Skip to main content

Kenapa Lucid Dream "BERBAHAYA"?

Pelajaran Berharga untuk Sony Dengan Kejadian yang Menimpa Concord

Gw mau nulis ini di media lain sebenernya, tapi alangkah baiknya gw nulis di sini aja. Concord, Game yang menghabiskan biaya sekitar 200 juta dolar atau setara 3 T! rupiah (angka yang cukup fantastis untuk sebuah video game) dan juga waktu yang cukup lama yaitu 8 tahun, akan berhenti beroperasi hanya dalam 2 minggu semenjak rilisnya.


Gambar diambil dari Twitter

Ini merupakan sejarah dalam video game, sejarah yang memalukan, sangat memalukan. Oke, gw breakdown dulu dari Concord itu sendiri itu apa. Concord, adalah video game yang dibentuk dalam live service atau online gaming, yang dimana kita membutuhkan koneksi internet untuk memainkannya. Concord merupakan PVP yang bisa dibilang mirip sistemnya dengan Overwatch. Dengan biaya yang fantastis dan waktu yang cukup lama membuatnya, Sony ataupun Developer pasti sangat menantikan keuntungan atau kesuksesan yang luar biasa dari game ini. Tapi, kenapa justru Concord ini berhenti beroperasi? Berikut ini pandangan gw (dan beberapa tokoh) kenapa Concord gagal.

1. Salah Marketing

Concord melakukan promosi sosial media dengan gencar, mereka memasarkan game ini dengan embel embel "modern gaming audience" yang mengacu pada orang-orang yang mensupport LGBT. Dari situ, seolah-olah mereka memang hanya mengincar audience dari komunitas tersebut, dan ini cukup fatal. Dan mereka pun sebenarnya sudah mendapat kritikan dari hal tersebut sebelum perilisannya. Karakter yang mereka desain pun memang cukup menggambarkan komunitas tersebut.

2. Desain Karakter

Seperti yang udah gw sebut di atas, desain karakter di game ini sama sekali tidak memanjakan mata. Gw sebenernya juga ga masalah dengan desain bentuk yang amburadul, cuma ini adalah karakter default dari sebuah game dengan budget fantastis, kalo dari kita sendiri yang bisa custom karakternya sih ga masalah.

3. UI

Baru kali ini, gw nemu game yang menggunakan "pronounce" atau sebutan dalam bhs.Inggris seperti he/she/it untuk sebuah karakter. Gw sebagai orang yang udah puluhan tahun main video game, ga pernah peduli dengan sebutan karakter. Kalaupun ada, itu pasti datengnya dari dialog antar karakter, tapi yang ini ngga, jelas terpampang nyata di samping karakternya. Dan jelas, banyak orang yang sebenarnya ga peduli dengan hal ini. Emang jaman dulu ga ada karakter LGBT? Banyak! tapi apa mereka nulis pronounce-nya? Ngga! dan apa yang mainin gamenya peduli sampe sekarang? NGGA!!!

gambar diambil dari post @Hunter_GS

4. kesalahan Developer

Beberapa hari sebelum ditutupnya Concord, salah satu Developer Concord bisa dikatakan tidak peduli dengan audiencenya. Dia negpost di twitter/x dengan menyebutkan orang yang bermain game "talentless freaks" atau orang aneh tanpa talenta. Seharusnya mereka tahu kalau yang mereka sebut itu adalah orang yang akan memainkan game mereka. Ini merupakan pukulan telak yang bisa menghancurkan reputasi sebuah video game. Developer yang anti kritik merupakan "red flag" untuk sebuah perusahaan.

@anim_xander

5. Gameplay

8 tahun konsep yang sama dengan puluhan game lainnya. Dalam minggu pertama semenjak dirilis mereka mengumumkan akan menyuguhkan lebih banyak konten (setau gw sih). Tapi, sudah sangat terlambat, biasanya untuk game live service seperti ini sangat bergantung pada microtransaction, tapi, dikarenakan yang memainkan ini sangat sedikit di bawah 100 player pada minggu pertama, tentu saja itu sulit untuk dicapai. Permainannya pun 5v5 (lima lawan lima) sama seperti game Overwatch. Namun, pergerakan di dalam gamenya sangat lambat dan terasa ada yang membatasi. Beberapa partikel pun bisa dibilang tidak cukup memuaskan, mengingat budget yang dikeluarkan tidak sedikit.

Dengan konsep yang sama seperti ini, beberapa orang yang bermain game online seperti Apex, Overwatch, Valorant, dan game serupa lainnya tentu merasa sudah bosan. Dan lagi, game-game ini adalah game yang bisa dimainkan secara gratis, sedangkan Concord mematok harga sebesar 40$ atau sekitar 600 ribu rupiah.

Gambar diambil dari video Penguinz0

6. Bombardir Review Palsu atau Tidak Akurat

Untuk sebuah perusahaan besar, tentu tidak sulit untuk membayar reviewer video game bahkan besutan IGN sekalipun. Hal ini sudah menjadi rahasia umum untuk mendongkrak nilai sebuah game, namun ini juga sangat mempengaruhi, dan gamer sudah pasti tahu mana review yang jujur dan bukan.

Gambar diambil dari video IGN

Sony benar benar harus belajar dari kesalahan ini, karena mereka yang membiayai studio yang membuat Concord ini. Gw merasa sangat beruntung bisa menyaksikan kejadian yang sangat bombastis di dunia video game ini, yang sebelumnya banyak drama soal desain karakter wanita seperti Stellar Blade. Sony kali ini harusnya mendengarkan apa yang sebenarnya audience mau.

Kalo dari gw sendiri sih gw cuma mau, gameplay yang halus, meskipun banyak bug bukan masalah, kecuali untuk game competitive, sotryline yang menarik, karena gw besar dengan game-game yang kaya akan ceritanya, meskipun tidak ada cerita juga tidak masalah, punya tujuan yang jelas, dan minim microtransaction.

Dan akhirnya, Concord memutuskan untuk mengakhiri servernya dan membuat keputusan untuk mengembalikan uang dari orang yang membeli game mereka. Gw sebenernya juga ngerasa kasian sih, pasti ada orang yang tulus buat game ini, cuma ya dihancurkan dengan hal-hal yang diluar dugaan mereka, dan pasti ada beberapa yang harus diberhentikan, entahlah. Penjualan mereka hanya mencapai 25.000 copy, jadi jika dikalikan dengan 40 hanya mencapai 1 juta dolar, yang berarti mereka kehilangan 99% budget mereka tanpa keuntungan. Ini kejadian paling gila yang pernah gw saksikan dalam hidup gw. Sony, you were a good company back then, when/where did it go wrong?

NB: Sumber gambar tidak mempengaruhi apa yang gw tulis, ini murni dari pendapat dan pengamatan gw sendiri. Jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon koreksinya.

Comments

Popular posts from this blog

Final Fantasy XII cara mendapatkan Item Weapon, Armor, Aksesoris Terkuat (termasuk versi Zodiac Age/IZJS)

Banyak variasi item weapon, armor dan aksesoris di dalam Final Fantasy dan yang menjadi pembahasan di sini adalah Final Fantasy XII. Tentu untuk mendapatkan beberapa item membutuhkan waktu dan mungkin hanya bisa didapatkan di penghujung permainan. Item-item ini biasanya memiliki stats dan efek yang sangat luar biasa, sepadan dengan jalannya permainan. Tpi, tentunya tidak akan mudah untuk mendapatkannya. Berikut beberapa item terkuat di Final Fantasy XII, termasuk versi Zodiac Age atau International Zodiac Job System. -WEAPON 1. Sword (1H)      Dalam Final Fantasy XII sword terkuat yaitu Deathbringer, Stoneblade dan Durandal dalam versi Zodiac Age yang terkuat yaitu Great Trango atau dalam versi IZJS disebut Trango Tower. Deathbringer merupakan pedang atau sword (1H) yang memiliki efek death.  Cara mendapatkan Deathbringer: - Mencuri atau steal dari monster rare bernama Ithuno di Barheim Passage.  - Dijual di Balfonheim Port seharga 16.000G.      Cara Mendapatkan Stoneblad

Monster Rancher 2 Gameshark Codes Cheat Training Stats 100% Working PS1/PSX

 This is my monster rancher 2 gameshark I often use. #golden peach on item slot 19 (must have max lvl house) 80099284 001A #training stats Boost (+99) note (1) 800DA098 0063 800DA09A 24A5 #Mint leaf on item slot 20 (must have max lvl house) 80099288 0012 #Worse Nature (for unlocking certain technique) 30097A59 00A4 # Max lif 80097A20 03E7 # Max Pow 80097A22 03E7 # Max Int 80097A24 03E7 # Max Spd 80097A28 03E7 # Max Def 80097A2A 03E7 #GUTS (R2) D00938AE 0002 801FFCFC 00FF # Never tired 30097A37 0000 #Max skill 80097A26 03E7 #Max Funds 80098FBC E0FF 80098FBE 05F5 #All Monster Cards 5000CC02 0000 8009908C 0101 #Full Zooming In View Mode D001C3CC 2821 8001C3D0 0000 D001C3CC 2821 8001C3D2 0000 #Max Monster Health (In-Battle) 801FFCDC 03E7 #100% Loyalty & 'Even' Status 80097A3C 00F3 #Wild Monster Life Drain (Press L2) D00938AE 0001 801FFC74 0000 #Unlock All CD's 50002601 0000 30099386 0001   #Activation Code For All Techniq

FINAL FANTASY XII - Rahasia dan Bagaimana Cara Mendapatkannya

Kali ini gue bakal bahas tentang game favorit gue yap, mario bros. hehe, ngga lah  gue bukan clickbaiters seperti yang disajikan pada judul topik di atas, Final Fantasy XII atau 12 (dua belas), baik di seri biasa maupun seri zodiac age/Internationa Zodiac Job System (di jepang). So, apa yang menarik dari game ini? Jujur aja sih, ini game open world pertama gue dan konsep yang beda dari seri Final Fantasy sebelumnya yang kalo ketemu musuh ada transisi ke mode battle, di sini mode battle itu dihilangkan dan player langsung bisa berhadapan dengan musuh. Ngga cuma itu yang menarik, ternyata ada banyak rahasia di dalam game ini, berikut beberapa di antaranya, check it out guys. 1. Zodiac Spear Senjata tipe Spear ini adalah yang terkuat dalam game ini. Di dalam versi original (OG), cara untuk mendapatkan senjata ini adalah dengan menghindari beberapa hal, yaitu JANGAN membuka peti-peti berikut: 1) Peti di Lowtown, dekat Dalan's palace 2) Peti sebelum mendapatkan