Skip to main content

Kenapa Lucid Dream "BERBAHAYA"?

Apa Yang Sebenarnya Tidak Bisa Dibeli Dengan Uang?

Uang, alat tukar yang sangat dibutuhkan untuk memenuhi setiap kebutuhan dalam hidup. Banyak orang bilang uang tidak bisa membeli kebahagiaan dan sebagainya. Benar, uang tidak bisa membeli kebahagiaan tetapi itu memberikan jalan menuju kebahagiaan, jadi secara tidak langsung, uang itu bersangkutan atau dengan kata lain dapat membeli kebahagiaan. Tentunya ada beberapa hal yang tidak bisa dibeli dengan uang, salah satunya adalah nyawa. Maksudnya adalah seseorang tidak bisa membeli nyawa untuk membangkitkan seseorang dari kematian, ataupun menukarnya dengan nyawa orang lain. Tapi bukan itu yang akan dibahas di sini, ada satu hal lagi yang lebih krusial, apa itu?

Support atau dukungan, ya, ini adalah hal yang tidak bisa dibeli dengan uang. Tapi tunggu, support yang mana? Tentunya support atau dukungan dari orang yang sangat dekat dengan kita, orang yang sangat kenal dengan kita, orang yang sangat mengerti tentang kita, yep, orangtua. Support seperti apa? Bukannya mereka sudah memberi kita makan? Membesarkan kita? Benar, tapi apa itu cukup? Kenapa bisa ada banyak orang yang stress dan tidak semangat untuk hidup padahal mereka masih muda? Salah satunya karena kurangnya dukungan dari orang tua secara mental.

Pernahkah kalian mendengar cerita tentang seseorang yang ingin mencapai sesuatu tetapi ditolak oleh orangtuanya atau tidak didukung oleh orangtuanya? Pernah? Jarang? Sering? Bagaimana ekspresi mereka ketika menceritakan pengalamannya tersebut? Sedih bukan?  Siapa yang mau melawan kehendak orangtuanya? Tentu siapapun tidak akan tega. Tapi, beberapa dari mereka justru melawan dan apa yang mereka capai? keberhasilan, meski hanya beberapa dari mereka. Coba bayangkan jika orangtua mereka mengizinkan mereka untuk melakukan apa yang mereka sukai, mereka pasti/sebisa mungkin akan melakukannya dengan maksimal.

Ada sebuah postingan di salah satu media sosial yang berjudul "Seberapa Miskin Kalian" dan di dalamnya terdapat kisah mengharukan seseorang yang berada di kalangan bawah berjuang untuk menempuh pendidikan dan bertahan hidup dengan segala keterbatasan. Dan di akhir kalimat kalau tidak salah terdapat pesan "janganlah mengeluh terhadap apa yang tidak kalian miliki, karena masih banyak yang berada di bawah kalian." Memang benar, tapi yang sebenarnya menjadi masalah kenapa orang-orang itu mengeluh adalah karena kurangnya perhatian dari orangtua, kurangnya dukungan dari orangtua, dan terlalu mengekang apa yang orangtua kehendaki. Mereka akan berpikir kalau orangtua mereka sendiri tidak menyayangi mereka atau mereka merasa kurang bebas untuk menyalurkan apa yang mereka sukai.

Penulis sendiri sekarang ini sangat jarang berbicara kepada orangtua, kenapa? Karena penulis merasa apa yang penulis katakan tidak pernah didengarkan. Ini mulai terjadi saat penulis masih duduk di bangku SMP, orangtua (ibu) penulis selalu membantah apa yang penulis katakan, contoh ketika orangtua (ibu) bertanya dalam keadaan marah lalu penulis jawab, orangtua penulis akan mengatakan "jawab terus! Diem kamu!" dan ini terjadi berulang-ulang, hingga penulis terlalu malas untuk berbicara dengannya lagi. Tetapi, ini tidak terjadi pada penulis tetapi juga kakak penulis. Selain itu, ketika terjadi sesuatu pasti selalu penulis yang disalahkan. Misalnya, ketika masalah sepele seperti pintu yang terbuka orangtua (ibu) penulis akan berteriak protes "ini siapa yang ngebuka pintu?! Tutup dong!" Padahal penulis sendiri terus berada di dalam rumah dan teriakan itu terjadi saat penulis berada di dekat orangtua (ibu). Sampai penulis sendiri terbiasa dengan keadaan seperti ini, dan bertahan hingga sekarang dengan beban yang tidak mudah ini. Penulis dinilai menjadi orang yang pendiam, padahal hanya merasa malas untuk berbicara, tidak kepada orangtua saja, tetapi juga orang-orang sekitar. Suicide Thought sering menghampiri penulis, tetapi banyak sekali yang sudah "menyelamatkan penulis dari keadaan tersebut. Titik terendah yang pernah penulis alami adalah ketika penulis mendengar kalimat "Penulis tuh ga bisa apa-apa" dengan kepala penulis sendiri yang dikatakan oleh orangtua (bapak) di belakang penulis. Sampai sekarang kata-kata itu terngiang-ngiang di kepala, membuat penulis merasa tidak lagi bersemangat untu melanjutkan hidup.

Dan tentunya masih banyak di luar sana yang mengalami hal serupa atau mungkin lebih parah, bahkan sampai ada yang melakukan cutting. Support secara mental tidak akan pernah bisa dibeli dengan uang, dan beruntung orang-orang yang mendapatkan itu. Tapi, bagaimana dengan mereka yang tidak seberuntung kita dan tidak memiliki orangtua dari kecil? Itu tergantung dari orang-orang terdekat mereka.

Ini juga menjadi sebuah pelajaran bagi penulis di masa yang akan datang, memberi dukungan kepada keluarga dan juga orang-orang sekitar. Untuk kalian yang memiliki pengalaman yang sama, bertahanlah, memang tidak mudah tetapi kalian tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di hari esok. Untuk orangtua atau calon orangtua, berikanlah kesempatan kepada anak kalian untuk menyalurkan apa yang mereka sukai, berikan dukungan dan jangan khawatir mereka tidak bisa melakukannya, ajarkan mereka. Khawatir memang tidak bisa dihindarkan tetapi jika berlebihan juga tidak bagus. Jangan sampai menyia-nyiakan potensi yang dimiliki buah hati. Dan jangan sampai kehilangan kepercayaan di dalam keluarga sendiri.

Itulah yang tidak bisa dibeli dengan uang. Dan berbuat baiklah ke semua orang.

Comments

Popular posts from this blog

Final Fantasy XII cara mendapatkan Item Weapon, Armor, Aksesoris Terkuat (termasuk versi Zodiac Age/IZJS)

Banyak variasi item weapon, armor dan aksesoris di dalam Final Fantasy dan yang menjadi pembahasan di sini adalah Final Fantasy XII. Tentu untuk mendapatkan beberapa item membutuhkan waktu dan mungkin hanya bisa didapatkan di penghujung permainan. Item-item ini biasanya memiliki stats dan efek yang sangat luar biasa, sepadan dengan jalannya permainan. Tpi, tentunya tidak akan mudah untuk mendapatkannya. Berikut beberapa item terkuat di Final Fantasy XII, termasuk versi Zodiac Age atau International Zodiac Job System. -WEAPON 1. Sword (1H)      Dalam Final Fantasy XII sword terkuat yaitu Deathbringer, Stoneblade dan Durandal dalam versi Zodiac Age yang terkuat yaitu Great Trango atau dalam versi IZJS disebut Trango Tower. Deathbringer merupakan pedang atau sword (1H) yang memiliki efek death.  Cara mendapatkan Deathbringer: - Mencuri atau steal dari monster rare bernama Ithuno di Barheim Passage.  - Dijual di Balfonheim Port seharga 16.000G.      Cara Mendapatkan Stoneblad

FINAL FANTASY XII - Rahasia dan Bagaimana Cara Mendapatkannya

Kali ini gue bakal bahas tentang game favorit gue yap, mario bros. hehe, ngga lah  gue bukan clickbaiters seperti yang disajikan pada judul topik di atas, Final Fantasy XII atau 12 (dua belas), baik di seri biasa maupun seri zodiac age/Internationa Zodiac Job System (di jepang). So, apa yang menarik dari game ini? Jujur aja sih, ini game open world pertama gue dan konsep yang beda dari seri Final Fantasy sebelumnya yang kalo ketemu musuh ada transisi ke mode battle, di sini mode battle itu dihilangkan dan player langsung bisa berhadapan dengan musuh. Ngga cuma itu yang menarik, ternyata ada banyak rahasia di dalam game ini, berikut beberapa di antaranya, check it out guys. 1. Zodiac Spear Senjata tipe Spear ini adalah yang terkuat dalam game ini. Di dalam versi original (OG), cara untuk mendapatkan senjata ini adalah dengan menghindari beberapa hal, yaitu JANGAN membuka peti-peti berikut: 1) Peti di Lowtown, dekat Dalan's palace 2) Peti sebelum mendapatkan

Monster Rancher 2 Gameshark Codes Cheat Training Stats 100% Working PS1/PSX

 This is my monster rancher 2 gameshark I often use. #golden peach on item slot 19 (must have max lvl house) 80099284 001A #training stats Boost (+99) note (1) 800DA098 0063 800DA09A 24A5 #Mint leaf on item slot 20 (must have max lvl house) 80099288 0012 #Worse Nature (for unlocking certain technique) 30097A59 00A4 # Max lif 80097A20 03E7 # Max Pow 80097A22 03E7 # Max Int 80097A24 03E7 # Max Spd 80097A28 03E7 # Max Def 80097A2A 03E7 #GUTS (R2) D00938AE 0002 801FFCFC 00FF # Never tired 30097A37 0000 #Max skill 80097A26 03E7 #Max Funds 80098FBC E0FF 80098FBE 05F5 #All Monster Cards 5000CC02 0000 8009908C 0101 #Full Zooming In View Mode D001C3CC 2821 8001C3D0 0000 D001C3CC 2821 8001C3D2 0000 #Max Monster Health (In-Battle) 801FFCDC 03E7 #100% Loyalty & 'Even' Status 80097A3C 00F3 #Wild Monster Life Drain (Press L2) D00938AE 0001 801FFC74 0000 #Unlock All CD's 50002601 0000 30099386 0001   #Activation Code For All Techniq