Skip to main content

Kenapa Lucid Dream "BERBAHAYA"?

FAQ Lucid Dream, Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Tentang Lucid Dream

Halo gue Hydarnus, gue adalah orang yang pernah/masih menggunakan lucid dream, dan gue juga pernah berbagi soal pengalaman-pengalaman gue soal lucid dream di blog ini juga. Artikel itu rupanya banyak mengundang perhatian dari temen-temen pembaca. Dan akhirnya muncul banyak pertanyaan-pertanyaan tentang lucid dream, dan di sini gue akan mengumpulkan pertanyaan-pertanyaa itu dengan jawaban yang sekiranya mampu gue jawab sesuai pengalaman gue. Cekidot.

Pertanyaan pertama yaitu udah pernah nyoba tapi ngga pernah bisa, kenapa ya? Untuk nyoba lucid dream emang ngga gampang dan butuh beberapa tahapan dan macam-macam jenis tahapan yang bisa dilalui untuk mencapai lucid dream. Kalaupun bisa lucid dream tanpa bantuan apapun bisa dibilang cukup hebat. Lucid dream ngga melulu soal kamu bisa negndaliin mimpi. Contoh, kamu berada di dalam mimpi dan di dalam mimpi itu kamu berada dalam situasi untuk memilih mana jalan keluar yang lebih baik, ketika kamu memilih saja sudah bisa dikatakan lucid dream walau tanpa sadar kamu melakukannya. Atau ketika kamu dikejar sesuatu dan lari untuk menyelamatkan diri, itu juga bisa dikatakan lucid dream.

Selanjutnya soal sleep paralysis. Sleep paralysis dari apa yang pernah gue denger beberapa tahun lalu ada yang bilang karena kegagalan pada saat di dalam lucid dream. Tetapi belakangan ini setelah gue membaca-baca lagi artikel dan mendengarkan berbagai cerita, sleep paralysis merupakan tahapan dari lucid dream. Gue sendiri waktu pertama kali lucid dream ngga ngelewatin tahap sleep paralysis jadi gue beranggapan kalau itu adalah kegagalan pada saat lucid dream. Pada tahap sleep paralysis usahakan untuk tetap rileks untuk mencapai lucid dream.


Selanjutnya, apa bakal gampang buat ngebangunin orang yang lagi lucid dream? Atau pada saat kita lucid dream?  Kalo dari pengalaman gue, justru buat ngebangunin orang yang lagi lucid dream itu malah lebih gampang, kenapa? Kalo dari teori gue karena sebenernya kita ini masih sadar dan pikiran atau pendengaran kita itu masih peka terhadap rangsangan dari luar. Dan untuk lucid dream sendiri butuh konsentrasi dan lebih dianjurkan di tempat yang paling nyaman dan tentram.


Selanjutnya apakah kita bebas buat ngelakuin apapun yang kita suka di dunia lucid dream? Jelas, kebanyakan orang apalagi orang Indo beranggapan dan mungkin mencoba lucid dream untuk melakukan hal yang mereka suka, hal yang senonoh dan tidak wajar. Gue sendiri cuma buat ngelepas rasa lelah dan beban yang ada di dalam hati aja setelah seharian mengahadapi dunia nyata.


Selanjutnya pertanyaan yang cukup unik, tapi sebenernya butuh sedikit teknik juga. Cara untuk kembali ke dunia nyata salah satunya adalah dengan mengembalikan atau menyadarkan diri kalau sebenernya kita sedang tidur, untuk kembali atau bangun cukup dengan memejamkan mata.


Selanjutnya apakah lucid dream sama seperti berada di dunia nyata? Ya, di lucid dream seperti dunia yang kita impikan...Apa yang kita mau akan terwujud di dalam sana dengan penuh kesadaran. Seperti disebutkan di atas kita bebas untuk melakukan apapun yang kita suka dan semua itu bisa kita ingat. Gue sendiri hal ini menjadi sesuatu yang membingungkan, karena gue hampir ga bisa bedain mana dunia nyata mana mimpi, mana ingatan di dunia nyata mana ingatan di dunia mimpi. Seperti yang dijelaskan di atas, lucid dream ngga selalu soal mengendalikan mimpi.


Selanjutnya adalah bagaimana cara mengentikan sleep paralysis? Banyak yang takut ngelanjutin ke lucid dream melalui tahap ini, tapi kalo misalnya mau lucid dream tanpa melalui sleep paralysis dan malah lewat sleep paralysis tinggal menggerakan bagian sendi tubuh yang paling ujung misalnya jari-jari baik kaki maupun tangan. Tetapi kamungkinan atau hampir semuanya bakal kembali ke dunia nyata dan ngga lanjut ke lucid dream


Selanjutnya apakah lucid dream bisa membuat tubuh lemas? Kalo menurut sebuah artikel kedokteran yang pernah gue baca, lucid dream sama sekali ngga buat badan kita lemes. Dan dari pengalaman gue sendiri yang keseringan lucid dream, iya ini bisa bikin pusing. Tapi, mungkin ada beberapa faktor lain dari gue sendiri, misalnya karena bangun yang kepaksa/dipaksa. Kalo dipaksa bangun otomatis badan gue bakal langsung berdiri dan ini emang cukup bikin pusing dan kesel. Atau karena posisi badan gue selama tidur.


Selanjutnya bisa ngga sih ngelanjutin mimpi sebelumnya dengan lucid dream? Bisa, karena gue yakin orang yang bisa lucid dream bisa nginget mimpinya minimal 50%, dengan nginget mimpi yang sebelumnya dan dengan terus mengulang-ulang di dalam pikiran sebelum tidur mimpi yang sebelumnya bisa kita lanjutkan. Gue sendriri sering wkwk.


Selanjutnya ada tips supaya cepet bisa? Banyak orang yang udah berbagi pengalamannya atau mungkin lebih ahli dari gue soal lucid dream, jadi bisa dengan belajar menggunakan metode-metode yang mereka pakai atau terus mencoba dengan metode yang sama yang lebih nyaman dipakai. Gue sendiri ngga langsung bisa buat lucid dream butuh berbulan-bulan.


Selanjutnya pada saat sleep paralysis ngeliat makhluk asing, itu beneran atau bukan? Ya, makhluk itu memang bener nyata, ketika sleep paralysis. Tetapi sebenernya makhluk itu adalah imajinasi atau semacam ketakutan yang terproyeksikan karena tubuh kita yang kaku. Jadi, sebenernya ngga perlu takut sama makhluk itu.


Selanjutnya apa ada efek samping dari lucid dream? Secara ilmu kesehatan sepertinya tidak akan ada gangguan apapun dengan atau setelah mencoba lucid dream. Tapi mungkin cuma beberapa hal disebut di atas tadi seperti sleep paralysis, lemes dan gangguan ingatan.

Oke, itu adalah beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan lucid dream, mohon maaf jika ada informasi yang salah karena ini semua adalah berdasarkan apa yang pernah gue alami sendiri selama bertahun-tahun lucid dreaming. Kalo ada pertanyaan-pertanyaan lain silakan komentar, ada kritik dan saran juga silakan komentar. Terima kasih sudah berkunjung.


Comments

  1. Kalo mimpi dalam mimpi gimana ya bro?

    Gw pernah,, kan gw udh bangun tidur nih setelah LD,, nah gw beraktifitas biasa ye kan...

    Nah ternyata itu masih di dalem mimpi anjer..

    Pas bangun tidur benran, di dunia asli,, pala gw pusing anjer.. Trus gw tepak tepak pipi gw

    Oh iya ini beneran dunia asli..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana apanya? Gue juga pernah, pas bangun juga agak pusing

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Final Fantasy XII cara mendapatkan Item Weapon, Armor, Aksesoris Terkuat (termasuk versi Zodiac Age/IZJS)

Banyak variasi item weapon, armor dan aksesoris di dalam Final Fantasy dan yang menjadi pembahasan di sini adalah Final Fantasy XII. Tentu untuk mendapatkan beberapa item membutuhkan waktu dan mungkin hanya bisa didapatkan di penghujung permainan. Item-item ini biasanya memiliki stats dan efek yang sangat luar biasa, sepadan dengan jalannya permainan. Tpi, tentunya tidak akan mudah untuk mendapatkannya. Berikut beberapa item terkuat di Final Fantasy XII, termasuk versi Zodiac Age atau International Zodiac Job System. -WEAPON 1. Sword (1H)      Dalam Final Fantasy XII sword terkuat yaitu Deathbringer, Stoneblade dan Durandal dalam versi Zodiac Age yang terkuat yaitu Great Trango atau dalam versi IZJS disebut Trango Tower. Deathbringer merupakan pedang atau sword (1H) yang memiliki efek death.  Cara mendapatkan Deathbringer: - Mencuri atau steal dari monster rare bernama Ithuno di Barheim Passage.  - Dijual di Balfonheim Port seharga 16.000G.      Cara Mendapatkan Stoneblad

FINAL FANTASY XII - Rahasia dan Bagaimana Cara Mendapatkannya

Kali ini gue bakal bahas tentang game favorit gue yap, mario bros. hehe, ngga lah  gue bukan clickbaiters seperti yang disajikan pada judul topik di atas, Final Fantasy XII atau 12 (dua belas), baik di seri biasa maupun seri zodiac age/Internationa Zodiac Job System (di jepang). So, apa yang menarik dari game ini? Jujur aja sih, ini game open world pertama gue dan konsep yang beda dari seri Final Fantasy sebelumnya yang kalo ketemu musuh ada transisi ke mode battle, di sini mode battle itu dihilangkan dan player langsung bisa berhadapan dengan musuh. Ngga cuma itu yang menarik, ternyata ada banyak rahasia di dalam game ini, berikut beberapa di antaranya, check it out guys. 1. Zodiac Spear Senjata tipe Spear ini adalah yang terkuat dalam game ini. Di dalam versi original (OG), cara untuk mendapatkan senjata ini adalah dengan menghindari beberapa hal, yaitu JANGAN membuka peti-peti berikut: 1) Peti di Lowtown, dekat Dalan's palace 2) Peti sebelum mendapatkan

Monster Rancher 2 Gameshark Codes Cheat Training Stats 100% Working PS1/PSX

 This is my monster rancher 2 gameshark I often use. #golden peach on item slot 19 (must have max lvl house) 80099284 001A #training stats Boost (+99) note (1) 800DA098 0063 800DA09A 24A5 #Mint leaf on item slot 20 (must have max lvl house) 80099288 0012 #Worse Nature (for unlocking certain technique) 30097A59 00A4 # Max lif 80097A20 03E7 # Max Pow 80097A22 03E7 # Max Int 80097A24 03E7 # Max Spd 80097A28 03E7 # Max Def 80097A2A 03E7 #GUTS (R2) D00938AE 0002 801FFCFC 00FF # Never tired 30097A37 0000 #Max skill 80097A26 03E7 #Max Funds 80098FBC E0FF 80098FBE 05F5 #All Monster Cards 5000CC02 0000 8009908C 0101 #Full Zooming In View Mode D001C3CC 2821 8001C3D0 0000 D001C3CC 2821 8001C3D2 0000 #Max Monster Health (In-Battle) 801FFCDC 03E7 #100% Loyalty & 'Even' Status 80097A3C 00F3 #Wild Monster Life Drain (Press L2) D00938AE 0001 801FFC74 0000 #Unlock All CD's 50002601 0000 30099386 0001   #Activation Code For All Techniq