyelesaikan Event di Giruvegan di jalan cerita. Kalau sudah memenuhi syarat ini kalian 
pergi menuju ke Jahara dan bicaralah ke seseorang bernama “Geomancer”. Ia akan membicarakan 
sebuah jalan rahasia yang berada di Henne Mines. Setelah berbicara jalan rahasia ini akan terbuka.
 
Sekarang teleportasilah ke Henne Mines dan pergi ke area kalian bertarung melawan Tiamat. Di sana 
sudah terbuka area yang disebutkan tadi tepat berada di sebelah kanan. Berhati-hatilah karena monster 
di area ini berada di kisaran level 75-99. Kalau kalian terus berjalan hingga unjung kalian akan 
menemukan Candle dan akan membuka peta di wilayah ini. Gunakan peta tersebut dan selamat 
berjuang menemukan jalan menuju Zodiark, maaf tidak bisa menjabarkan karena ada banyak jalan 
rahasia di wilayah ini. Zodiark menunggu kalian di Special Charter Dig.
 
Strategi: Zodiark memiliki Level sekitar 65 memiliki elemen dark dan immune ke semua elemen 
kecuali cahaya/holy. Ia menggunakan reflect dan bravery secara random sepanjang pertarungan, tapi 
jika kalian menggunakan dispel maka ia akan menggunakan Paling dan membuat ia menjadi kebal 
terhadap magic. Ia juga akan menggunakan Faith dan magic tingkatan seperti Zalera level 2 sleep, 
level 3 disable dan level 4 break. Ia jarang menggunakan piercing graviga, ia bisa menggunakan 
Redemption akan tetapi memiliki elemen dark dan Scathe (magic paling kuat). Karena efek dari 
Bravery dan Faith serangan dari Zodiark bisa membuat karakter kalian mati dalam satu serangan, 
untuk mencegahnya kalian bisa menggunakan Shell dan Float. Ia akan menggunakan Greater Barrier 
dan Barrier Change (Barrier Change bisa mengubah kelemahan elemen). Special Attack dari Zodiark
adalah Darkja serangan elemen dark paling kuat dan memiliki kesempatan untuk instant kill dan juga 
blind. Saat Zodiark sekarat dia akan kebal terhadap serangan fisik.
 
Serang Zodiark secara normal, ia akan menggunakan Darkja secara random selama pertarungan, dari 
pengalaman yang penulis alami Zodiark menggunakan Darkja setelah ia menyerang menggunakan 
magic maupun fisikal satu kali dan menggunakan Darkja lagi tanpa sempat membangkitkan karakter 
yang mati, tapi sekali lagi ini random. Segeralah sembuhkan karakter yang terkena blind. Disarankan 
kalian berada di level yang bukan kelipatan 3 atau berada di level genap. Saat ia menggunaka Paling ia 
akan menggunakan serangan fisik serta magic tanpa elemen seperti shock, flare dan scathe tidak hanya 
itu, Zodiark memiliki magic Banish yang dapat menghilangkan karakter dari area pertarungan tapi ia 
sangat jarang menggunakannya. Gunakanlah Black mask jika diperlukan karena armor ini dapat 
menyerap Elemen Dark. Semoga beruntung mengalahkan Esper laknat ini.
 
Huft, sekian daftar Esper-esper tersembunyi di Final Fantasy XII. Jika ada pertanyaan silakan komen.
 
 
 
 
 
 
Sumber: ffxiisector, trueachievements

Comments

Popular posts from this blog

Final Fantasy XII cara mendapatkan Item Weapon, Armor, Aksesoris Terkuat (termasuk versi Zodiac Age/IZJS)

Banyak variasi item weapon, armor dan aksesoris di dalam Final Fantasy dan yang menjadi pembahasan di sini adalah Final Fantasy XII. Tentu untuk mendapatkan beberapa item membutuhkan waktu dan mungkin hanya bisa didapatkan di penghujung permainan. Item-item ini biasanya memiliki stats dan efek yang sangat luar biasa, sepadan dengan jalannya permainan. Tpi, tentunya tidak akan mudah untuk mendapatkannya. Berikut beberapa item terkuat di Final Fantasy XII, termasuk versi Zodiac Age atau International Zodiac Job System. -WEAPON 1. Sword (1H)      Dalam Final Fantasy XII sword terkuat yaitu Deathbringer, Stoneblade dan Durandal dalam versi Zodiac Age yang terkuat yaitu Great Trango atau dalam versi IZJS disebut Trango Tower. Deathbringer merupakan pedang atau sword (1H) yang memiliki efek death.  Cara mendapatkan Deathbringer: - Mencuri atau steal dari monster rare bernama Ithuno di Barheim Passage.  - Dijual di Balfonheim Port seharga 16.000G.      Cara Mendapatkan Stoneblad

FINAL FANTASY XII - Rahasia dan Bagaimana Cara Mendapatkannya

Kali ini gue bakal bahas tentang game favorit gue yap, mario bros. hehe, ngga lah  gue bukan clickbaiters seperti yang disajikan pada judul topik di atas, Final Fantasy XII atau 12 (dua belas), baik di seri biasa maupun seri zodiac age/Internationa Zodiac Job System (di jepang). So, apa yang menarik dari game ini? Jujur aja sih, ini game open world pertama gue dan konsep yang beda dari seri Final Fantasy sebelumnya yang kalo ketemu musuh ada transisi ke mode battle, di sini mode battle itu dihilangkan dan player langsung bisa berhadapan dengan musuh. Ngga cuma itu yang menarik, ternyata ada banyak rahasia di dalam game ini, berikut beberapa di antaranya, check it out guys. 1. Zodiac Spear Senjata tipe Spear ini adalah yang terkuat dalam game ini. Di dalam versi original (OG), cara untuk mendapatkan senjata ini adalah dengan menghindari beberapa hal, yaitu JANGAN membuka peti-peti berikut: 1) Peti di Lowtown, dekat Dalan's palace 2) Peti sebelum mendapatkan

Monster Rancher 2 Gameshark Codes Cheat Training Stats 100% Working PS1/PSX

 This is my monster rancher 2 gameshark I often use. #golden peach on item slot 19 (must have max lvl house) 80099284 001A #training stats Boost (+99) note (1) 800DA098 0063 800DA09A 24A5 #Mint leaf on item slot 20 (must have max lvl house) 80099288 0012 #Worse Nature (for unlocking certain technique) 30097A59 00A4 # Max lif 80097A20 03E7 # Max Pow 80097A22 03E7 # Max Int 80097A24 03E7 # Max Spd 80097A28 03E7 # Max Def 80097A2A 03E7 #GUTS (R2) D00938AE 0002 801FFCFC 00FF # Never tired 30097A37 0000 #Max skill 80097A26 03E7 #Max Funds 80098FBC E0FF 80098FBE 05F5 #All Monster Cards 5000CC02 0000 8009908C 0101 #Full Zooming In View Mode D001C3CC 2821 8001C3D0 0000 D001C3CC 2821 8001C3D2 0000 #Max Monster Health (In-Battle) 801FFCDC 03E7 #100% Loyalty & 'Even' Status 80097A3C 00F3 #Wild Monster Life Drain (Press L2) D00938AE 0001 801FFC74 0000 #Unlock All CD's 50002601 0000 30099386 0001   #Activation Code For All Techniq