Skip to main content

Kenapa Lucid Dream "BERBAHAYA"?

Review Mobile Game Online Dari Seri Final Fantasy (Final Fantasy Record Keeper, Final Fantasy Brave Exvius dan Mobius Final Fantasy)

Halo semua, kali ini gue mau mereview beberapa game mobile dari seri Final Fantasy, kita singkat aja jadi FF ya. Game mobile sendiri kadang dianggap remeh karena beberapa alasan, salah satunya yaitu adanya in-app purchase atau bisa dibilang micro transaction. Lalu, kenapa bisa Final Fantasy berani terjun ke dunia mobile? Mungkin salah satunya karena ingin membuat para pecinta seri ini bernostalgia dengan game ini. Langsung aja, berikut review dari gue soal game mobile dari seri Final Fantasy.

1. Final Fantasy Record Keeper
Atau bisa disingkat FFRK. Merupakan game mobile online pertama dari FF. Game yang dirilis pada tahun 2014 di Jepang dan 2015 secara global ini sangatlah dinantikan para penggemar FF pada waktu itu. Sebab game mobile pada waktu itu sedang berjaya, ya bisa dibilang begitu. Pada awalnya para penggemar termasuk gue, khawatir kalau eksekusi game ini akan sama dengan game mobile Final Fantasy All the Bravest, karena memiliki grafik yang sama yaitu dengan style pixel art 2D. Game yang dikembangkan oleh Dena ini merupakan game yang ditujukan untuk mengenang kembali serial FF, dari mulai 1 - 14 karena 15 belum dirilis pada saat itu, serta beberapa Final Fantasy lainnya seperti Tactics dan Type-0. 
 
Gameplay 
Pemain berperan sebagai seorang murid yang bernama Tyro, namun pemain bisa mengganti nama mereka sesuai keinginan. Gurunya, Dr. Mog mengajarkan Tyro tentang dunia Final Fantasy serta Record Keeper itu sendiri. Dalam game ini Tyro diberi tugas oleh Dr. Mog untuk mengembalikan record atau semacam kenangan dari serial Final Fantasy sebelumnya yang tertutup oleh kegelapan. Tyro masuk ke dalam record terebut dan mengalahkan berbagai macam lawan yang ada dalam seri Final Fantasy tersebut, seperti contoh Mist Dragon yang hanya ada di FF IV. Pemain akan mendapatkan reward berupa currency normal yaitu gold dan currency premium yaitu mythril dan juga beberapa hadiah penunjang lainnya setiap menyelesaikan misi. Pemain dapat membawa hingga 5 anggota party, pemain bebas menentukannya seperti party impian gue yaitu, Vivi, Squall, Ashe, Beatrix dan Kain. Pemain akan mendapatkan karakter dari serial FF sebelumnya dari hadiah misi. Selain hero, pemain juga bisa mendapatkan atau memainkan karakter villain.

Fitur
Saat ini FFRK sudah sangat berkembang dibanding pada saat rilis. Berbagai macam fitur mulai diperkenalkan, bahkan sampai multiplayer. Pada saat pertama rilis pemain hanya dapat menambahkan teman saja untuk bisa memainkan karakter yang dimiliki oleh teman tersebut, tapi pemain hanya dapat mengeluarkan jurus pamungkas dari karakter itu. Pada mode multiplayer, para pemain secara langsung dapat bertarung dengan teman mereka menggunakan karakter yang mereka inginkan. Selain itu, FFRK menjadi sangat berbaik hati memberikan berbagai macam hadiah dari login, misi dan event. Dibanding dari awal rilis FFRK hanya menawarkan gold sebanyak 500 (kalo ga salah) setiap login dan sangat memberatkan bagi beberapa pemain.
 Tentu yang identik dengan FF yaitu item-itemnya berupa perlengkapan seperti alat bertarung, armor dan aksesoris. Pemain bisa mendapatkannya dari misi atau dari gacha menggunakan mythril. FFRK mengenalkan sebuah fitur yaitu Soul Break, yang merupakan jurus pamungkas dari game ini. Soul Break hanya bisa didapatkan dari item gacha. Saat ini Soul Break sudah bermacam-macam dan memiliki keunikan tersendiri, dari mulai animasi sampai efek. Saat ini ada Soul Break biasa, Shared Soul Break, Materia Soul Break, Ultra Soul Break, Overstrike Soul Break, Chain Soul Break dan Arcane Soul Break.

Mekanisme
Di dalam permainan ini pemain diberikan command/perintah yaitu attack, defense dan disediakan dua buah ability yang bisa dibuat melalui sintesis dengan bahan-bahan yaitu orb atau magicite. Pemain dapat menemukan bahan-bahan ini dalam pertarungan maupun dalam event login. Karena keterbatasan ini pemain harus pintar-pintar meracik anggota party sesuai dengan dungeon yang akan ditaklukan. Selain itu ada juga misi rahasia yang mengharuskan pemain untuk melakukan apa yang diperintah oleh misi tersebut supaya bisa mendapatkan skor yang sempurna, misalnya, tidak boleh ada anggota party yang mati selama ada di dalm dungeon tersebut.

Tiap dungeon bervariasi, ada tahap atau stage di dalam dungeon tersebut berkisar antara 1-sekian stage tergantung dari dungeonnya. Untuk memasuki sebuah dungeon pemain menggunakan stamina. Stamina ini bisa bertambah dengan stamina shard yang bisa didapatkan dari dungeon utama atau main dungeon. Berbeda dari game FF lainnya, di game ini tidak ada item semacam phoenix down, remedy dan item-item lainnya. Semuanya tersedia dalam bentuk ability. untuk potion sendiri hanya ada dalam drop musuh ketika mati.

Pemain dapat mengaktifkan fitur Auto jika merasa memiliki kekuatan yang sudah jauh melampaui batas dan menghemat waktu. Pemain dapat memperkuat karakter menggunakan growth egg yang memberikan sejumlah experience untuk meningkatkan level karakter tersebut. Untuk meningkatkan level weapon dan armor bisa menggunakan adamantite dan scarletite. Pemain juga dapat meningkatkan ability mereka agar bisa menggunakannya lebih banyak dengan hone ability.
Macam-macam Ability
 Ringkasan
Saat ini FFRK menawarkan banyak sekali event dungeon dan event login sesuai dengan hari raya maupun perayaan dalam game tersebut. Event-event ini memberikan banyak sekali keuntungan untuk para pemain terutama bagi para pemula. Terkadang juga FFRK mengadakan event collaboration/kolaborasi antar game, seperti Kingdom Hearts, World of Final Fantasy, Octopath Traveler dll. Banyak yang bisa dilakukan di game ini, karena setiap minggunya akan mengadakan event baru baik yang benar-benar baru maupun mengulang event yang pernah ada sebelumnya namun dengan hadiah yang tentunya sudah diperbarui.

Karena permintaan banyak fans, FFRK menawarkan aransemen lagu khusus dari lagu-lagu FF sebelumnya. Aransemen lagu ini dibuat ulang dengan nuansa FFRK atau retro RPG sesuai dengan nuansa FFRK. Baik di Jepang maupun secara global game ini masih cukup banyak pemain aktifnya dan juga sudah mencapai 1 juta download lebih untuk versi global.

Nilai keseluruhan: 8.7/10

2. Final Fantasy Brave Exvius
Disingkat FFBE, game yang bekerjasama dengan developer Alim ini dirilis pada tahun 2015 di Jepang dan 2016 secara global. Melihat perkembangan dari game buatan Alim yaitu Brave Frontier, akhirnya Squre Enix mencoba bekerjasama dan terwujudlah game FFBE ini. Square tentunya tidak membuang nuansa dari Final Fantasy meski mekanisme dari permainan ini hampir sama dengan Brave Frontier. Game ini memiliki desain yang lebih modern dibanding FFRK, yaitu 2D dengan sprite yang dimiliki masing-masing karakter. Selain itu game ini memiliki pose-pose yang berbeda tiap karakter yaitu pada saat ingin mengeluarkan magic, saat mengeluarkan magic, saat karakter mati dan saat victory pose. Antusiasme dari para penggemar Final Fantasy terhadap game ini juga tidak kalah dari FFRK.

Gameplay
Pemain awalnya hanya diberikan 2 karakter utama yaitu Rain dan Laswell. Rain memiliki kekuatan api dan Laswell memiliki kekuatan es. Di dalam game ini terdapat berbagai macam benua, di dalam benua ini terdapat dungeon dan kota. Tiap dungeon memiliki tahapan dan di tiap tahapan akan ada berbagai macam hadiah. Di game ini terdapat 2 buah currency yaitu gold dan lapis. Gold digunakan untuk memperkuat/enhance karakter, evolve karakter, sintesis item, dll. sedangkan lapis merupakan currency premium yang digunakan untuk menambah slot (karakter, item, material dll), gacha karakter, revive karakter ketika seluruh squad mati dll. Tiap squad diberi 5 slot karakter dan ditambah 1 teman. Tiap karakter dapat menggunakan satu Esper untuk memberi ability tambahan.
Saat ini sudah tersedia karakter dengan rarity *7 dan paling rendah rarity *1. Sayangnya untuk mendapatkan karakter *7 ini sangatlah sulit. karakter yang memiliki wujud *7 berawal dari wujud dasarnya yaitu *5 dan di evolve menjadi *6. Untuk meng-evolve ke *7 pemain harus memiliki karakter yang sama sebagai bahan evolve, nantinya unit yang sama ini diubah menjadi material evolve. Bisa mendapatkan satu unit dengan dasar *5 saja sudah sangat sulit apalagi harus mendapatkan 2 unit yang sama.
Sebelum memasuki pertarungan pemain dapat mengubah susunan squadnya serta memilih item-item yang akan dibawa. Item-item ini bisa didapatkan dengan membelinya di town/kota, sintesis, maupun event. Jadi pemain bisa mempersiapkan terlebih dahulu sebelum memulai pertarungan. Pertarungan ini juga ada tahapannya, dari musuh biasa dan tahap akhir (biasanya di stage akhir) adalah melawan boss.
Fitur
Pemain dapat menggunakan item-item seperti senjata, armor dan aksesoris. Selain itu ada juga ability pasif sebanyak 4 buah slot. Item-item seperti senjata, armor dan aksesoris bisa di dapatkan dengan cara membeli di town, sintesis, event dan dungeon spesial. Item-item yang didapatkan dari dungeon spesial biasanya lebih kuat dari yang lainnya. Untuk ability pasif bisa didapatkan dengan cara yang yang sama juga.

Di game ini juga ada TMR (Trust Master Reward) dan saat ini sudah ada STMR (Super Trust Master Reward). TMR dan STMR adalah item eksklusif yang bisa didapatkan dari karakter tertentu. Item ini bervariasi dari senjata, armor, aksesoris maupun ability dan memiliki status yang sangat kuat. Item ini bisa menjadi rekomendasi untuk dipakai pada karakter tersebut, karena akan menambah status tertentu. Tapi untuk mendapatkan keduanya juga sangat sulit, pemain akan mendapatkan TMR setelah gauge TMR mencapai 100%, untuk STMR hanya tersedia pada karakter *7. Untuk mengisi gauge TMR saat ini sudah tersedia banyak trust moogle, yaitu karakter yang memiliki fungsi untuk menaikan gauge TMR dan tersedia dari *1-*5 yang akan mengisi sejumlah % gauge TMR pada karakter, ada juga trust moogle yang hanya bisa dipakai pada karakter tertentu saja.
Mekanisme
Seperti yang dibilang sebelumnya, game ini memiliki mekanisme yang hampir mirip dengan Brave Frontier. Namun bedanya pada game ini lebih banyak variasinya. Pada bar karakter, pemain dapat mengetuk untuk menyerang musuh, menggeser ke arah kanan untuk opsi penggunaan magic/ability, menggeser ke kiri untuk menggunakan item, dan menggeser ke bawah untuk bertahan. Pemain juga bisa menggunakan tombol auto, reload dan repeat.

Tombol auto digunakan untuk menyerang musuh dengan serangan biasa dan bisa di setting untuk menggunakan limit burst secara otomatis. Limit burst adalah jurus pamungkas dari tiap karakter.

Tombol Reload digunakan untuk mengulang kembali perintah atau command yang digunakan pada turn/giliran sebelumnya. Misalnya di turn sebelumnya pemain menggunakan magic Curaga, pemain hanya tinggal menyentuh tombol ini maka karakter tersebut akan otomatis menggunakan Curaga tersebut tapi tidak langsung menggunakannya alias pemain masih harus menekan bar/slot karakter tersebut.

Tombol Repeat hampir sama dengan reload, bedanya pada tombol repeat karakter akan otomatis menggunakan perintah tanpa harus menekan bar/slot karakter.

Ringkasan
Game ini bisa dibilang cukup menarik dan pada versi global pun sudah mencapai 5 juta download lebih. Game ini juga setiap minggunya mengadakan event tertentu dan menyediakan reward/hadiah yang fantastis untuk versi Jepang. Pada versi global game ini pernah berkolaborasi dengan Ariana Grande dan Katy Perry entah apa yang memotivasi Square untuk berkolaborasi dengan mereka. Berbagai kolaborasi pun juga pernah diadakan di game ini seperti berkolaborasi dengan Brave Frontier, Octopath Traveler, Nier Automata dan masih banyak lagi. Karakter yang tersedia pun cukup banyak dari mulai FF 1-15 tidak hanya hero termasuk juga villain dan ada karakter tertentu dengan sebutan CG unit yaitu karakter yang memiliki animasi saat menggunakan limit burst mereka.
Game ini juga memiliki aransemen musik sendiri yang cukup menarik. Saat ini di versi Jepang game ini sudah menyelesaikan story bagian kedua, entah akan ada lanjutan dari story ini atau akan ada hal lain. Meski begitu, masih banyak tantangan yang ada di dalam game ini yang membuat pemain memutar otak untuk mnyelesaikannya. Sangat disayangkan sistem gacha pada game ini sangatlah memberatkan pemain yang tidak mengeluarkan uang. Tetapi saat ini sudah tersedia step up gacha di mana pemain bisa mendapatkan karakter tertentu pada step akhir, untuk mencapai step akhir berkisar antara 25.000-35.000 lapis. Memang bukan jumlah yang sedikit dan memang untuk mendapatkan lapis sendiri sangat sulit jika hanya bergantung dari dungeon. Tapi untuk gacha tidak selalu menggunkan lapis, ada juga tiket gacha yang bisa didapatkan melalui berbagai macam event.

Nilai keseluruhan : 8.2/10

3. Mobius Final Fantasy
Game yang dirilis pada tahun 2015 di Jepang dan 2016 secara internasional ini tersedia pada platform mobile dan PC, untuk PC pemain dapat mendownloadnya melalui steam. Game yang dikembangkan oleh Square Enix  ini berbeda dari kedua game di atas. Game ini memiliki grafik 3D yang membuat game ini terlihat lebih menarik. Game ini sudah mencapai 1 juta download lebih pada platform mobile android untuk versi global.

Gameplay
Pemain berperan sebagai Warrior of Light (WoL) yang kehilangan ingatannya. Ditemani seorang peri bernama Echo yang juga memandu WoL menjelajah dunia Mobius. Pemain dapat memberikan nama pada WoL sesuai keinginan mereka tapi tidak dengan Echo. Di game ini pemain hanya dapat mengontrol satu karakter bukan dengan party/squad. Pada awal permainan, pemain berada pada chapter atau jalan cerita pertama pada game ini dan pada tiap chapter akan memiliki berbagai macam dungeon. Di game ini tidak ada kota atau tempat apapun.
Pemain dapat menyusun deck sesuka hati pemain. Deck adalah kumpulan kartu yang memiliki kemampuan teertentu dan kartu-kartu ini bisa didapat melalui gacha maupun dungeon. Satu deck berisi empat kartu dan kartu-kartu ini memiliki elemen. Ada enam elemen di dalam game ini yaitu api, es/air, angin, tanah, kegelapan dan cahaya, selain itu ada juga kartu tanpa elemen dan kartu support.
Setiap karakter di game ini memiliki Job, Job ini sebuah kelas dari karakter tertentu. Pada awal permainan pemain mendapatkan tiga Job awal yaitu knight, ranger dan mage. Tiap job memiliki kemampuan yang berbeda dan memiliki tipe kartunya tersendiri. Untuk kartu support dan tidak berelemen dapat digunakan pada karakter maupun job apapun. Tiap Job memiliki batas elemen yaitu tiga elemen yang berbeda, misalnya knight hanya dapat menggunakan elemen air, api dan tanah. Pemain harus cerdik dalam menentukan deck yang mereka gunakan. Biasanya kartu dari gacha memiliki kemampuan yang lebih dibanding dengan kartu yang di dapat dari dungeon.

Fitur
Game ini memiliki dungeon yang sangat banyak, tapi di game ini disediakan teleportasi yang memudahkan pemain berpindah tempat dengan cepat tanpa harus memasuki area pertarungan. Saat ini cerita utama dari game ini sudah memulai season baru yaitu season kedua dan sudah mengenalkan karakter-karakter terbaru. Job-Job yang ada juga semakin benyak dan bervariasi. Berkat berbagai macam event kolaborasi dengan serial FF lainnya, bnayak Job tambahan yang bisa dipakai. Misalnya pada event kolaborasi FF7, pemain bisa mendapatkan Ultimate Hero yaitu Job khusus yang membuat karakter yang kita pakai menjadi karakter pada job tersebut, dalam kolaborasi ini ada Job Cloud dan Sephiroth. Ultimate Hero memiliki kemampuan yang lebih hebat dibandi Job lainnya.
Lalu ada Overboost. Overboost ini seperti namanya melampaui batas dari sebuah kartu maupun sebuah Job. Dengan Overboost sebuah kartu dapat memiliki kemampuan baru, status yang lebih tinggi, dan lebih efisien. Tentunya tetap ada batasan pada tiap kartu. Kartu-kartu ini memiliki tingkatan, yang paling rendah *1 dan paling tinggi *5. Dan ada pula kartu yang terkuat atau disebut sebagai Supreme Card. Untuk mendapatkan kartu Supreme Card sangat-sangat sulit, kalaupun berhasil mendapatkannya secara acak dengan gacha itu sangatlah beruntung. Karena rate munculnya kartu ini di dalam gacha sangatlah kecil dan tidak wajar. Tetapi saat ini sudah ada Gacha yang memungkinkan untuk mendapatkan kartu ini dengan rate yang lebih tinggi yaitu Super Supreme Summon.
Untuk Echo tersedia banyak kostum dan model. Untuk mendapatkan Echo dengan kostum atau model tertentu hanya bisa didapatkan menggunakan tiket khusus, teteapi pemain dapat memilih dengan bebas Echo yang mereka inginkan. Tiap model memiliki suara yang berbeda.

Mekanisme
Di dalam game ini pemain menggunakan serangan biasa maupun kartu-kartu untuk menyerang musuh. Untuk menggunakan kartu tersebut pemain harus menggunakan sejumlah Orb berelemen yang sama dengan kartu. Karena itulah pada deck pemain tidak bisa sembarang memilih kartu untuk dimasukkan ke Job yang mereka pakai, bisa-bisa pemain tidak dapat menggunakan kemampuan kartu tersebut. Orb ini didapatkan ketika menyerang biasa musuh, dan orb akan muncul secara random. Banyaknya orb yang dapat disimpan sebanyak 16 orb. Untuk support juga bisa didapatkan saat Echo melakukan cheer, akan tetapi hanya Echo model tertentu saja jadi Echo juga cukup berperan dalam pertarungan. Orb tipe support berwarna pink dan sangat jarang didapatkan ketika menggunakan serangan biasa.

Di game ini juga tersedia mode multiplayer di mana tersedia 4 slot player dengan deck mereka masing masing. Tiap player dapat memilih role atau peran mereka di dalam pertarungan tergantung deck yang mereka buat. Jadi, kerjasama adalah kunci dari kesuksesan multiplayer ini. Pada mode ini para pemain melawan Esper-Esper dari serial FF sebelumnya, seperti Adrammelech, Famfrit, Anima, Ultima, Bahamut dan lainnya. Setelah menyelesaikan pertarungan pemain mendapatkan material/bahan khusus yang dapat ditukar dengan kartu atau benda lain yang hanya tersedia di mode ini.
Baik Boss di dalam pertarungan biasa dan multiplayer, Boss memiliki kemampuan tertentu, seperti immune beberapa elemen, immune status negatif, immune terhadap damage baik fisik maupun sihir dan lain-lain. Player harus menggunakan atau mempersiapkan strategi sebelum melawan mereka, tidak jarang pemain memasuki area Boss tanpa persiapan pada saat pertama kali.

Ringkasan
Untuk gacha, pemain harus menggunakan Magicite, yaitu currency premium pada game ini. Meskipun magicite ini bisa di farm atau dikumpulkan pada dungeon tertentu, tetapi tetap saja rate gacha pada permainan ini sangatlah kecil untuk kartu-kartu bagus. Mobius juga memberikan 100 magicite setiap 16 jam dan dapat diambil sewaktu-waktu, misalnya sebelum 16 jam penuh contoh baru terisi 8 jam, pemain dapat mengambil 50 magicite-nya.
Macam-macam Job
Musik pada game ini juga memiliki instrumennya sendiri. Dalam beberapa event kolaborasi, biasanya menggunakan musik-musik yang sesuai dengan kolaborasi tersebut. Untuk pemain baru, saat ini Mobius menawarkan berbagai macam freebies atau item-item yang bisa didapatkan secara gratis dan sangat membantu para pemain pemula. Freebies ini termasuk summon ticket, phoenix down, ether, magicite dll. Phoenix down adalah item yang hanya bisa digunakan untuk melanjutkan pertarungan jika karakter mati pada pertengahan pertarungan. Ether adalah item yang bisa digunakan untuk mengisi penuh jurus pamungkas karakter. Selain itu ada juga warp shard, yaitu item yang digunakan untuk memasuki area tanpa harus melawan musuh.
Nilai keseluruhan: 7.8

Itulah review dari 3 mobile game dari seri Final Fantasy. Dari ketiganya favorit gue sih tiga-tiganya hehe, karena gue penyuka seri ini. Buat kalian yang mau mencoba silakan saja, dan ketiganya memang recommended buat dimainin. Komunitas game ini juga baik-baik dan pasti siap membantu pemain-pemain baru untuk menyelesaikan misi yang ada. Nilai dari ketiga game ini murni pendapat gue pribadi tentunya gue punya alasan-alasan tersendiri yang ngga gue tulis (karena gue rasa ngga perlu) yang gue dapet dari pengalaman gue memainkan ketiga game ini. Yah, cukup sekian, jika kalian punya pendapat lain sah-sah saja, tidak ada yang melarang untuk berpendapat.

Comments

Popular posts from this blog

Final Fantasy XII cara mendapatkan Item Weapon, Armor, Aksesoris Terkuat (termasuk versi Zodiac Age/IZJS)

Banyak variasi item weapon, armor dan aksesoris di dalam Final Fantasy dan yang menjadi pembahasan di sini adalah Final Fantasy XII. Tentu untuk mendapatkan beberapa item membutuhkan waktu dan mungkin hanya bisa didapatkan di penghujung permainan. Item-item ini biasanya memiliki stats dan efek yang sangat luar biasa, sepadan dengan jalannya permainan. Tpi, tentunya tidak akan mudah untuk mendapatkannya. Berikut beberapa item terkuat di Final Fantasy XII, termasuk versi Zodiac Age atau International Zodiac Job System. -WEAPON 1. Sword (1H)      Dalam Final Fantasy XII sword terkuat yaitu Deathbringer, Stoneblade dan Durandal dalam versi Zodiac Age yang terkuat yaitu Great Trango atau dalam versi IZJS disebut Trango Tower. Deathbringer merupakan pedang atau sword (1H) yang memiliki efek death.  Cara mendapatkan Deathbringer: - Mencuri atau steal dari monster rare bernama Ithuno di Barheim Passage.  - Dijual di Balfonheim Port seharga 16.000G.      Cara Mendapatkan Stoneblad

FINAL FANTASY XII - Rahasia dan Bagaimana Cara Mendapatkannya

Kali ini gue bakal bahas tentang game favorit gue yap, mario bros. hehe, ngga lah  gue bukan clickbaiters seperti yang disajikan pada judul topik di atas, Final Fantasy XII atau 12 (dua belas), baik di seri biasa maupun seri zodiac age/Internationa Zodiac Job System (di jepang). So, apa yang menarik dari game ini? Jujur aja sih, ini game open world pertama gue dan konsep yang beda dari seri Final Fantasy sebelumnya yang kalo ketemu musuh ada transisi ke mode battle, di sini mode battle itu dihilangkan dan player langsung bisa berhadapan dengan musuh. Ngga cuma itu yang menarik, ternyata ada banyak rahasia di dalam game ini, berikut beberapa di antaranya, check it out guys. 1. Zodiac Spear Senjata tipe Spear ini adalah yang terkuat dalam game ini. Di dalam versi original (OG), cara untuk mendapatkan senjata ini adalah dengan menghindari beberapa hal, yaitu JANGAN membuka peti-peti berikut: 1) Peti di Lowtown, dekat Dalan's palace 2) Peti sebelum mendapatkan

Monster Rancher 2 Gameshark Codes Cheat Training Stats 100% Working PS1/PSX

 This is my monster rancher 2 gameshark I often use. #golden peach on item slot 19 (must have max lvl house) 80099284 001A #training stats Boost (+99) note (1) 800DA098 0063 800DA09A 24A5 #Mint leaf on item slot 20 (must have max lvl house) 80099288 0012 #Worse Nature (for unlocking certain technique) 30097A59 00A4 # Max lif 80097A20 03E7 # Max Pow 80097A22 03E7 # Max Int 80097A24 03E7 # Max Spd 80097A28 03E7 # Max Def 80097A2A 03E7 #GUTS (R2) D00938AE 0002 801FFCFC 00FF # Never tired 30097A37 0000 #Max skill 80097A26 03E7 #Max Funds 80098FBC E0FF 80098FBE 05F5 #All Monster Cards 5000CC02 0000 8009908C 0101 #Full Zooming In View Mode D001C3CC 2821 8001C3D0 0000 D001C3CC 2821 8001C3D2 0000 #Max Monster Health (In-Battle) 801FFCDC 03E7 #100% Loyalty & 'Even' Status 80097A3C 00F3 #Wild Monster Life Drain (Press L2) D00938AE 0001 801FFC74 0000 #Unlock All CD's 50002601 0000 30099386 0001   #Activation Code For All Techniq