Skip to main content

Kenapa Lucid Dream "BERBAHAYA"?

Pengalaman-Pengalaman Lucid Dream

Hai, gue Hyde di sini gue mau bercerita tentang pengalaman gue pada ssat berada di alam mimpi Lucid Dream atau mimpi sadar. Banyak yang terjadi selama gue melakukan Lucid Dream dari yang paling seru sampai tidak menyenangkan. Sebisa mungkin gue ceritain secara lengkap sama seperti apa yang gue lihat selama mimpi tapi gue ringkas aja mengambil intinya. Kenapa gue nyeritain ini di sini? Entahlah, mungkin yang baca juga ngga banyak. Kita mulai aja.

1. Pengalaman pertama Lucid Dream
Gue mempelajari Lucid Dream pada masa-masa SMA. Di mana pada saat itu rasa ingin tahu gue sedang bergejolak, gue pengen mencari tau semua hal yang ada di dunia ini dan kemudian gue menemukan artikel tentang Lucid Dream. Singkat cerita gue ini tipe orang yang penasaran, jadi apapun akan gue coba seklai dalam seumur hidup gue walaupun gue tau gue ngga bisa ngelakuin itu. Gue pun berusaha mengulik Lucid Dream ini, apa ini beneran, Gimana cara ngelakuinnya sampai cerita-cerita orang yang komen di dalam artikel Lucid Dream. Dan akhirnya gue mempelajari dan mencoba, sehari, dua hari, seminggu, sebulan ngga bisa-bisa sampai satu malam gue inget pesan dari seseorang yang ngasih komentar "sebelum melakukan luci dream pikran harus tenang dan coba atur nafas." Dari situ gue mencoba untuk menenangkan diri, mengatur nafas dan gue isi pikiran gue dengan kata-kata "tidur" sampai akhirnya gue tanpa sadar tertidur. Pada saat tidur gue masuk ke dalam mimpi, gelap ngga ada apa-apa, gue sadar gue ada di alam mimpi dan gue mencoba untuk menciptakan sesuatu, saat itu gue nyiptain pedang yang gue genggam di tangan gue.
Itulah pertama kalinya gue merasakan yang namanya Lucid Dream.

2. Lucid Dream paling wah
Ini terjadi pada saat gue melakukan Lucid Dream untuk yang kedua kalinya, kayak semacam perayaan gue gitu karena gue bisa mengendalikan mimpi. Lucid Dream ini terjadi tidak jauh dari Lucid Dream yang pertama hanya berselang 2-3 hari (gue lupa tepatnya). Saat berada di alam mimpi gue ngajak temen gue untuk masuk ke alam mimpi. Di dalam mimpi itu dengan pedenya gue ajak temen gue menuju ke alam mimpi yang sebenernya gue sendiri belum pernah tau. Di alam mimpi gue sama temen gue pergi ke suatu tempat, karena di mimpi itu gelap dan akhirnya gue berjalan ngga tentu arah dan temen gue cuma ngikutin dari belakang sampai akhirnya gue sama temen gue sampai di depan sebuah gerbang besa dan gue bilang ke temen gue kalo itu adalah gerbang menuju ke alam mimpi, temen gue ngga percaya sampai akhirnya gue buka gerbang itu. Di dalamnya bener-bener rame, penuh warna, gue sendiri takjub ngeliatnya. di samping kiri kanan ada bangunan besar yang berbentuk mirip rumah masing-masing rumah punya warna yang berbeda dan ada tulisan alam mimpi yang ada di dalamnya. Gue ngga buka satupun pintu/gerbang rumah itu, gue cuma melewati dan melihat dari jalan aja. di langitnya banyak benda-benda aneh, seperti balon raksasa, Naga, hewan-hewan yang ngga lazim bentuknya dan banyak lainnya gue ngga bisa inget satu per satu. Langitnya warna-warni, dan setelah gue melewati semua rumah pintu gerbang di alam mimpi itu ketutup dan gue bilang ke temen gue "gimana? gue bener kan? bisa ngebawa lu ke alam mimpi."

3. Lucid Dream dari terbunuh sampai hampir mati
Mungkin bukan cuma gue yang pernah ngerasain hal ini. Tapi, ini bener-bener bikin gue merinding dan bikin gue merenungkan semua perbuatan yang udah gue lakuin di dunia ini sampai berhari-hari. terbunuh di dalam mimpi mungkin biasa terjadi, karena dalam salah satu artikel tafsir mimpi gue ngebaca sendiri apa maksud dari mimpi terbunuh itu. Tapi pada saat gue terbunuh di dalam mimpi gue bener-bener ngerasain sakitnya dan perlahan kehilangan kesadaran. Di awal mimpi gue berada di dalam area pasar swalayan. Gue sendiri di mimpi itu, entah apa yang lagi gue cari dan tiba-tiba ada orang yang bawa golok besar ngejar-ngejar gue. Gue terus lari dari kejaran itu orang tapi karena ada sesuatu yang ngalangin jalan gue akhirnya orang itu berhasil ngejar gue dan tanpa basa-basi langsung negbacok punggung gue dari pundak sampai pinggul dalam satu tebasan. Anehnya gue ngga ngerasa sakit yang luaar biasa pada saat kena tebasan/bacokan golok itu, gue langsung terkapar bersimbah darah, gue ngerasain darah di seluruh tubuh gue, hangat perlahan-lahan berubah jadi dingin dan gue mulain hilang kesadaran. Saat gue nutup mata gue kembali ke dunia nyata. Satu lagi pengalaman hampir mati yang bener-bener gue takutin sampe sekarang. Di dalam mimpi itu gue ngajak adek gue jalan-jalan naik motor keliling komplek. Singkatnya pada saat gue hampir sampe depan rumah gue setelah selesai keliling komplek tiba-tiba motor gue ini mogok dan waktu udah malam, cuma ada lampu-lampu tiang dan teras rumah-rumah tetangga gue yang nerangin jalan. Adek gue nanya ada apa dan setelah gue nengok ke belakang adek gue ngilang, ngga lama setelah itu semua lampu pecah satu per satu, akhirnya jadi bener-bener gelap gulita. Motor yang gue naikin juga tiba-tiba ngilang, setelah itu gue ngerasa jantung gue berhenti berdetak dan gue jatuh ke lubang hitam tanpa dasar, seketika gue langsung bangun dan jantung gue masih ngerasa sakit.

Yah, mungkin itu yang bisa gue share ke kalian. sebenernya masih banyak pengalaman seru di dalam Lucid Dream gue. Maaf kalau artikel ini kurang menghibur, yah karena gue bukan penghibur, hehe. Gue bener-bener minta maaf, kalau kalian ngerasa artikel ini terlalu ngebosenin atau apalah terserah kalian, gue cuma berbagi pengalaman. Kalau kalian punya cerita menarik juga bisa kalian share di sini, atau kalian punya artikel seperti ini juga silahkan berbagi. Ngga semua mimpi itu indah, terkadang mimpi buruk datang tanpa mengetuk pintu, saat kita bermimpi indah jangan lupa untuk bersyukur dan saat kita bermimpi buruk itu adalah peringatan untuk terus bersyukur, apaan sih. okelah terima kasih sudah mau berkunjung, Hope you always have a nice day, cheers.

Comments

  1. Bang kok saya sudah mencoba tapi kok cuma gelap bang. Padahal saya sudah relax sudah masuk ketahap dimana saya susah nafas terus saya bawa relax tiba tiba gelap. Lalu saya kebangun karena takut :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu nyoba apa? lucid dream? kalo itu kamu masuk ke tahap sleep paralysis

      Delete
    2. Kak mau nanya aku bener gapernah belajar soal lucid dream to aku berkali-kali kaya ngalamin mimpi yang yah aku sadar kalo aku lagi mimpi dan aku bebas ngelakuin yang aku mau dimimpi (tergantung skenario) itu berkali-kali sejak kecil
      Normal nggak sih ngalamin lucid dream bekali-kali?

      Delete

  2. Kak, aku sebenernya pengen banget nyoba lucid dream tapi takut kalau mimpiin hal hal aneh trus jadi trauma gini gitu... Ada saran gak?
    Thx hyde

    ReplyDelete
  3. Sebenernya Lucid dream ngga akan membawa ke mimpi2 aneh, justru lucid dream digunakan sebagai penghilang trauma. Mimpi itu berasal dari bebean pikiran, jadi selama beban pikiran yang dibawa negatif ya maka akan mengalami mimpi buruk, dan sebaliknya. jadi, untuk mencoba lucid dream usahakan untuk berpikiran positif. Supaya saat permulaan mimpi/saat masuk ke alam mimpi itu tidak buruk

    ReplyDelete
  4. Ka aku pernah nyoba lucid dream, tpi semuanya gelap gtu. Mungkin lgi tahap sleep paralysis kli ya? . Tpi itu lama banget kak aku ngerasa kyk jatoh berkali" gitu
    Tpi anehnya ga mimpi2. Itu kenapa yaaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya itu lagi proses tahap masuk ke lucid, emang agak lama tapi cukup tenang dan setelah itu kamu bisa merasakan ada di dalam mimpi dengan pendengaran dan penglihatan yang stabil

      Delete
  5. Pngen deh bisa lucid dream, udah kucoba berkali kali gagal mulu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada banyak cara, mungkin bisa dicoba dengan cara-cara lain. kalo udah nyoba semua, gapapa, ga perlu buru-buru dan terus coba

      Delete
  6. Aku pernah lucid dream tapi itu ga disengaja, tadinya itu mimpi biasa tapi tiba tiba aku bilang 'inikan mimpi' dan akhirnya aku temuin nenekku yg udh meninggal aku nangis sejadi jadinya dan lucid dream berganti kemimpi biasa lagi, karena aku gk bisa ngendaliin emosi:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikut sedih, gue juga pasti ga bisa nahan emosi kalo keadaan begitu

      Delete
  7. Hallo kenalin gue Alif, gue pernah ngalamin lucid dream pas gue SMA itu karna keinginan gue ketemu seseorang yg gue kangenin dan ga kesampaian didunia nyata malah kebawa ke dunia mimpi dan grgr itu tbtb gue sadar gue dimimpi, gue bisa ngendaliin itu mimpi selama 3 hari berturut-turut mimpi gue selalu indah karena gue yg ngendaliin itu. Dan tbtb pas gue lg asik di mimpi gue didtgin org Budhha yg nawarin gue mau dilanjut lucid dream tapi nyawa taruhannya ato ga dilanjutkan. Gue takut bgt saat itu dan milih ga dilanjutkan. Dan bener aja setelah itu gue ga lucid dream lagi hingga 2th berlalu. Gue mau bgt lucid dream lagi. Gue Uda coba tp g berhasil gmn ya?:")

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo menurut gue sih, itu adalah pengganggu karena ga suka lu mimpi yang indah. Tapi bisa juga itu adalah peringatan atas perbuatan ketika lu berada dalam keadaan di lucid dream, atau mungkin itu adalah kepribadian lu yang lain, emosi lu yang lain terhadap orang itu dan lu nyoba buat nutupin hal itu di dunia nyata dan akhirnya masuk ke dalam mimpi.

      Kalo misalnya mau lucid dream lagi, coba gunain cara yang sama kalo misalnya lu masih inget sama orang itu, karena ini bisa jadi jembatan yang paling gampang buat dilewatin menuju lucid dream lu. Atau coba-coba lagi dengan cara yang lain.

      Ini cuma saran yang bisa gue kasih. kalo misalnya berhasil ya syukur karena gue juga bukan orang yang bener-bener ahli lucid dream

      Delete
  8. Secara gak sadar ternyata gua dari dulu
    Ngelakuin lucid dream tapi kadang kadang mimpi gua jadi kenyataan yang sama persis di dunia nyata

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo menurut gue sih ya, karena gue juga pernah ngalamin kayak gini, itu karena sebelum tidur terlalu cemas atau mikirin sesuatu yang bakal terjadi besok. Jadi, bikin predikisi sendiri dari berbagai macam prediksi pasti bakal milih yamg buat nyaman, nah prediksi yang nyaman itu dibuat di lucid dream dan akhirnya ngerasa besoknya kayak pernah kejadian

      Delete
  9. Kak cara masuk ke sp gimana ada yang bilang harus ngitung sampai kita tertidur tapi malah gak bisa tidur trus klo udah sp itu kita bisa buka mata?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya itu salah satu caranya supaya kamu tertidur dengan tenang, harusnya begitu.

      kalo udah sp bisa buka mata tapi sebaiknya jangan, karena kemungkinan kamu bakal ngeliat sesuatu yang ngga mau kamu liat selama ini. Tapi kalo kamu berani ya silakan aja, tapi nanti kamu justru malah sadar alias bangun dari tidur

      Delete
    2. Maksudnya apa ya Bang,kok w jadi takut dha wkwkw

      Delete
    3. Ya simplenya ketika ada di fase sp kita lagi ada diantara dua dunia, kalo maksa buat buka mata pas fase itu kemungkinan bakal ngeliat sesuatu

      Delete
  10. Ente Mesti Tenang dan pastikan tidak ada beban pikiran yang ada dipikiran ente
    trus ente bikin ruangan tidur itu senyaman mungkin dari posisi tidur ampe pakaian ente mesti nyaman
    Mau Lebih gampang Sleep Paralysis ? Jgn tidur arah kesamping
    arahnya keatas lebih mudah sleep paralysis :)
    ane dah sering, Trus jangan panik karna pas lagi SP pasti panik
    gw ada trick, kalo mau sadar dan bangun dari SP lu gerakin aja jari kaki lu
    pasti sadar tapi jadi GAGAL masuk ke Lucid

    ReplyDelete
  11. Habis sleep paralysis ngalamin suasana gelap dan tenang. Aku nyoba buka mata perlahan...masih rebahan di kamar,cuman kasurnya beda..terus penglihatan agak kabur...aku nyoba keluar kamar jalan sempoyongan soalnya rasanya enteng bgt kayak lgi mabok.jdi gk fokus terus terbangun

    ReplyDelete
  12. hari ini sewaktu aku tidur, aku mengalami sleep paralyisis tanpa sengaja. aku ingat kalau lucid dream datang sehabis sp jadi kutahan sampai ngerasa kayak berputar-putar. Sehabis berputar-putar saya ngerasa gejolak dari sp udah hilang dan mulai melakukan reality check. Saya lihat jari-jariku dan jumlahnya ada 6, selain itu juga mencoba mencubit tangan tapi gak ngerasa sakit. Karena hari itu gw ada sariawan, jadi dalam mimpi gw meraba sariawan tapi tetap saja tidak merasakan sakit. Saat itu bingung sih mau melakukan apa dalam lucid dream. Jadi saya mulai dengan keluar dari kamar. Saya kirain lucid dream mitos, tetapi setelah merasakannya ternyata lucid dream itu real adanya. Karena tidak tau mau melakukan apa, jadi saya mau melakukan hal simple yaitu mengubah tempat yang dari awalnya depan kamarku menjadi kamar rumah sakit Dann wow beneran serasa habis teleportasi. Anehnya tiap kali merem langsung pindah kembali ke tempat awal (Kamar Tidur). Semakin lama di dalam lucid dream semakin sering ke tempat awal, waktu itu cuma 2 kali berkedip saja langsung kembali ke kasur. Setelah hari ini mungkin saya mau melakukan lucid dream lagi untuk merasakan sensasi yang luar biasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mau berbagi pengalamannya.

      Terus bermimpi

      Delete
  13. Untung Aku Dah Bisa Ngontrol Tapi Kadang" Hilang Kontrol Juga Sih:'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, kalo udah excited emang susah ya buat dikontrol

      makasih sudah berkunjung

      Delete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Nah sy punya masalah nih saat ld
    1.Kadang Kg Bisa Bangun
    2.Saat bangun saya bangunnya dari mimpi trus bangunnya masih bangun di mimpi
    3.Gk bisa ngebayangin sesuatu
    Btw bisa g minta saran tema yg seru dilakukan saat lucid dream

    ReplyDelete
  16. Hydar Minta saran gua gapernah tau yg namanya LD skrang aja baru tau dan nyoba nyari tau dan ternyata gua sering ngalamin itu tapi gua gapernah SP dan gua juga sering d javu jadi w pernah mimpiin gua kecelakaan nah pas beberapa thn kemudian itu terjadi trus pas setelah kejadian itu w sadar w pernah mimpiin ini
    Dan juga w kadang bisa maksa diri gua bangun dari mimpi
    Kdang juga mimpinya ga terkendali pdahal w sadar itu mimpi
    Kadang bisa ngendaliin mimpi seperti yg gua mau
    Btw itu LD apa bkn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo itu namanya bukan deja vu tapi deja reve. Gue sendiri belum terlalu paham soal itu, bisa dicari tau sendiri.

      selama lo sadar kalo itu mimpi atau bahkan cuma sekedar "memilih" sebuah kejadian atau misal "lari" dari suatu keadaan, itu bisa dikatakan lucid dream.

      Delete
  17. Bro mau nanya nih?

    Misal kita lagi lucid dream, terus kita bawa temen kita/pacar kita

    Apakah dia merasakan juga ke bawa mimpi atau dia cuma halusinasi kita

    ReplyDelete
  18. Hai kak!
    Gue sering ngalamin ld kalo gue tidur karena gue pengen, tapi kadang kerasa di dunia nyata juga sih.
    Gua sadar kalo itu mimpi, tapi kadang tempatnya kayak udah ada yang ngatur gitu.
    Pas pertama masuk emang gelap, terus gue berusaha ngeraba, pas ketemu sesuatu kayak kotak baru gua tahu "ini di mimpi dan gua di sekolah". Terus disitu gua nyoba main sama temen temen gue, gue kayak main laptop sama temen, streaming drakor gitu, padahal nggak dibolehin bawa laptop ke sekolah.
    Terus gue bangun, tapi nggak inget gue habis ngimpi.
    Pas gue sekolah kok beneran kejadian kak.
    Kak mau nanya, misal kita tindihan, tapi kita sadar kalo belum bangun dan masih mimpi, terus kita bisa bangun kalo kita bisa menahun teka teki yang ada d mimpi itu, termasuk lucid dream nggak sih kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cerita yang menarik. Iya itu termasuk lucid dream juga

      Delete
  19. Aku juga pernah ngalamin lucid dream waktu aku ketiduran, dan di sebelah aku ada ibu sama kakakku lagi nonton tv.
    Posisi wajahku waktu itu ngadep ke ibu sama kakakku. Pas aku sp aku berusaha manggil "Bu! Kak!". Aku seolah denger suaraku, tapi ibuk sama kakakku nggak nengok.
    Setelah itu kayak gelap, tapi balik lagi ke ruang tv sama kayak tadi, bedanya aku bangun dan aku majuin tangan ku seolah mau megang tangan ibuku soalnya aku pusing banget, semuanya keliatan kabur.
    Tapi belom Sampek kusentuh badanku kebanting, ya walaupun kebanting di atas sofa. Terus pas aku bangun ke dunia nyata aku ngeluarin suara kayak nafasku tercekat tapi cepet banget, sampek ibuku kaget terus nengok denger suaraku. aku tau ibuku nengok, tapi aku masih ngeliatin langit langit ruang keluarga ku. Tapi ibuku kayak tau terus langsung ngelus ngelus kepalaku terus bilang "habis mimpiin apa?". Akunya malah kaget denger suara ibuku padahal aku tau kalo itu beneran ibuku hehe.
    Itu lucid dream bukan ya kak?

    ReplyDelete
  20. Ka mau nanya.. belakangan ini aku sering ngerasa kaya lucid dream.. soalnya aku sadar pas lagi di alam mimpi..

    Enaknya ini,,kalo aku mikirin sesuatu,, sesuatu itu langsung ada..
    tapi ada sadnya juga.. Soalnya.. kalo aku bayangin sedikit aja tentang hantu atau monster.. tiba" hantu atau monster itu ada..

    Ini bener lucid dream atau bukan sih ka?? Kalo bener.. cara ngontrolnya gimana?? Soalnya,, aku paling takut kalo ngebayangin hantu atau monster ka..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi lucid dream. perlu latih dengan membayangkan hal hal yang bikin kamu tenang. pemandangan, teman/sahabat/orang terdekat, hewan kesukaan dan lain-lain. pelan-pelan aja, Dan sekaligus latih atur pernafasan

      Delete
  21. Kalau gua tiba sleep paralysis selalu kebangun kadang kek panik gitu...pada tahap sleep paralysis gua sebelumnya kek ngeliat kegelapan tapi ada cahaya kemudian.....ada momen pas kadang kek susah bernafas dan suara gk ada gitu walaupun kita teriak....gimana dong sarannya...gua takut di kehidupan nyata pas gua lagi tahap sleep paralysis atau lucid dream gua gk bernafas juga ����?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itu memang wajar seperti itu. Sleep paralysis tidak lama walaupun seperti terasa sangat lama. Kalo kamu ga bernafas pasti kamu bisa langsung sadar karena reflek

      Delete
  22. Ane juga baru aja nih beberapa menit yg lalu kebangun dr lucid dream. Tapi lucid dream nya di dalam mimpi. Jadi ane tidur di dunia nyata. Abis itu langsung masuk ke mimpi biasa. Stelah beberapa kejadian di mimpi itu, akhirnya w tidur. Dan di mimpi dalam mimpi ini, ane sadar. W langsung observasi tentang lucid dream. Kayak merhatiin wajah, ekspresi orang yg lewat, kendaraan, sama warna baju orang yg katanya tmn sdku klo merhatiin warna baju bakal kebangun. Nah w sadar klo w tanpa alas kaki jalan jalan keliling komplek. Akhirnya w lgsg nyiptain sepatu. W comot sembarang piring di pinggir jalan yg lg ada acara. W berdoa dan lgsg muncul kerupuk. Karena w tau bakal dicari tmn, akhirnya w bangun dari tidur. Tapi ternyata w blom bangun secara kenyataan. Akhirnya w coba bangun sampe denger suara orang ketawa, gatau itu beneran atau halusinasi, akhirnya ane bangun di kenyataan sambil kaget.
    Bisa dibilang ini lucid dream pertama sih.. walo baru kesampean stelah research terus menerus dr 2 thn yg lalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru juga ya pengalamannya haha.

      terima kasih sudah mau berbagi ceritanya dan mampir :)

      Delete
  23. Hai Bang Hydar..
    Saya lucid dreamer, saya mau nulis buku tentang lucid dreamer tapi lebih ke imajinasi. Boleh tidak bang kalau pengalaman abang saya jadikan sumber. Jujur karena saya kurang tahu orang yang pernah melatih lucid dream atau memang dia lucid dreamer sejati. Saya nulis masih pemula. Buat melatih keterampilan nulis heheheh.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya silakan, dengan senang hati :)

      kalo udah jadi kabari lagi ya, Dan semangat nulisnya

      Delete
  24. Hai Bang Hydar..
    Saya lucid dreamer, saya mau nulis buku tentang lucid dreamer tapi lebih ke imajinasi. Boleh tidak bang kalau pengalaman abang saya jadikan sumber. Jujur karena saya kurang tahu orang yang pernah melatih lucid dream atau memang dia lucid dreamer sejati. Saya nulis masih pemula. Buat melatih keterampilan nulis heheheh.... :)

    ReplyDelete
  25. Hi kak! Aku mau nanya nih...
    Aku sering banget sadar kalo lagi mimpi tapi aku gatau pasti ini bisa dibilang lucid dream atau bukan. Soalnya setiap aku sadar kalo lagi mimpi, seringnya tuh langsung kebangun.
    Pernah suatu waktu, aku mimpi lagi ditaman bareng idol aku, chanyeol (cuz im a kpop addict hehe) disana kita ngobrol bareng. Posisinya tuh aku duduk sila, chanyeol tiduran gitu (paha aku dijadiin bantalan buat dia XD) dan aku sadar kalo itu lagi di mimpi. Reflek aku bilang gini
    " eh inikan lagi di mimpi.. makasih ya oppa udah hadir di mimpi aku" trus respon dia cuma senyum gitu ke aku dan ga lama aku kebangun. Ini termasuk lucid dream atau bukan kak? Aku sering banget sadar kalo lagi mimpi cuma ya gitu seringnya langsung kebangun setelah sadar kalo lagi di mimpi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bisa dibilang itu lucid dream, cuma kamu kurang konsentrasi atau belum sepenuhnya tau luicd dream, jadinya konsentrasi untuk tetep ada di mimpi buyar atau kemana-mana, dan juga mungkin terlalu bergairah (excited).

      Delete
  26. Mau nanya nih kak,,,
    Biasanya kalo aku lgi demam gitu suka ngalamin hal aneh gituu kayak tiba tiba ngerasa ada ombak besar yang dateng,,trus ngerasa kayak ada gulungan benang merahh,,benda benda ukuran kecil tiba tiba jdi besar,,,perasaan jadi nggk enak ketakutan. Kalo aku udh kyk gitu biasanya di ajak jalan supaya tenang dan bisa tidur nyenyak lagi. Apa itu juga termasuk ld atau ada istilah lainnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ngerasa kayak gitu, sekedar saran aja untuk konsultasi ke yang ahlinya, dokter atau psikiatris

      Delete
  27. Kak aku sering banget lucid dream yang bisa aku kendaliin, aku juga sering sp, tapi kalo di aku, sp ngga ada kaitannya sama lucid dream, kok orang² selalu mengatakan kalau mau lucid dream harus sp dulu, padahal aku nggak pernah tuh, sp sebelum lucid dream

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, sebenernya Gue juga sama, lucid dream tanpa melalui sp, makanya ada beberapa poin yang miss, tapi setelah membaca beberapa artikel, memang beberapa mengatakan ada yang harus melalui sp untuk mencapai lucid dream, Dan memang ada beberapa yang bisa lucid dream tanpa sp

      Delete
  28. Kak LD bahaya gk sih?
    Soalnya aku pernah mimpi, disitu aku sadar kalo aku LD trus aku bisa denger suara dari luar tapi gk bisa bngun, kaya jiwa ku gk disitu trus karna takut bahaya,aku maksa bngun, abis ke bangun badanku pegel2 kepala dikit pusing itu bahaya gk sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada yang bilang bahaya termasuk saya, ada yang bilang ga bahaya.

      itu terjadi karena kamu emang maksa bangun dan karena tubuh kamu maih mau istirahat, jadinya begitu

      Delete
  29. Kak, aku sering bgt ngalamin sleep paralysis sama lucid dream. Setiap sleep paralysis yang ku rasain itu seluruh tubuh mati rasa, tapi aku masih bisa liat keadaan kamar dan denger suara nafas sendiri. Dlm hati bilang, ah kaya gini lagi,,lanjut deh pasrah dan kembali ke dunia mimpi
    Di dunia mimpi pun aku sadar kl itu bukan kenyataan dan akhirnya cuma ngikutin aja alur mimpinya sambil ngubah sedikit keadaan di sana sih, tapi parahnya kdng aku mimpi seolah udh bangun, tp sebenernya masih mimpi. dan disini kdng aku ga bisa bedain antara mimpi dan kenyataan:(((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berbagi ceritanya.

      Semoga bisa melewati itu semua ya, seperti saya

      Delete
  30. Kak, mau nanya kalau kita sadar kita lagi mimpi tapi seperti berjalan sesuai skripsi apa itu LD. lalu kalau LD gimana ngajak org ke mimpi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang yang ingin diajak ke mimpi harus sedang tidur,, dan pas udh sp atau lucid dream perintahkan atau kasih clue kamu mau ngajak temanmu ke mimpi

      Delete
  31. Caranya menciptakan atau melakukan sesuatu sesuai dengan keinginan kita di dunia mimpi gimana Kak. Kayak kakak bikin pedang di dunia mimpi. Nah misalkan di dunia mimpi sy pengen bikin pedag juga, tp gk tau caranya. Gimana cara ngewujud tinnya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya harus masuk dulu ke lucid dream nanti tinggal bayangin aja apa yang kamu mau buat muncul, butuh konsentrasi dan fokus yang tinggi

      Delete
  32. Bantuanya kak, saya sering SP cuman pas mejemin mata ditelinga itu kayak ada suara berisik banget . Awalnya gw coba tenang tapi lama lama takut , alhasil gw maksain badan bangun . Itu normal atau gimana ya kak. Kasi saran nya dong biar bisa ngelewatin SP itu kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya SP itu memang cukup normal ada suara-suara, dan ya emang agak susah buat tenang dalam keadaan SP. Kalo saran sih, ya coba lawan suara-suara itu pake sugesti lain, misal jadiin suara musik atau terima aja itu memang tahapan dari SP menuju lucid dream

      Delete
  33. Yg bagian terbunuh dan dibacok itu mirip sama aku btw. Saat itu aku lucid dream, lagi jalan2 di swalayan juga trus tiba2 ada orang bawa sabit dan bacok dari belakang. Bedanya dia ngebacok di leher dan itu bener2 bikin aku takut. Rasanya sakit banget tapi cuma sebentar, trus setelahnya aku jatuh dan raba leherku. Hangat, di sekitarku ada genangan darah. Trus banyak orang2 datang tapi gk nolongin mereka cuma nonton, setelah itu baru Mama telpon ambulans, tapi sayangnya aku udah di ambang jadi.. gelap dan aku bangun ke dunia nyata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serem juga ya, kirain beneran dibawa ambulans taunya pas belom bangun

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Final Fantasy XII cara mendapatkan Item Weapon, Armor, Aksesoris Terkuat (termasuk versi Zodiac Age/IZJS)

Banyak variasi item weapon, armor dan aksesoris di dalam Final Fantasy dan yang menjadi pembahasan di sini adalah Final Fantasy XII. Tentu untuk mendapatkan beberapa item membutuhkan waktu dan mungkin hanya bisa didapatkan di penghujung permainan. Item-item ini biasanya memiliki stats dan efek yang sangat luar biasa, sepadan dengan jalannya permainan. Tpi, tentunya tidak akan mudah untuk mendapatkannya. Berikut beberapa item terkuat di Final Fantasy XII, termasuk versi Zodiac Age atau International Zodiac Job System. -WEAPON 1. Sword (1H)      Dalam Final Fantasy XII sword terkuat yaitu Deathbringer, Stoneblade dan Durandal dalam versi Zodiac Age yang terkuat yaitu Great Trango atau dalam versi IZJS disebut Trango Tower. Deathbringer merupakan pedang atau sword (1H) yang memiliki efek death.  Cara mendapatkan Deathbringer: - Mencuri atau steal dari monster rare bernama Ithuno di Barheim Passage.  - Dijual di Balfonheim Port seharga 16.000G.      Cara Mendapatkan Stoneblad

FINAL FANTASY XII - Rahasia dan Bagaimana Cara Mendapatkannya

Kali ini gue bakal bahas tentang game favorit gue yap, mario bros. hehe, ngga lah  gue bukan clickbaiters seperti yang disajikan pada judul topik di atas, Final Fantasy XII atau 12 (dua belas), baik di seri biasa maupun seri zodiac age/Internationa Zodiac Job System (di jepang). So, apa yang menarik dari game ini? Jujur aja sih, ini game open world pertama gue dan konsep yang beda dari seri Final Fantasy sebelumnya yang kalo ketemu musuh ada transisi ke mode battle, di sini mode battle itu dihilangkan dan player langsung bisa berhadapan dengan musuh. Ngga cuma itu yang menarik, ternyata ada banyak rahasia di dalam game ini, berikut beberapa di antaranya, check it out guys. 1. Zodiac Spear Senjata tipe Spear ini adalah yang terkuat dalam game ini. Di dalam versi original (OG), cara untuk mendapatkan senjata ini adalah dengan menghindari beberapa hal, yaitu JANGAN membuka peti-peti berikut: 1) Peti di Lowtown, dekat Dalan's palace 2) Peti sebelum mendapatkan

Monster Rancher 2 Gameshark Codes Cheat Training Stats 100% Working PS1/PSX

 This is my monster rancher 2 gameshark I often use. #golden peach on item slot 19 (must have max lvl house) 80099284 001A #training stats Boost (+99) note (1) 800DA098 0063 800DA09A 24A5 #Mint leaf on item slot 20 (must have max lvl house) 80099288 0012 #Worse Nature (for unlocking certain technique) 30097A59 00A4 # Max lif 80097A20 03E7 # Max Pow 80097A22 03E7 # Max Int 80097A24 03E7 # Max Spd 80097A28 03E7 # Max Def 80097A2A 03E7 #GUTS (R2) D00938AE 0002 801FFCFC 00FF # Never tired 30097A37 0000 #Max skill 80097A26 03E7 #Max Funds 80098FBC E0FF 80098FBE 05F5 #All Monster Cards 5000CC02 0000 8009908C 0101 #Full Zooming In View Mode D001C3CC 2821 8001C3D0 0000 D001C3CC 2821 8001C3D2 0000 #Max Monster Health (In-Battle) 801FFCDC 03E7 #100% Loyalty & 'Even' Status 80097A3C 00F3 #Wild Monster Life Drain (Press L2) D00938AE 0001 801FFC74 0000 #Unlock All CD's 50002601 0000 30099386 0001   #Activation Code For All Techniq