Di sini gw mau ngasih review (singkat aja) tentang game yang bikin gw lupa waktu pas lagi main. Clair Obscur: Expedition 33, orang-orang nyebutnya cuma expedition 33 ya karena biar singkat aja. Ga perlu lama-lam langsung aja ke review yang gw buat. Gw sendiri saat ini belum kelar mainnya, dan gw main di expert difficulty yang jadi agak makan waktu buat progress.
Expedition 33 adalah game yang berlatar belakang di Perancis dengan tema cerita yang cukup gelap. Di dalam gamenya pun diperingati kalau game ini mungkin akan buat depresi. Buat yang suka game tema gelap gini kayak gw si ya pasti bakal suka sih. Expedition 33 sendiri adalah sebutan untuk mereka yang akan melakukan ekspedisi di dunia yang penuh misteri, dunia itu dibuat oleh seorang Paintress, dan expedisi ini dilakukan untuk mengungkap siapa Paintress tersebut.
Dari segi cerita game ini ga terlalu berat dan yang gw suka adalah dialog-dialognya yang ga ngebosenin. Tiap karakter punya cerita, dan terus terungkap seiring berjalannya petualangan yang dijalanin. Ga banyak omong kosongnya, NPC-nya pun juga punya dialog yang sederhana dan beberapa memiliki interaksi lebih dalam. Ya karena gw belum tamat juga, jadi gw juga masih rada bingung sama ceritanya.
Game ini memiliki tingkat kesulitan yang berbeda, yaitu ada 3, yang paling mudah yaitu tingkat kesulitan untuk menikmati ceritanya, normal, dan expert buat kalian yang gila akan menyiksa diri sendiri. Gw belum liat tingkat kesulitan yang paling mudah sih kayak gimana, tapi gw saranin kalian main di tingkat normal aja sih. Kalo kalian mau coba tingkat kesulitan lain di tengah-tengah game juga bisa, game ini menyediakan opsinya. Karena gw main di expert, buat menikmati pertarungan ini tingkat kesulitan paling gw saranin sih, yah walaupun ada gila-gilanya dikit wkwk.
Pertarungannya sendiri memiliki konsep Turn Based atau bergilir. Dan yang unik dari game ini adalah, kita bisa menghindar secara manual dengan sistem timing yang bisa dibilang cukup ketat. Ada 2 tipe hindaran yaitu Dodge dan Parry. Dodge lebih mudah karena meskipun timingnya agak kurang dikit, kita masih bisa menghindar dan tidak terkena damage, sedangkan Parry itu lebih sulit karena timing yang benar benar harus presisi, namun kita diberikan reward berupa counter attack dan AP. AP sendiri adalah point untuk menggunakan skill. Dan seiring berjalannya waktu akan ada tipe hindaran lainnya, gw bingung mau ngasih tau apa ngga wkwk, kalo gw kasih tau takutnya jadi ga seru lagi buat kalian.
Sistem dari karakternya sendiri seperti JRPG lainnya, ada leveling, skill, weapon dll. Gw ga bakal bahas lebih lanjut soal ini.
Beberapa kekurangan di game ini yaitu dunianya yang cukup luas tapi kerasa kosong aja, memang ada beberapa NPC di sana sini, cuma kayak kurang aja, dan juga ga begitu banyak interaksi dengan objek-objek di sekitar. Sama sistem map, di sini kita cuma bisa geser-geser map, ga ada penanda, ga ada fast travel. Memang ada fast travel tapi bukan di world mapnya. Harus progres cukup dalam buat menikmati perjalanan cepat.
Secara garis besar, game ini sangat mind blowing, apalagi ketika misteri mulai terungkap. Benar-benar layak untuk dicoba, ga salah game ini digadang-gadang menjadi game of the year selanjutnya. Musik-musiknya juga sangat menyatu dengan nuansa gamenya.
Itu aja dari gw, waktunya buat namatin wkwkwk, selamat mencoba juga.
Comments
Post a Comment